Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Trilogi Pelayanan Prima Trilogi Pelayanan Prima terdiri dari -Penampilan prima -Penyampaian prima -Pengetahuan prima Pengaruh pemimpin akan muncul bila.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Trilogi Pelayanan Prima Trilogi Pelayanan Prima terdiri dari -Penampilan prima -Penyampaian prima -Pengetahuan prima Pengaruh pemimpin akan muncul bila."— Transcript presentasi:

1

2 Trilogi Pelayanan Prima Trilogi Pelayanan Prima terdiri dari -Penampilan prima -Penyampaian prima -Pengetahuan prima Pengaruh pemimpin akan muncul bila menguasai trilogi pelayanan prima dalam membangun budaya manusia positif yang membawa perubahan yang hebat. Trilogi pelayanan prima merupakan the power of change dari pelaku sebuah komunitas atau masyarakat

3 Penampilan Prima Menurut Prihandono (2004:83) penampilan prima dapat dikatagorikan menjadi yaitu : -unsur manusia -unsur lingkungan Dari sisi manusiawi, pemimpin yang ingin berpenampilan prima hendaknya memperhatikan : -cara berbusana -tata rambut -tata rias -menjaga kerapihan -menjaga kebersihan pribadi

4 Penampilan Prima Penampiplan yang serasi adalah gaya penampilan seseorang yang ditonjolkan secara fisik dengan memadukan keadaan sosok diri, citra diri, mode, dan kepatutan. Penampilan biasanya berkaitan dengan -rasa estetika -tingkat dan jenis pendidikan yang dimiliki -bidang pekerjaan yang digeluti -kedudukan dalam pekerjaan -keluasan dalam pergaulan -tempat kerja atau tempat yang dikunjungi -jenis kegiatan yang dilakukan

5 Prima dalam Penampilan Penampilan diri (personal appearance) dengan menunjukan pribadi yang prima (Barata, 2003:214) ditujukan untuk : -menunjukan citra yang ingin kita tampilkan -menunjukkan sikap penghargaan kita kepada orang lain -menunjukkan kepantasan tampilan pada saat berinteraksi dengan orang lain. Prima dalam penampilan berkaitan dengan sikap seseorang dalam mengekspresikan diri dengan keserasian berbusana. Penampilan seseorang mencerminkan kepribadian (personality) dari orang yang bersangkutan.

6 Berbusana dan Berhias Pemakaian busana mampu mencerminkan kepribadian dan profesinya maka dalam memilih busana harus mempertimbangkan hal seperti berikut : -citra yang ingin ditampilkan -kepantasan atau keserasian model -variasi model atau warna yang mudah diterima orang lain -kerapihan penjahitan (pakaian) Kerapihan, kebersihan dan kecocokan berpakaian dalam berbagai situasi, menambah citra diri dalam penampilan, sekaligus sebagai sikap penghargaan kepada pihak lain yang ditemuinya (Barata, 2003).

7 Kepribadian dan Ekspresi Wajah Kepribadian (personality) adalah sifat dan kebiasaan yang melekat pada diri seseorang. Untuk memperlihatkan wajah yang terbuka, ramah, dan ceria dapat dilakukan dengan cara : -hadapkan wajah anda kepada orang di hadapan anda. -lakukan tatapan mata yang bersahabat, dengan wajah ceria, dan tegur sapa bersahabat.

8 Unsur lingkungan Seorang pemimpin yang mengaku dirinya servant leadership hendaknya memiliki : -rasa peduli terhadap kebersihan -rasa peduli terhadap kerapihan -rasa peduli terhadap kesegaran lingkungannya. Semuanya itu merupakan pangkal dari kesehatan, dan kesegaran manusia. Kemauan untuk how to manage environment disekitarnya dari seorang pemimpin juga sangat tergantung dari sejauh mana “ruh” pelayanan melekat pada dirinya.

9 Penyampaian Prima Penampilan Prima harus didukung oleh penyampaian yang prima pula dengan cara bertindak dan cara bertutur sebagai perwujudan bahwa pemimpin layanan memang patut untuk ditiru. Hal yang perlu diperhatian servant leader dalam menggulirkan layanan penyampaian prima (Prihandono, 2004) antara lain: -memberikan salam -mendengarkan hal yang dibicarakan sekaligus mengevaluasi -memberikan respon balik.

10 Pengetahuan Prima Pengetahuan tentang produk adalah memahami seluruh produk atau jasa, termasuk cara kerja produk itu, aplikasinya, kelebihannya, dan keterbatasannya. Petugas pelayanan yang memiliki pengetahuan tentang produk berarti ia mampu menjawab semua pertanyaan pelanggan mengenai produk. Makin tinggi pengetahuan tentang produk anda, makin mudah anda memberikan pelayanan bermutu.

11 Cara Untuk Mengembangkan Pengetahuan Tentang Produk Di bawah ini beberapa cara mengembangkan pengetahuan produk : - pelatihan; idealnya, perusahaan menawarkan pelatihan tentang produk -brosur dan literatur lain; materi tambahan, disiapkan untuk pelanggan, dapat menjadi sumber yang baik -unit kerja lain; ada ahli mengenal produk dalam perusahaan -sumber industri; kumpulkan dan pelajari publikasi mengenai sumber industri -bacaan; cari referensi teknis, kemudian gunakan untuk mempelajari produk.

12 Keuntungan Petugas Memiliki Pengetahuan Produk Pengetahuan tentang produk banyak memberikan keuntungan, antara lain : -menjelaskan produk kepada pelanggan -memahami aplikasi produk kepada pelanggan -menjelaskan kelebihan produk kepada pelanggan -membandingkan produk anda dengan produk pesaing -memberikan saran dan konseling kepada pelanggan -menghasilkan pesanan yang lebih banyak -melakukan penemuan fakta yang leibh efektif - memberikan pelayanan prima kepada pelanggan


Download ppt "Trilogi Pelayanan Prima Trilogi Pelayanan Prima terdiri dari -Penampilan prima -Penyampaian prima -Pengetahuan prima Pengaruh pemimpin akan muncul bila."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google