Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI KOMUNIKASI Straubhaard/LaRose dalam buku Media Now tahun 2002 mengatakan bahwa perkembangan teknologi terhadap bidang komunikasi ditandai dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI KOMUNIKASI Straubhaard/LaRose dalam buku Media Now tahun 2002 mengatakan bahwa perkembangan teknologi terhadap bidang komunikasi ditandai dengan."— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI KOMUNIKASI Straubhaard/LaRose dalam buku Media Now tahun 2002 mengatakan bahwa perkembangan teknologi terhadap bidang komunikasi ditandai dengan terbentuknya Masyarakat Informasi [information society].

2 FASE PERKEMBANGAN MASYARAKAT 1. Fase masyarakat nomaden, kegiatan manusia adalah bercocok tanam dan berburu dengan perlengkapan seadanya dan dilakukan tanpa pola. 2. Fase masyarakat agriculture, kegiatan utama masyarakat adalah bertani serta bagaimana memasar hasil bumi tersebut untuk ditukar dengan kebutuhan lainnya. 3. Fase masyarakat industri, ditandai dengan penemuan mesin sehingga produksi bisa dilakukan dengan jumlah massif. Tenaga kerja lebih banyak tersedot dalam sektor pabrik. 4. Fase masyarakat informasi, adalah suatu masyarakat dimana produksi, pemrosesan, distribusi dan konsumsi informasi menjadi aktivitas yang utama.

3 Ambivalensi Teknologi Komunikasi Apakah teknologi itu netral? Ya. Jika kita melihat teknologi dengan segala prinsip kerjanya, dan Tidak, jika kita melihat pada manusia disekitar teknologi.

4 Marshal Mc Luhan, menyebut dua kemungkinan pengaruh perkembangan teknologi komunikasi, yakni: 1. GLOBAL VILLAGE Yakni teknologi komunikasi menciptakan manfaat positif dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu, sehingga seolah-olah dunia hanyalah sebuah desa. Manusia dapat berinteraksi dimanapun dan kapanpun. 2. GLOBAL PILLAGE Yakni teknologi menciptakan manfaat negatif, dengan cara menciptakan ketergantungan. Manusia menjadi sangat bergantung pada teknologi, tanpa menyadari bahwa teknologi pada dasarnya hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan. Ketergentungan menyebabkan pengalihan nilai filosofi dengan menempatkan teknologi sebagai tujuan, bukan alat.

5 Aspek Teknologi Organizational Aspect Cultural Aspect Technical Aspect

6 Ekses Teknologi Komunikasi 1. Perubahan gaya hidup 2. Tantangan karir 3. Perubahan regulasi 4. Pergeseran kekuatan

7 Pemikiran Jaques Ellul Tentang Tekonologi Komunikasi Teknologi komunikasi merupakan kekuatan sosial baru yg menjadi kebutuhan manusia. Teknologi menyebabkan terlepasnya keterikatan antara satu manusia dengan manusia lainnya, dan terlepasnya antara masyarakat dan sifatnya. Teknologi komunikasi telah menyebabkan terjadinya PROPAGANDA, yaitu pola komunikasi yang bersifat politis dan komersial yang hampir tak terasa gejalanya.

8 DILEMA PRIVASI DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI

9 Definisi Privasi adalah hak untuk dibiarkan atau untuk mengontrol publikasi yang tidak diinginkan tentang urusan personal seseorang.

10 Sifat dasar praktik komunikasi itu sendiri yang tidak akan membiarkan seseorang dengan kesendiriannya. Tendensi komunikasi adalah pengungkapan [revelation], bukan penyembunyian [concealment].

11 Contoh Dilema Privasi dalam Teknologi Komunikasi di Indonesia

12

13

14 MAKNA PENTING PRIVASI 1. Privasi memberikan kemampuan untuk menjaga informasi pribadi yang bersifat rahasia sebagai dasar pembentukan otonomi individu.

15 2. Privasi dapat melindungi dari cacian dan ejekan orang lain, khususnya dalam masyarakat dimana toleransi masih rendah, dimana gaya hidup dan tingkah laku aneh tidak diperkenankan. Pecandu alkohol, kaum homoseksual, penderita AIDS adalah contoh nyata.

16 3. Privasi merupakan mekanisme untuk mengontrol reputasi seseorang. Semakin banyak orang tahu tentang diri kita semakin berkurang kekuatan kita untuk menentukan nasib kita sendiri. Contoh peredaran video mesum Yahya Zaini dan Maria Eva, dimana rekaman tersebut sejatinya merupakan privasi dari keduanya.

17 4. Privasi merupakan perangkat bagi berlangsungnya interaksi sosial. Berbagai regulasi yang mengatur penyusupan membuktikan bahwa privasi penting bagi interaksi sosial. Begitu juga regulasi yang mengatur soal pemakaian lensa tele.

18 5. Privasi merupakan benteng dari kekuasaan pemerintah. Sebagaimana slogan yang berbunyi "pengetahuan adalah kekuatan", maka privasi menjaga agar kekuasaan tidak disalahgunakan.

19 Isu-Isu Krusial Menyangkut Privasi 1. Penyakit menular dan handycap 2. Homoseksual dan lesbian 3. Korban kejahatan seksual 4. Terdakwa di bawah umur 5. Bunuh diri 6. Kamera tersembunyi 7. Wawancara pencegatan [doorstopping] 8. Kecelakaan dan tragedi pribadi

20 Keseimbangan antara privasi dan informasi : 1. Hormat terhadap pribadi dan tujuan peliputan. 2. Kegunaan sosial. Apakah pelanggaran privasi dalam memberi manfaat kepada masyarakat. 3. Keadilan, yakni berkaitan dengan pertanyaan sejauh mana privasi subjek layak untuk diangkat. 4. Minimalisasi hal yang bisa menyakitkan bagi orang lain.

21 Konfidensialitas & Kepentingan Umum Prinsip konfidensialitas [kerahasiaan] adalah kewajiban untuk menyembunyikan nama sumber informasi atau informasi itu sendiri dari pihak ketiga dalam kondisi tertentu.

22 TIGA jenis hubungan konfidensialitas: 1. Janji cepat [express promises]. yaitu ketika seorang berjanji secara lisan untuk tidak menyebutkan nama sumber informasi.

23 2. Hubungan yang memerlukan loyalitas. Contoh supir dan majikannya, atau temen karib. Walaupun tidak dinyatakan rahasia tapi dalam kedua hubungan tersebut masing-masing pihak harus tahu mana yang merupakan rahasia dan mana yang tidak.

24 3.Hubungan konfidensialitas yang dilindungi oleh hukum. Contoh: dokter dan pasiennya, rohaniawan dan jamaah, pengacara dan klien, serta wartawan dan nara sumber.

25 Konfidesialitas dalam Kasus “Watergate” Watergate adalah skandal politik yang paling terkenal dalam sejarah Amerika, dan Deep Throat adalah nara sumber misterius paling terkenal dalam sejarah jurnalistik.

26 Dua wartawan surat kabar Washington Post Bob Woodward dan Carl Bernstein tersebut kukuh memegang konfidensialitas jati diri Deep Throat (diambil dari istilah pada film porno).  Juni 1972 Richard Nixon mundur sebagai presiden.

27 Rahasia "Deep Throat" menjadi misteri hampir 40 tahun sampai Mark Felt, mantan Wakil Direktur FBI mengaku bahwa dirinya adalah Deep Throat.

28 Untuk kepentingan publik maka konfidensialitas boleh dilanggar, kecuali dalam praktik jurnalisme. Kerahasiaan dan Kepentingan Umum

29 Di AS, Sersan Joseph Darby dan Sersan Samuel Provance, membuka aib tentara Amerika dari penjara Abu Ghraib. Meskipun dikecam dan terus disangkal kalangan militer AS, Darby dan Provance berjalan terus sesuai dengan panggilan nurani.

30

31

32 Linda Tripp, satu sahabat Monika Lewinsky membocorkan rekaman-rekaman percakapan telepon Lewinsky-Clinton, yang kemudian nyaris menumbangkan Clinton (Demokrat) dari jabatan AS-1.

33 Di Indonesia, Inu Kencana Syafii juga mengundang kontroversi dengan perbuatannya membongkar berbagai aib di IPDN. Inu juga mengalami nasib tidak menyenangkan. Ia dilengserkan sebagai dosen IPDN.

34 1. Kemampuan untuk menyimpan rahasia merupakan perwujudan otonomi individu. 2. setiap orang butuh ruang pribadi. Konfidensialitas mewujudkan ruang pribadi [privat sphere]. 3. Konfidensialitas menumbuhkan rasa saling mempercayai. 4. Konfidensialitas penting untuk mencegah tindakan menyakiti orang lain. 5. Konfidensialitas merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan kelompok sosial. 5 Alasan Konfidensialitas Harus Dijaga :


Download ppt "TEKNOLOGI KOMUNIKASI Straubhaard/LaRose dalam buku Media Now tahun 2002 mengatakan bahwa perkembangan teknologi terhadap bidang komunikasi ditandai dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google