Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKLAN: Menulis Advertorial Ambang Priyonggo, S.S., M.A Session 12- Iklan: Penulisan Advertorial.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKLAN: Menulis Advertorial Ambang Priyonggo, S.S., M.A Session 12- Iklan: Penulisan Advertorial."— Transcript presentasi:

1 IKLAN: Menulis Advertorial Ambang Priyonggo, S.S., M.A Session 12- Iklan: Penulisan Advertorial

2 Apakah Advertorial itu? Advertorial adalah sebuah artikel yang bertujuan untuk menjual atau mempromosikan sesuatu, baik berupa barang atau jasa—atau dalam konteks lain seperti politik, bisa berupa pencitraan. Penulis advertorial berusaha menarik potential customer atau client dengan berusaha memaparkan “produknya.” Menulis artikel advertorial dengan sangat apik tentu menjadi kunci sukses lakunya produk itu

3 Apakah Advertorial itu? Dalam term yang lebih sederhana, sebuah advertorial adalah iklan yang terbungkus secara rapi dalam suatu editorial. Advertorial bisa dipublikasikan melalui majalah dan surat kabar.

4 Advertorial

5

6 Tipe Artikel Editorial “Getting the most out of…” article Artinya Anda berusaha menuturkan feature terbaik dari suatu produk/servis. Berisi detail-detail bagi pembaca untuk bisa menikmati nilai produk/servis.

7 Tipe Artikel Editorial 2 “Tips and technique” article Artikel ini menulis tentang produk/servis Anda. Dan berisi banyak tips serta teknik bagi pembaca agar dapat menikmati/menggunakan produk/servis Anda secara maksimal. Nyaris sama dengan tipe “getting the most of… article”. Hanya saja ini lebih menuturkan tips dan teknik secara padat dan singkat poin-per-poin.

8 Tipe Artikel Editorial 3 “Problem Solving Article” Artikel jenis ini berangkat dari suatu masalah lalu Anda menunjukkan cara menyelesaikannya dengan menggunakan produk/servis Anda.

9 Tipe Artikel Editorial 4 “success story article” kisah sukses tentu teramat menarik. Pembaca mungkin akan sangat tertarik terhadap produk/servis yang sangat luar biasa kegunaannya.

10 Tipe Artikel Editorial 5 “Independent Reviewer article” Biasanya ini ditulis oleh seorang ahli yang mencoba memberi review/penilaian (tentu saja yang positif) atas produk/servis Anda. Semakin dikenal orang itu, maka akan memberikan nilai lebih bagi produk/servis Anda.

11 Masuk Kategori Manakah Advertorial ini?

12

13 Langkah Menulis Advertorial Langkah 1: Brainstorming alias mengenali secara detail atas produk yang ingin dijual. Langkah 2: Pilih setting peristiwa yang sesuai dengan target audient Anda. Langkah 3: Pelajari pula gaya/style Koran atau majalah tempat Anda akan memuat editorial ini. Lalu coba tiru style penulisan advertorial Anda semirip gaya artikel-artikel berita mereka.

14 Langkah Menulis Advertorial Langkah 4: tanyakan kebijakan di media tempat Anda akan memuat advertorial itu. Langkah 5: Tentukan ukuran advertorial Anda. Langkah 6: Tuliskan judul yang tepat. Langkah 7: Gunakan byline (nama penulis). Langkah 8: Gunakan foto dengan caption yang menarik.

15 Langkah Menulis Advertorial Langkah 9: Awali dan akhiri tulisan Anda dengan sesuatu yang “dahsyat.” Langkah 10: Warnai advertorial Anda dengan kutipan-kutipan dari sumber asli seperti pakar Langkah 11: Pecah artikel Anda dalam sub-sub judul. Langkah 12: Masukkan nomor telepon atau kontak informasi.

16 Terima Kasih


Download ppt "IKLAN: Menulis Advertorial Ambang Priyonggo, S.S., M.A Session 12- Iklan: Penulisan Advertorial."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google