Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sejarah bahasa Jepang dpuspitasari.lecture.ub.ac.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sejarah bahasa Jepang dpuspitasari.lecture.ub.ac.id."— Transcript presentasi:

1 Sejarah bahasa Jepang dpuspitasari.lecture.ub.ac.id

2 Asal mula timbulnya bahasa Pithecantropus (Mojokerto, Sangiran, Trinil) (Jacob, 1981:85) Sudah dapat berbahasa, sikap tegak, bentuk leher: menunjukkan adanya suara untuk komunikasi verbal.

3 Sejarah Bahasa Asal usul bahasa sekitar tahun di Afrika

4 Beberapa teori pendukung 1. Teori tekanan sosial Manusia primitif dihadapkan pada kebutuhan komunikasi untuk saling memahami, menyatakan objek tertentu, terdorong mengucapkan bunyi- bunyi tertentu. 2. Teori onomatopetik / ekoik (imitasi bunyi atau gema) 3. Teori interjeksi Bahasa yang lahir dari ujaran-ujaran instinktif karena tekanan-tekanan batin karena perasaan yang mendalam dan rasa sakit yang dialami manusia. 4. Etc.

5 Asal usul bahasa Jepang (hipotesa) 1. Rumpun bahasa sebelah utara Jepang (Hoppo Kigensetsu) 2. Rumpun bahasa sebelah selatan Jepang (Nanpoo Kigensetsu) 3. Bahasa Campuran dan bahasa Pijin-Kreol

6 Rumpun bahasa sebelah utara Jepang (Hoppoo Kigensetsu) Berasal dari rumpun bahasa Altai (Fujioka Shoji’1908 dan Kawamoto Takao’1983) Rumpun bahasa Altai: Bahasa-bahasa Turki dan bahasa Tungus mencakup bahasa Manchuria Berasal dari bahasa Korea-Ainu-Gilyak Dari hasil penelitian nampaknya memiliki kekerabatan yang lebih tinggi dengan bahasa Korea dari segi bentuk (kosakata) dan maupun gramatika. Bahasa gilyak: suku bangsa minoritas di pulau Sakhalin (karafuto) sebelah hilir sungai Amoor di sebelah utara Korea.

7 Rumpun bahasa sebelah selatan Jepang (Nanpoo Kigensetsu) Berasal dari Bahasa Austronesia (Malay- Polinesia) Bahasa Jepang lahir dari bahasa Campuran karena dari hasil penelitian bahasa Austronesia menyatakan adanya ketidakseragaman bentuk. Berasal dari Bahasa Tibet-Birma-Tamil

8 Bahasa Campuran dan bahasa Pijin-Kreol Bahasa Pijin: bahasa yang bukan bahasa Ibu dalam keadaan kosakata yang terbatas serta gramatikal yang disingkat tetapi menjadi lingua franca. Lingua Franca, bahasa yang menjadi alat komunikasi sehari-hari di suatu masyarakat tertentu. Bahasa Kreol: bahasa pijin yg sudah menjadi bahasa ibu di suatu masyarakat tertentu. Kawamoto (1990) pada saat jaman Jomon berkembang, bahasa yang digunakan bahasa Campuran dari bahasa Siberia di Utara dan bahasa selatan dari Pasifik. Lalu beberapa orang datang dari semenanjung korea. Sehingga lambat laun menjadi bahasa Pijin. Itulah yang menjadi bahasa Jepang sekarang.

9 Tiga sayarat bahasa Pijin-Kreol Tiga sayarat bahasa Pijin-Kreol Bahasa Jepang pernah mengalami stagnasi, benang kekerabatan yang pernah terputus sehingga sulit dibuktikan. Penyederhanaan Pengaruh perubahan kebudayaan pada jaman Jomon.

10 Perbandingan kekerabatan Skala mikro, makro, dan megalo, yaitu: Mikro: Rumpun bahasa Indo-Eropa, perbandingan yang amat detai dan terperinci. Makro: diperluas, seperti rumpun bahasa Megalo: perbandingan antar rumpun bahasa, sulit ditemukan persamaan kosakata. Kalaupun ada sulit menemukan keteraturan.

11 Penelitian dengan metode tipologi Geografis Matsumoto (2005) membagi bahasa- bahasa di dunia menjadi 6 wilayah: Afrika, Oceania, Eropa-Asia, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan. Bahasa Jepang termasuk Eropa-Asia, di dalamnya ada subkelompok bahasa Korea, Ainu, Gilyak dll.

12 Mondai 1. Menurut pendapat anda, dari manakah asal usul bahasa Jepang? 2. Sebutkan hipotesa para ahli yang menguatkan pendapat anda?


Download ppt "Sejarah bahasa Jepang dpuspitasari.lecture.ub.ac.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google