Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASAKAN MELAYU RIAU KHAS PEKANBARU DISUSUN OLEH: BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN LEMBAGA ADAT MELAYU RIAU KOTA PEKANBARU Disampaikan Oleh: Iwa Sirwani Bibra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASAKAN MELAYU RIAU KHAS PEKANBARU DISUSUN OLEH: BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN LEMBAGA ADAT MELAYU RIAU KOTA PEKANBARU Disampaikan Oleh: Iwa Sirwani Bibra."— Transcript presentasi:

1 MASAKAN MELAYU RIAU KHAS PEKANBARU DISUSUN OLEH: BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN LEMBAGA ADAT MELAYU RIAU KOTA PEKANBARU Disampaikan Oleh: Iwa Sirwani Bibra TAHUN 2009

2 KERANGKA 1.PENDAHULUAN 2.NASI 3.LAUK PAUK 4.SAYUR MAYUR 5.SAMBAL 6.ULAM 7.KUE / PENGANAN 8.MANISAN / MINUMAN 9.PENUTUP

3 PENDAHULUAN LATAR BELAKANG. Sebagai bagian dari rumpun Melayu Riau, puak Melayu Riau di Kota Pekanbaru juga memiliki adat resam, tradisi dan kekhasan budaya, adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku turun temurun dari nenek moyangnya. Diantaranya adalah mengenai masakan Melayu Riau yang khas Pekanbaru, yang oleh kalangannya sendiri, puak Melayu Pekanbaru itu disebut sebagai “Ughang Pokan”. Masakan khas Pekanbaru biasanya hidup dan ber- kembang di kalangan masyarakat yang masih kuat akar Ughang Pokannya, bertumpuk pada keluarga-keluarga yang dari dulu tinggal di kawasan Kampung Dalam, Kampung Bandar, Tanjung Rhu, Kampung Bukit, dan kemudian seiring dengan perkembangan generasi muda, ughang Pokan juga berkembang ke kawasan lainnya di kota Pekanbaru.

4 Guna memasyarakatkan kembali secara luas terutama kepada generasi muda yang sudah banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman, dan untuk mensosialisasi- kan masakan khas Pekanbaru kepada puak-puak lain yang bermastautin di kota Pekanbaru, maka Bidang Pemberdayaan Perempuan LAMR Kota Pekanbaru menilai perlu diadakan sosialisasi tentang Masakan Melayu Riau Khas Pekanbaru ini. Masakan khas ini biasanya dibuat dan dihidangkan oleh ibu-ibu ughang Pokan pada waktu-waktu tertentu seperti pada acara adat (perkawinan, sunat rasul, aqiqah, kenduri, dsb), disamping makanan sehari-hari serta hidangan juadah untuk “Teman Kahwa” di pagi atau petang hari. Sekarang ini beberapa jenis masakan khas Pekanbaru sudah “Go Public”, masuk ke pasar, toko kue, kedai kopi, restoran dsb dengan bentuk, ukuran dan rasa yang sudah disesuaikan dengan selera konsumen.

5 Nara sumber dari Masakan Melayu Riau khas Pekanbaru ini berasal dari ibu-ibu Bidang Pemberdayaan Perempuan LAMR Kota Pekanbaru, dan sebagai referensi juga memperhatikan buku Naskah Masakan Khas Melayu Riau dari Bidang Pemberdayaan Perempuan DPH LAMR Riau. Resep merupakan hasil wawancara kepada beberapa orang tua-tua yang dianggap tahu, serta pemilik catering yang sudah berpengalaman membuat langsung masakan khas Pekanbaru tsb. Sasaran dari sosialisasi ini terutama adalah untuk Ughang Pokan sendiri khususnya untuk generasi mudanya dan untuk khalayak ramai di kota Pekanbaru ini. Tujuannya adalah untuk meninggikan rasa percaya diri dan marwah puak Ughang Kito, untuk menumbuhkan rasa memiliki kepada semua pihak, untuk memasyarakatkan masakan khas Pekanbaru agar mampu Go Public, masuk ke pasar komersial dan mampu bersaing di tingkat lokal, nasional bahkan ke tingkat global.

6 Berikut ini disampaikan beberapa informasi tentang masakan khas Pekanbaru, yang terdiri dari: 1. Nasi, 2. Lauk-Pauk, 3. Sayur-Mayur, 4. Sambal, 5. Ulam, 6. Kueh-mueh/Penganan, dan 7. Manisan/Minuman. Dengan harapan kiranya dapat disempurnakan bila ada yang kurang, dan dapat pula dikembangkan / ditingkatkan supaya tetap lestari sampai ke generasi Ughang Pokan yang akan datang serta bisa Go Public secara lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi.

7 NASI 1.NASI PUTIH 2.NASI MINYAK 3.NASI KUNYIT 4.NASI LEMAK 5.NASI GORENG

8 NASI MINYAK Bahan: - ½ kg beras, - ¼ kg santan, - 2 bh bawang merah, - 1 btg pangkal serai memarkan, - Sedikit kulit kayu manis, - 2 biji bunga cengkeh, - 1 sendok teh garam, - 2 gelas air Cara Membuatnya: Cuci beras, masukkan ke dalam periuk, tambahkan santan, air, bawan merah giling halus, serai, kulit kayu manis dan bunga cengkeh dan garam. Masak nasi, selang beberapa menit diaduk beberapa kali sampai nasi masak. Masak nasi minyak bisa dikompor, bisa juga di rice-cooker. Nasi minyak dihidangkan dengan ayam panggang, sambal dan lalap.

9 LAUK-PAUK 1.AYAM PANGGANG 2.KARI AYAM 3.ASAM PODEH (ASAM PEDAS) 4.SAMBAL GORENG PEKASAM 5.ANYANG DAGING 6.PAIS IKAN PANTAU / IKAN SELAIS 7.PINDANG IKAN 8.UDANG SOGHAI 9.ASAM UDANG KERING 10.MASAK PUTIH MELAYU (AYAM/DAGING) 11.MASAK KICAP MELAYU (AYAM/DAGING) 12.GULAI IKAN SALAI 13.RENDANG IKAN SALAI

10 AYAM PANGGANG Bahan : - 1 ekor ayam dicuci dengan 1 sdk mkn asam cuka, - 1 ibu jari lengkuas, - 1 ibu jari jahe, - 4 butir bawang merah, - 6 butir bawang putih, - 1 ruas jari kunyik, - 1 sdk mkn garam, - 4 sdk mkn santan kental, - 1 batang pangkal serai. Cara Membuatnya : Lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, pangkal serai yang telah diiris, semua bumbu digiling halus. Ayam dilumuri bumbu dan garam, biarkan beberapa menit lalu ungkep bersama santan sampai ayam masak dan airnya kering. Setelah ayam masak, angkat, lalu dibakar diatas bara sampai ayam kuning kecoklatan, kemudian diangkat dan dihidangkan. Sambal: ½ ons cabe merah, 4 bh bawang merah dan terasi digiling halus, lalu tambahkan 1 ibu jari kaki gula enau, 1 ibu jari asam jawa diberi sedikit air, aduk rata,masukkan ke dalam mangkuk dan hias dengan 2 bawang merah iris melingkar. Lalap : 2 bh mentimun dibelah empat, 2 wortel dipotong dua dan belah empat atau enam, daun salada, kemangi atau sesuai selera.

11 KARI AYAM Bahan: - 1 ekor ayam, - ½ kg kentang, - 2 ons Lado merah giling - Langkok giling, - Bawang merah dan bawang putih - 3 sdk mkn bumbu kari, - Sedikit kulit kayu manis dan bunga cengkeh, - ¾ kg santan, - Minyak goreng untuk menumis, - 4 lmbr daun limau dan 4 lmbr daun salam, - 1 sdk teh garam dan 2 keping asam kandis - 4 gls air atau secukupnya. Cara Membuatnya: Kentang dikupas dan dipotong 8 bagian, ayam dipotong kecil sebesar potongan kentang. Panaskan minyak untuk menumis, masukkan langkok giling, bawang merah dan bawang putih giling, Lado giling, aduk sampai harum, masukkan daging ayam dan kentang, masukkan santan dan air aduk terus sampai mendidih. Masukkan juga serai, daun salam, daun kunyik, daun limau dan asam kandis. Masak gulai sampai daging ayam dan kentang empuk, masukkan bumbu kari, bunga cengkeh kulit kayu manis dan garam, aduk dan didihkan sebentar dan gulai kelihatan agak berminyak, kemudian diangkat. Masukkan gulai kemangkuk siap dihidangkan.

12 ASAM PODEH Bahan : - 1 kg Ikan Sungai, - Lado merah 1 ons, - Lado Kutu 10 butir, - 2 ruas jari jahe, - Kunyit 1 ruas jari, - Serai 1 btg - Daun kunyit, - 6 bh terung asam, - 4 keping asam kandis, - Garam secukupnya. Cara Membuatnya: Ikan dicuci bersih dengan asam dipotong-potong menurut selera. Lado merah, Lado Kutu, jahe kunyit, bawang, garam digiling halus. Ikan, bumbu yang telah halus masukkan ke dalam wajan atau belanga, tambahkan air secukupnya, garam, daun kunyit, serai ditokok serta asam kandis, masak diatas api sedang sampai mendidih dan ikan cukup masak, angkat dan hidangkan.

13 SAMBAL GORENG PEKASAM Bahan: - 6 potong ikan pekasam, - ½ ons cabe merah - 6 buah bawang merah, - 1 buah asam limau gr minyak goreng, - ½ sdk teh garam. Cara Membuatnya: Cuci pekasam berulang-ulang sampai air cucian tidak keruh lagi. Giling kasar cabe, bawang dan gara, lalu tambah asam limau atau tomat. Panaskan minyak, goreng pakasam hingga kecoklatan, lalu angkat. Goreng cabe giling beberapa menit, jangan sampai kering, lalu masukkan pakasam yang telah digoreng, aduk rata segera diangkat. Sambal goreng pakasam sudah siap disantap.

14 ANYANG DAGING Bahan I : - 1 kg daging, - 2 sdk mkn ketumbar - 4 siung bawang putih, - 4 siung bawang merah - 1 sdk mkn garam, - 1/4 kg santan kental Bahan II: - 1 sdk makan merica, - 1 ons bawang merah - 2 bh asam limau, - 1/4 kg santan kental - 1 sdk makan garam. Cara Membuat Bahan I: Ketumbar, bawang merah, bawang putih dan garam digiling halus. Daging dicuci bersih lalu dilumuri dengan bumbu yang telah dihaluskan, diamkan selama 1 jam lalu bakar sambil diolesi santan kental dan dibalik sampai daging masak, bisa juga diungkep. Cara Membuat Bahan II: Daging yang telah masak disuir-suir (daging bisa dibakar atau dikukus sampai empuk). Merica, garam, bawang merah digiling halus, lalu campurkan dengan daging yang telah disuir-suir tadi aduk rata.

15 PAIS IKAN PANTAU / IKAN SELAIS Bahan: - ¼ kg ikan pantau, - 4 buah lado merah, - 10 buah lado kutu, - 3 siung bawang merah, - ½ kelapa parut, - 1 batang serai, - 1 ruas jari jahe, - 1 ruas jari lengkuas, - 2 buah terung asam - ½ sendok makan garam. Cara Membuatnya: Pangkal serai diiris, jahe, lengkuas, lado merah, lado kutu, bawang merah dan garam digiling halus lalu campur kelapa parut giling sebentar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan ikan pantau diaduk rata, lalu masukkan ke dalam daun pisang, bungkus dengan lidi ujung dan pangkal kemudian bakar diatas kompor yang dialas terlebih dahulu dengan seng atau diatas teflon. Dibakar sambil dibalik-balik sampai masak lalu angkat.

16 PINDANG IKAN Bahan : - 1 kg ikan belido (ikan sungai), - ½ ons lado kutu dibelah, - 4 buah bawang merah, - 2 buah bawang putih, - 1 ruas jari jahe, - 1 batang serai ditokok, - 1 ibu jari lengkuas ditokok-tokok, - 1 ruas kunyit diiris, - 5 keping asam kandis, - 1 helai daun kunyit,- 1 sndk teh garam. Cara Membuatnya: Jahe, bawang merah, bawang putih dan garam digiling halus. Tumis bumbu yang telah digiling dengan sedikit minyak, tambah 2 gelas air, serai, lengkuas, kunyit, daun kunyit, asam kandis dan ikan, masak hingga mendidih atau sampai ikan cukup masak, masukkan lado yang dibelah tadi.

17 UDANG SOGHAI Bahan: - ½ kg Udang basah, - 2 gelas santan dari 1 bh kelapa, - 1 ikat serai diiris halus, - 1 ons bumbu gulai, - 1 ons lado giling, - Sepotong daun kunyit, - 2 keping asam kandis, - Garam secukupnya. Cara Membuatnya: Udang dicuci bersih, lalu masukkan santan, lado merah, bumbu gulai, daun kunyit, asam kandis, serai dan garam masak sampai mendidih dan udang masak. Setelah udang masak angkat dan siap dihidangkan.

18 ASAM UDANG KERING Bahan : - ¼ kg udang ebi (udang kering), - 1 ½ ons bawang bombai, - 15 biji lado merah, - 8 buah bawang merah, - 4 siung bawang putih, - Asam jawa secukupnya, - 1 ruas jaru alio / sepodeh, - 1 batang serai, - 1 ruas jari lengkueh, - Daun kunyit, gula, garam secukupnya, - Minyak secukupnya. Cara Membuatnya: Udang ebi direndam sekejab lalu dikeringkan. Lado + sebagian bawang merah+bawang putih digiling halus. Lado sebagian + bawang merah + bawang putih diiris untuk ditumis. Alio/sepodeh, serai, lengkueh dipukul (ditokok-tokok). Asam jawa diambil airnya, Bawang bombai diiris melintang. Tumis bumbu yang diiris hingga harum masukkan bumbu yang digiling hingga masak agar tidak pedas + air secukupnya + bumbu yang dipukul tadi daun kunyit. Setelah menggelegak masukkan udang +air asam jawa + gula, garam secukupnya, terakhir masukan bawang bombai masak hingga layu dan angkat siap dihidangkan

19 MASAK PUTIH MELAYU (AYAM/DAGING) Bahan : - 1 ½ kg daging AS, - 1biji kelapa yang besar (tidak tua tidak muda, - Bumbu giling halus, garam, - 1 ½ sdm merica bulat, - 3 sdm ketumbar, - 2 sdt adas manis, - 1 ½ sdt jintan putih, - ½ sdt Alio (kalau ada) rendam sebentar, - 1 biji buah pala digiling, - 8 biji cengkeh, -6 biji buah pelago, - Bunga lawang secukupnya, - 4 buah Kemiri keras. - 1 batang Serai putihnya giling halus, - 1 ruas ibu jari alio, - 2 ruas ibu jari lengkuas mudo, digiling halus, - 4 lbr daun limau purut, - 2 lbr daun salam, - ½ ons bawang merah, - 6 siung sedang bawang putih, - 2 buah bawang bombai potong melintang, - Minyak untuk menumis. Cara Membuatnya: Sebelum dipotong daing cuci dulu, daging potong melintang serat, 1 kg menjadi 25 potong daging. Tumis bawang merah + bawang putih sampai harum (kuning). Bumbu yang digiling cairkan dengan sedikit air lalu tumis sesudah bawang kuning+ kemiri giling. Lalu masukkan daging aduk + ½ gelas air lalu tutup, biar sampai rata dan bumbunya meresap, masukkan daun limau,daun salam lalu masukan santan dimasak dengan api kencang. Masak sampai matang empuk kemudian masuk bawang bombai setelah layu angkat dan masak putih siap untuk dihidangkan tabur bawang goreng diatasnya.

20 MASAK KICAP MELAYU (AYAM/DAGING ) Bahan : - 1 ekor ayam kampung, - ½ sendok teh merica, - ½ sendok teh ketumbar, - kulit manis, cengkeh - buah pala, garam, - bunga bawang, - bawang putih, bawang merah - Lengkuas, sepedas semua digiling halus - kicap asin + kicap manis. Cara Membuatnya: Ayam dicuci besih dan direbus sebentar, setelah itu digorengkan selayang. Sesudah itu ditumiskan bumbu yang sudah digiling tadi dimasakkan dengan ayam yang telah digoreng, masukkan kecap asin dan kecap manis baru masukkan air kaldu ayam dan tambah dengan air sedikit. Masukkan asam jawa.

21 GULAI IKAN SALAI Bahan : - ¼ kg ikan salai (kalau baung/tapa/singarek ½ kg), - 1 buah kelapa (ambil santannya), - 1 btg serai besar digiling halus, - ½ lembar daun kunyit, - 2 lembar daun jeruk purut, - 10 biji lado merah, - 6 biji bawang merah, - 2 siung bawang putih (kalau ada sedikit buah kulim), - 2 ruas jari kunyit muda, sedikit alio, sedikit lengkuas, semuanya digiling halus. - Asam kandis secukupnya, - 4 buah terung asam dikupas potong 2, - Semua bumbu digiling lado+bawang putih/merah. Cara Membuatnya: Masakkan santan dengan bumbu-bumbu + lado giling sampai mendidih. Ikan salai dibersihkan cuci, kalau salai selais buangkan tulangnya. Masuk ikan, jangan dikacau tapi santannya dijaga supaya tidak berbiji-biji, aduk pelan-pelan. Masak dengan api kencang kemudian diangkat.

22 SAYUR-MAYUR 1.PEKASAM 2.SAYUR PEKASAM 3.PACRI TOGHUNG 4.PACRI NONEH 5.KRABU TOGE 6.KRABU TOGHUNG 7.PERIO ISI (SANGKAK PAMULANGAN) 8.GULAI PISANG MUDO 9.GULAI CENDAWAN KUKUR 10.GULAI BUNGO KUNYIK 11.GULAI KINCUNG PUCUK UBI 12.ASAM PODEH KELADI 13.SAYUR CENDAWAN TIUNG 14.GULAI MENTIMUN LADANG

23 PEKASAM Bahan: - 1 kg ikan ( semua ikan sungai bisa dibuat Pekasam ) - 1 ons garam, - 1 ons asam kandis, - ¼ kg padi digonseng sampai hitam, digiling halus dan diayak, - Air secukupnya. Cara Membuatnya: Ikan dicuci bersih, dipotong-potong dan ditiriskan, lalu diberi garam dan asam simpan di dalam guci yang ditutup rapat selama 1 minggu. Setelah seminggu, masukkan padi gonseng yang telah diayak, aduk rata, masukkan kembali kedalam guci, tambahkan air sampai ikan terendam rata dengan air (masukkan juga air rendaman ikan seminggu sebelumnya). Ikan yang telah dimasukkan kedalam guci harus segera ditutup rapat, jangan sampai dihinggapi lalat. Ikan didalam guci disimpan selama seminggu atau lebih sudah bisa diambil dan diolah untuk disambal atau campuran (ghonca) sayur.

24 SAYUR PEKASAM Bahan : - 4 potong daging ikan pekasam, - 3 ons santan kental, - 4 buah Lado merah, - 10 buah Lado kutu, - 4 buah bawang merah, - 2 siung bawang putih, - 2 gelas air, - 2 ikat daun ubi panjang, - 1 batang pangkal serai dimemarkan - Sekerat daun kunyit, - 2 keping asam kandis, - ½ sdk teh garam, - 1 sendok teh gula pasir. Cara Membuatnya: Lado merah diris atau belah dua, Lado kutu dibelah dua, bawang merah dan bawang putih diiris kasar, masukkan kedalam kuali, tambahkan santan, air, serai, daun kunyit, asam kandis, garam, lalu jerangkan diatas kompor. Aduk terus santan selama diatas kompor, setelah santan mulai mendidih, masukkan daging ikan pekasam yang telah dicuci bersih. Biarkan sebentar sambil sesekali diaduk. Masukkan daun ubi yang telah dicuci dan sedikit diremas agar daun ubi layu, getahnya terbuang, aduk sesekali, masukkan gula pasir atau penyedap rasa. Untuk menghindari daging pekasam hancur, sebaiknya diangkat dulu sebelum daun ubi dimasukkan ke dalam kuali, setelah daun ubi masak baru masukkan kembali pekasamnya, lalu diangkat dan siap dihidangkan.

25 PACRI TOGHUNG Bahan : - 1 kg terung, - ½ kg santan - ¼ bh kelapa parut, digonseng dan digiling, - 1 ons Lado giling, - 5 bh Lado merah dibelah dua, - 1 ons langkok giling + bawang putih dan bawang merah, - 2 sendok makan bumbu kari + 1 bh buah pala - 2 gelas air, - 1 ons udang ebi, direndan air panas dan ditumbuk halus, - 1 ons minyak untuk menumis, - 1 keping asam kandis, - 2 sendok makan gula pasir dan ½ sendok makan garam, - 2 lembar daun salam, 2 lmbr daun limau, sekerat daun kunyit. Cara Membuatnya: Tumis Lado giling dan langkok giling sampai harum, masukkan santan, air, udang ebi yang telah digiling, asam kandis, gula pasir, daun salam, daun kunyit, dimasak sambil diaduk terus sampai mendidih dan kental. Setelah kuah kental masukkan terung, aduk terus sampai terung layu, masukkan lagi kelapa gonseng yang telah digiling dan bumbu kari, aduk sebentar. Setelah terung masak dan kuah mulai berminyak, pacri terung sudah bisa diangkat.

26 PACRI NONEH Bahan : - 2 nenas sedang ( jangan terlalu ranum ) - ½ ons ebi - 1 sendok makan garam, - ½ santan - 4 sendok makan bumbu kari - Untuk Lado dan bumbu yang lain sama dengan patcri terung. Cara Membuatnya: Nenas dipotong-potong, rendam dengan air panas + garam selama ¼ jam. Setelah nenas layu, dibuang airnya dan remas sedikit untuk membuang rasa asamnya. Setelah kuah mengental masukkan nenas yang telah dibuang airnya, dimasaksampai nenas layu dan bumbu meresap. Sebelum diangkat masukkan kelapa gonseng yang telah digiling, bumbu kari, masak sebentar sampai kuah harum berminyak.

27 KERABU TOGE Bahan: - ½ kg toge, - ½ kelapa parut, - 4 buah bawang merah, - 2 buah bawang putih, - Sedikit belacan, - 6 buah Lado merah, - 2 kerat asam limau, - 4 sendok makan santan, - ½ sendok teh garam Cara Membuatnya: Cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam dan terasi digiling halus, tambahkan kelapa parut, giling agak halus dan diaduk rata. Toge direndam dengan air panas beberapa menit atau agak layu lalu angkat dan tiriskan. Campurkan toge dengan kelapa bumbu, aduk rata, tambahkan asam limau, aduk lagi dan siap dihidangkan.

28 KERABU TOGHUNG Bahan: - Terung yg besar ½ kg, - Lado Kutu 7 bh, - Lado merah 8 bh, - Bawang merah 6 bh, - Pati santan ½ kg, - Terasi + garam secukupnya - Asam limau. Cara Membuatnya: Terung dicuci dan dibakar kulitnya. Bersihkan cabe + bawang merah dan terasi dihaluskan Bumbu halus diaduk dengan santan, asam, garam dicampur dengan terung yang telah dibakar. Setelah tercampur, siap dihidangkan.

29 PERIO ISI ( SANGKAK PAMULANGAN ) Bahan: - Perio pendek (kombe) ½ kg, - Lado giling halus ½ ons - Santan dari 1 buah kelapa, - Bumbu gulai ½ ons - Ketumbar 1 sendok teh, - Garam, kunyit, - Minyak goreng. Cara Membuatnya: Perio (kombe) direbus sebentar saja, dibelah separoh (sampai ditengah), Bijinya digiling halus, ketumbar+ bumbu gulai, Lado giling. Bumbu diambil sebahagian dan ditumis lalu angkat, masukkan kedalam perio yg telah dibelah,lalu diikatkan dengan daun kunyit. Masukkan santan, bumbu yg sebahagian tadi masak sambil diaduk sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan perio yg telah diisi dan diikat, masak sampai perio cukup masak dan bumbu meresap, lalu angkat.

30 GULAI PISANG MUDO Bahan: - 1 sisir pisang mudo, pisang batu/pisang bantan, - 3 gelas santan dari 1 buah kelapo, - 1 ons langkok langkok giling, - ½ ons lado giling, - Bawang merah dan bawang putih secukupnya, - Sekerat daun kunyit, - 1 kerat pangkal serai, - ½ ons udang kering, - 1 keping asam kandis. - Garam secukupnya + ebi/bilis/ikan salai. Cara Membuatnya: Pisang dikupas kulit luar lalu dipotong-potong dan dicuci bersih. Langkok giling, lado giling, santan, udang kering yang telah dicuci bersih dimasak dengan api sedang sambil diaduk, tambahkan serai, daun kunyit, garam, asam kandis serta pisang muda dimasak sambil diaduk terus sampai mendidih dan masukan ebi atau bilis/ikan salai campuran. Setelah pisang masak dan empuk serta cukup asam dan garamnya, diangkat dan siap dihidangkan.

31 GULAI CENDAWAN KUKUR Bahan : - ¼ kg cendawan kukur, - 3 gelas santan dari 1 buah kelapa, - ½ ons lado giling, - 1 ons langkok (bumbu gulai) - ½ ons bilis, - Daun kunyit dan serai, - Garam secukupnya. Cara Membuatnya: Bersihkan cendawan dan direndam kira-kira 10 menit, dicuci bersih dan diremas lalu keringkan, dipukul-pukul. Lado giling, bumbu gulai, santan dimasak sambil diaduk, tambahka serai, daun kunyit, bilis yang telah dicuci bersih, asam kandis dan garam masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan cendawan, aduk terus sampai cendawan layu atau telah masak. Setelah masak, angkat.

32 GULAI BUNGO KUNYIK Bahan: - Ikan basah ½ kg, - Bungo kunyit ¼ kg - Lado giling halus ½ ons, - Langkok giling 2 ons, - Santan dari 1 bh kelapa, - 2 keping asam kandis - 1 sendok teh garam Cara Membuatnya: Ikan dicuci bersih dengan sedikit asam. Masukkan lado, bumbu langkok, santan dan garam masak sampai mendidih sambil diaduk. Setelah mendidih masukkan ikan dan bungo kunyit yang telah dicuci bersih masak sampai ikan dan bungo kunyit masak. Jika sudah masak angkat dan siap dihidangkan.

33 GULAI KINCUNG PUCUK UBI Bahan: - Ikan Teri Bilis ½ ons, - Kincung ½ kg, - 2 gelas santan dari 1 bh kelapa, - Daun Ubi 2 ikat, - Bumbu langkok 1 ons, - Lado halus ½ ons, - 1 lembar daun kunyit, - 1 keping asam kandis. Cara Membuatnya: Kincung, daun ubi, Ikan teri/bilis, dicuci bersih. Santan, lado dan langkok halus,daun kunyit, asam kandis, teri dan garam dimasak sampai mendidih. Setelah mendidih masukan kincung, daun ubi, masak sampai masak dan santan kental, lalu angkat dan siap dihidangkan.

34 ASAM PODEH KELADI Bahan : - 2 btg keladi siminyak beserta isi, - ¼ kg ikan asin baung laut - ½ ons lado merah, - 1 batang serai - 1 ruas jari jahe, - 1 ruas jari lengkuas - 2 siung bawang putih, - 3 siung bawang merah - Sedikit kunyik, - 1 sendok teh garam - 4 keping asam kandis. Cara Membuatnya: Didihkan 4 gelas air lalu masukkan keladi yang telah dicuci dan dipotong lalu aduk, setelah layu angkat dan tiriskan. Giling bumbu yaitu jahe, kunyit, lado merah, bawang merah, bawang putih dan garam, digiling halus. Tumis bumbu yang telah halus dengan sedikit minyak, setelah harum masukkan air, daun kunyit, serai yang telah ditokok, ikan asin dimasak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan keladi yang telah ditiriskan, sambil diaduk masaklah sampai ikan dan keladi cukup masak lalu diangkat.

35 LEMPENG SAGU Bahan : - ½ kg sagu - 1 buah kelapa parut - ½ gelas air dan 1/2 sdk teh garam. Cara Membuatnya: Basahkan tepung sagu dengan sedikit air garam sambil diremas. Masukkan segenggam demi segenggam tepung sagu didalam kuali sambil diaduk lalu tambahkan 1 genggam kelapa parut aduk lagi dan biarkan beberapa menit sambil ditutup. Setelah beberapa menit dibalik dengan sudit lalu tutup kembali dibiarkan beberapa menit lagi, lalu angkat jika telah masak.

36 SAYUR CENDAWAN TIUNG Bahan: - ¼ kg cendawan tiung, - 3 gelas santan dari 1 bh kelapa - Sepotong daun kunyit, - 3 buah lado merah - 3 buah bawang merah, - 2 buah bawang putih - Sekerat jahe dan lengkuas ditokok, - ½ ons udang, - Garam secukupnya. Cara Membuatnya: Cuci cendawan dan dibelah dua lalu keringkan. Masak santan, lado merah, bawang, daun kunyit, pangkal serai, jahe, lengkuas, udang kering dan garam dimasak sampai mendidih sambil diaduk lalu masukkan cendawan masak sampai cendawan masak. Angkat dan siap dihidangkan.

37 GULAI MENTIMUN LADANG Bahan: - 1 buah mentimun ladang yang tua, - 1 ons ikan asin atau udang kering atau ikan basah sungai - 1 ons bumbu gulai, - ½ ons lado giling halus, - Sepotong daun kunyit, - Sepotong pangkal serai, - 1 keping asam kandis, - garam secukupnya. Cara Membuatnya: Masak santan, lado giling, bumbu gulai halus, ikan asin atau udang kering, daun kunyit, serai dan garam masak sampai mendidih, lalu masukkan mentimun yang telah dikupas dan dipotong masak sampai mentimun layu dan masak sambil diaduk terus supaya santan tidak pecah.

38 SAMBAL 1.SAMBAL NONEH 2.SAMBAL TERUNG ASAM 3.SAMBAL MACANG 4.SAMBAL BELACAN 5.TUMIS BELACAN 6.SAMBAL IKAN SALAI 7.SAMBAL BILIS 8.BILIS ASAM 9.TEMPUYAK

39 SAMBAL NONEH Bahan : - Nenas sedang masaknya 1 bh - Cabe rawit 15 bh - Cabe merah 10 bh - Terasi/belacan 1 keping - Bawang dan garam secukupnya Cara Membuatnya: Haluskan cabe,bawang + garam dan terasi Nenas dikupas/dibersihkan lalu dipotong- potong, digiling dengan cabe yang telah dihaluskan Sambal nenas siap dihidangkan

40 SAMBAL TERUNG ASAM Bahan : -. 1 ons Lado merah - 10 bh Terung asam - 5 bh Bawang merah - 1 ruas jari belacan - 1 sendok makan gula pasir - 1 sendok teh garam Cara Membuatnya : Lado merah, bawang digiling sampai agak halus, lalu tambahkan belacan yang telah dibakar dan digiling kembali. Setelah tercampur, masukkan gula pasir, terung asam yang telah dikupas dan dicincang kecil- kecil, lalu digiling kembali hingga tercampur rata.

41 SAMBAL MACANG Bahan : - Buah Mangga/Macang masak 1 bh - Cabe rawit (Lado kutu) 7 bh - Cabe merah (Lado meghah) 8 bh - Bawang & Terasi dibakar 1 keping - Garam secukupnya Cara Membuatnya: Lado meghah + lado kutu + bawang + terasi dan garam secukupnya lalu digiling kasar. Macang dikupas dan dicincang kecil-kecil lalu campurkan ke dalam Lado yang telah digiling, aduk sampai rata. Sambal siap dihidangkan.

42 TUMIS BELACAN Bahan : - 1 ons lado merah - 1 ons bawang kecil-kecil + bawang secukupnya - Belacan Mentah, - Asam Jawa secukupnya - Gula secukupnya, - Jika ada bawang Gandu - Minyak untuk menumis. Cara Membuatnya : Lado digiling halus, bawang sebagian digiling halus untuk tumis, sebagian lagi dibiarkan bulat-bulat. Belacan dicairkan, asam jawa direndam ambil airnya, gula dimasukkan kira-kira hampir masak. Tumis bawang hingga harum dan kuning. Masukkan bawang bulay-bulat +asam jawa+gula masak hingga sempurna. Sayur Pemdamping sama-sama dihidangkan dengan rebus daun ubi + ulam-ulam (potai mudo, joghieng mudo, mentimun mudo, bawang gando mentah). Sayur lemak manis daun cekuk manis (daun katu) dengan tebu telur boleh juga sayur lemak manis daun kacang dorai.

43 SAMBAL IKAN SALAI Bahan : - 1 ons ikan salai dibakar dan dibuang tulang - 6 buah lado merah - 3 buah bawang merah - ½ sendok garam Cara Membuatnya: Lado, bawang dan garam digiling, tambah kelapa parut giling sebentar, tambah asam limau aduk rata. Setelah tercampur rata masukkan daging ikan salai lalu ditumbuk dan aduk dengan bumbu sampai tercampur rata dan siap dimakan.

44 SAMBAL BELACAN Bahan : - ½ ons lado merah - 5 buah bawang merah - 1 buah tomat - SedIkit terasi - Garam secukupnya - Asam limau sedikit Cara Membuatnya: Lado merah, bawang merah dan tomat direbus atau dikukus sebentar. Setelah dikukus digiling dengan garam sampai agak halus, lalu tambahkan terasi yang telah dibakar terlebih dahulu, kemudian digiling sampai halus dan siap dihidangkan dengan rebus daun ubi atau lalap.

45 BILIS ASAM Bahan : - 1 ons Bilis - 15 buah Lado Kutu - 5 buah Lado Merah - 8 siung Bawang Merah - 1 buah Asam Limau - Garam secukupnya Cara Membuatnya : Bilis dicuci bersih lalu direndam dengan air panas selama 10 menit. Lado merah, lado kutu dipotong kecil-kecil, tambah bawang merah diiris, asam limau dibelah ambil airnya, masukkan bilis yang telah dicuci dan dikeringkan, lalu aduk dan siap dihidangkan.

46 ULAM 1.PUCUK TENGGEK BURUNG 2.PEGAGO 3.MENTIMUN 4.PUCUK UBI 5.PUCUK GAJUS 6.KEMANGI 7.KACANG PANJANG

47 KUE / PENGANAN 1. PELITO DAUN 2. BUAH MELAKO 3. HASIDAH 4. BADAK 5. BOLU KEMOJO 6. TOPUNG GOMAK 7. KOLE-KOLE 8. ROTI CANAI 9. ROTI JALO 10. SRIKAYO LABU 11. PASIR EROPA 12. KELAMAI BOTIK 13. KELAMAI LABU 14. DADO PUAN

48 KUE PELITO DAUN Bahan : - 1 mangkuk Tepung Beras - 1 mangkuk Santan Kental - 1 mangkuk Santan Encer - ½ kg Gula Pasir - ½ sendok Teh Garam - Daun Pisang di buat mangkuk kecil 4 x 4 x 4 cm, - 1 lembar Daun Pandan Cara Membuatnya: Campur santan kental, santan encer, tepung beras, garam dan daun pandan yang telah disobek-sobek lalu aduk hingga tepung larut dan rata. Masukkan ½ sendok teh gula pasir ke dalam setiap mangkuk daun pisang, lalu dikukus 2 sampai 3 menit hingga gula larut. Aduk adonan terlebih dahulu lalu tuang kedalam mangkuk daun yang berisi larutan gula hingga terisi semua, lalu kukus selama 12 sampai 15 menit hingga adonan tepung masak. Selama mengukus dengan api sedang. Setelah masak diangkat dan didinginkan, kue pelito siap dihidangkan.

49 BUAH MALAKO Bahan : - 1 bungkus Tepung Beras Pulut - ¼ sendok teh kapur sirih dilarutkan dengan sedikit air - 10 lembar Daun pandan dan sedikit Daun suji ditumbuk diberi sedikit air lalu diperas dan diambil airnya. - ½ sendok teh Garam - 3 ons gula enau - 1 buah Kelapa parut yang agak muda diberi garam halus dan dikukus kira-kira 2-3 menit. Cara Membuatnya: Tepung beras pulut diadon dengan air garam, air kapur sirih dan air daun pandan diulen sampai kalis atau tidak lembek dan lengket. Rebus air ¾ mangkuk atau periuk hingga mendidih. Potong gula enau 1 cm dibulatkan. Ambil adonan sebesar ibu jari, dibulatkan lalu ditekan di tengah, masukkan gula enau serta dibulatkan kembali hingga rata. Masukkan setiap bulatan buah malako ke dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat buah malako dengan saringan lalu diberi kelapa parut yang telah dikukus hingga rata dan siap dihidangkan.

50 HASIDAH Bahan : - 2 mangkuk Tepung Beras, - 1 mangkuk Gula Pasir - 3 mangkuk air, - 1 sendok teh garam halus - 1 butir telur - - Sedikit Kayu Manis dan 5 butir Bunga Cengkeh di giling dan disaring - 10 sampai 15 butir bawang merah, cc minyak sayur gr mentega Cara Membuatnya: Bawang merah diiris, digoreng sampai kuning dan ditiriskan lalu masukkan 100 gr mentega ke dalam minyak bekas goreng bawang yang masih panas sampai mentega mencair dan sisihkan. Tepung yang telah diayak + gula pasir + garam halus + bubuk cengkeh dan kulit kayu manis + air diaduk rata sampai tepung larut + telur yang dikocok lepas aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak adonan dengan api sedang sambil diaduk terus sampai adonan menggumpal tambahkan sisa mentega sesendok demi sesendok sambil diaduk lalu masukkan sebagian campuran mentega dan minyak diaduk terus hingga adonan kalis atau tidak lekat ditangan. Setelah masak diangkat, dimasukkan ke piring dan dibentuk sesuai selera, diolesi dengan sisa campuran minyak dan mentega tadi lalu ditaburi bawang goreng. Kue sudah sudah siap dihidangkan. Bisa dibentuk kecil-kecil atau menggunakan cup plastic.

51 KUE BADAK Bahan : - 1 buah kelapa parut setengah tua, - 20 batang serai, - 1 ibu jari lengkuas, - 1 ibu jari jahe, - 1 cm kunyit, - 1 ons bawang merah, - 2 siung bawang putih, - ½ ons cabe, - 1 sendok teh merica, - 1 ons ebi, - 1 helai daun kunyit. Cara Membuatnya: Serai, lengkuas, jahe, kunyit, cabe, bawang merah, bawang putih digiling halus. Ebi direndam dengan air panas beberapa menit lalu ditumbuk halus. Kelapa parut + bumbu dan ebi yang digiling, aduk rata, masukkan merica lalu masak diatas kompor dengan api sedang sambil diaduk terus sampai agak kering tambahkan daun kunyit yang digiling halus, aduk terus sampai kelapa kering atau tidak basah.lalu angkat sisihkan. Bahan Kulit I : - ½ kg ubi jalar, - ½ bgks tepung beras - ½ sendok teh garam, - Sedikit air hangat. Bahan Kulit II : - 2 gls tepung bera s, - 1 gelas tepung pulut - ½ sdk teh garam, - 1 gelas air hangat

52 KUE BADAK (Lanjutan) Cara Membuat Kulit I : Ubi jalar dikupas, dipotong-potong, direbus atau dikukus sampai lunak. Setelah ubi lunak angkat dan hancurkan, tambahkan tepung dan garam, lalu uleni dengan sedikit air hangat sampai tepung kalis atau kenyal dan tidak lengket. Tepung yang sudah kalis di ambil sebuku, digiling dengan gilingan atau botol hingga ± ½ cm, diisi dengan kelapa bumbu, ditutup dan dicetak. Buat beberapa buah sampai adonan habis lalu goreng sampai kuning kecoklatan dan angkat, siap dihidangkan Cara Membuat Kulit II : Tepung beras, tepung pulut dan garam halus diulen dengan air sedikit demi sedikit sampai tepung kalis dan tidak lengket. Setelah tepung kalis, ambil sebuku adonan lalu digiling dengan penggiling atau botol hingga tebalnya ½ cm, diisi dengan kelapa bumbu, ditutupkan dan di cetak, buat beberapa buah sampai adonan habis lalu goreng sampai kuning kecoklatan. Kue badak yang telah digoreng siap dihidangkan dan dimakan dengan Krabu Toge.

53 BOLU KEMOJO Bahan : - 1 kg tepung terigu, - 12 butir telur ayam, - 1 kg gula pasir, - 1 kg santan kental, - ¼ kg mentega dicairkan, - 6 butir bunga cengkeh, - 1 keping kayu manis, - 20 butir adas manis, - ¼ butir buah pala, - 20 lembar daun pandan + beberapa lembar daun suji. Cara Membuatnya : Daun pandan dan daun suji ditumbuk dan disaring lalu ambil airnya. Kulit kayu manis, bunga cengkeh, adas manis dan buah pala di giling halus dan diayak. Telur dikocok sebentar sampai agak kembang, masukkan ke dalam tepung, tambahkan santan,, gula pasir, air daun pandan, campuran bubuk kayu manis dan bunga cengkeh, garam dan air secukupnya, aduk sampai tercampur rata dan adonan cukup kekentalannya. Setelah adonan tercampur rata, panaskan cetakan yang diberi sedikit mentega atau minyak goreng. Cetakan yang telah panas dikeluarkan dari oven, masukkan adonan kemojo kedalam cetakan lalu bakar di dalam oven sampai pinggirnya kuning kecoklatan lalu angkat, dinginkan dan siap dihidangkan. Bolu Kemojo bisa dibakar di oven atau arang dengan api di atas/bawah.

54 TOPUNG GOMAK Bahan isi : - 1 buah kelapa agak muda, - ½ kg gula enau, - 1 ons gula pasir, - sedikit garam, - 2 lembar daun. Bahan kulit : - 1 bungkus tepung pulut, - 1 sendok makan air kapur sirih, - ¾ sendok teh garam, - 1 gelas air, - ½ ons kacang hijau kupas kulit, gonseng, blender dan ayak. Cara Membuatnya : Bahan isi diadon, dimasak dengan api sedang sambil terus dikacau sampai tercampur rata dan adonan bisa dibulatkan, lalu angkat dan didinginkan. Adonan isi dibentuk bulat sebesar ibu jari, buat sebanyak adonan sampai habis. Tepung pulut, garam, air dan air kapur sirih diadon sampai kalis, tidak lengket dan adonan lembut dan halus. Setelah adonan jadi, ambil sebesar ibu jari kaki adonan dibulatkan, lobangi bagian tengah, masukkan bulatan adonan isi, tutup dan bulatkan kembali sampai rata, masukkan bulatan tersebut kedalam air mendidih ( didihkan air terlebih dahulu sebanyak ¾ periuk ). Buat bulatan tersebut sampai adonan tepung habis, bulatan yang timbul dari air mendidih diangkat menggunakan saringan, teteskan airnya lalu dibalik-balik diatas tepung kacang hijau. Setiap adonan yang telah dilumuri tepung kacang hijau ditekan pelan-pelan hingga agak pipih. Setelah semua adonan dimasak dan dipipihkan maka kue tepung gomak siap dihidangkan.

55 KOLE-KOLE Bahan: - ¼ kg kacang hijau kupas, tumbuk menjadi tepung, - ½ kg santan, - 2 butir telur - ¼ kg gula, - Sedikit garam - 2 lmbr daun pandan, - 1 gelas air - ½ kg santan + ½ gelas air masak dg api kecil buat taik minyak Cara Membuatnya: Kacang hijau yang telah dikupas digonseng sebentar, diblender, ayak menjadi tepung. Santan, telur, gula diblender sampai tercampur, masukkan kedalam periuk tambahkan tepung kacang hijau, daun pandan, garam, aduk sampai rata lalu jerang diatas kompor, aduk terus sampai masak dan adonan tidak lengket di periuk atau sendok. Setelah adonan cukup masak, tuang kedalam talam, ratakan, diamkan beberapa menit sampai hangat kuku, oleskan tai minyak merata di atas adonan talam sampai tai minyak habis, kecuali minyaknya tidak dimasukkan. Dinginkan adonan, setelah dingin dipotong-potong dan siap dihidangkan.

56 ROTI CANAI Bahan: - 1 kg terigu segi tiga, - ¼ kg mentega, - 2 butir telur ayam - ¼ kg minyak goreng, - 1 sdk mkn garam halus, - 1 ons miyak sapi - 2 sdk mkn susu tepung, - 3 gls air suam kuku Cara Membuatnya : Telur ayam kocok sebentar tambahkan garam, air suam kuku, susu, diadon ke dalam tepung dan di ulen sampai kenyal dan halus. Adonan dibagi dua, uleni separohnya terlebih dahulu sampai halus lalu adonan dibagi 9 dibulatkan ditata di atas meja yang dialasi plastic dan ditaburi tepung, buat kembali adona yang separohnya seperti demikian sehingga menjadi 18 bulatan atau bagian. Panaskan mentega sampai mencair tambahkan minyak goreng, minyak sapi, panas kembali sebentar lalu angkat, diamkan sampai suam-suam kuku. Ambil setiap bulatan celupkan keminyak suam kuku, diulen dan dipenyetkan sampai agak pipih, buat semua adonan sampai habis, ditutup dengan serbet lembab, diamkan selama 2 atau 3 jam. Setelah kembang adonan ambil satu persatu dilebarkan, kemudian ditarik di tengah adonan, setiap ujung digulung berlawanan arah dipadatkan, disisihkan. Buat semua adonan sampai habis, diamkan kembali 1 atau 2 jam. Ambil setiap adonan beri minyak suam kuku dan dipipihkan kembali lalu goreng wajan datar, dibalik-balik hingga kekuning- kuningan, angkat dan begitu seterusnya sampai adonan habis. Setelah roti canai masak, siap disantap dengan gulai kari ayam atau daging.

57 ROTI JALO Bahan: - 1 kg terigu segi tiga, - 2 Telur Ayam, - ¼ kg mentega, - ½ sendok teh garam halus, - 4 gelas air. Cara Membuatnya: Terigu, garam, air diaduk rata, ditambah telur kocok lepas dan mentega yang telah dicairkan, aduk lagi sampai semua adonan tercampur rata dan kekentalan adonan cukup untuk keluar memakai cetakan roti jala. Bila masih kental bisa tambah air sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk jala yang halus. Panaskan teflon olesi sedikit mentega lalu buatkan jala diameter ± 20 cm atau sesuai keinginan, dilipat kiri kanan dan gulung berbentuk lipatan dadar, buat sampai adonan habis. Setelah roti jala masak semua, siap dihidangkan dengan kari daging atau ayam ditaburi bawang goreng dan acar mentimun.

58 SRIKAYO LABU Bahan: - 1 buah labu kuning ± 1kg, - ½ kg santan kental, - ¼ kg gula enau yang bagus, - 2 sendok makan gula pasir, - 6 butir telur ayam, - 3 butir cengkeh, - 2 cm kulit kayu manis, - 2 lember daun pandan Cara Membuatnya: Telur dikocok atau diblender sebentar dengan sedikit santan lalu tuang ke dalam mangkuk, tambahkan gula enau yang telah diserut, bubuk kayu manis dan bunga cengkeh, gula pasir, tambahkan santan, daun pandan disobek dan diremas, aduk semua adonan hingga tercampur rata, lalu disaring. Labu dicuci besih, dipotong bagian tangkai seperti tutup mangkuk, dibersihkan bagian biji dan serat, lalu kukus menit dan diangkat. Isikan adonan srikayo kedalam labu sampai batas tutup, ditutup dan kukus kembali selama ½ jam dan srikayo masak, angkat, dinginkan dan hidangkan.

59 PASIR EROPA Bahan: - 1 bh kelapa parut yang agak muda, - 1 kg gula pasir - 3 butir kuning telur, - Sedikit bunga cengkeh dan kulit kayu manis. - Sedikit vanile. Cara Membuatnya: Kelapa yang agak muda dicengkul isi, kupas kulit ari, lalu parut memanjang dengan parut tangan. Kocok kuning telur, tambah- kan gula pasir aduk rata, tambahkan kelapa parut, aduk dengan tangan sambil diremas hingga semua bahan tercampur rata, lalu ginseng. Masukkan cengkeh dan kulit kayu manis, gonseng hingga kekuning-kuningan lalu angkat, dinginkan, dan siap dihidangkan.

60 KELAMAI BOTIK Bahan: - 1 kg papaya mengkal, - 1 kg gula pasir - ¾ kg santan, - 2 butir telur ayam, - 2 cm kulit kayu manis, - 4 butir cengkeh - 1 gelas air. Cara Membuatnya: Pepaya dikupas, dibuang biji dan diserut sampai habis, lalu diperas airnya. Telur dikocok sebentar, tambahkan santan, kocok lagi sebentar, lalu masukkan kedalam kuali, tambahkan gula, air, kulit kayu manis dan bunga cengkeh, aduk rata lalu masak dikompor dengan api sedang sambil diaduk terus sampai kental. Setelah cukup kental masukkan botik yang telah diperas airnya sambil diaduk terus sampai tercampur rata, lalu ditaburi 2 sendok makan tepung terigu atau tepung beras sedikit demi sedikit dan aduk terus sampai rata dan adonan tidak lengket serta bisa dibentuk. Setelah adonan masak lalu diangkat, lalu dibentuk sesuai selera. Ambil adonan 1 sendok makan, lalu bulatkan dan dibungkus dengan kertas minyak digulung atau dilipat segi empat.

61 KELAMAI LABU Bahan: - 1 kg labu kuning, - 1 kg gula pasir - 1 kg santan, - 4 butir telur - 1 gls tepung beras, - ½ sdk teh garam - 2 lembar daun pandan, - 1 gelas air Cara Membuatnya: Labu dikupas dipotong-potong dan dikukus sampai masak lalu dihancurkan sampai lumat. Telur dikocok sebentar, tambahkan santan dan kocok kembali sampai tercampur rata lalu masukkan ke dalam kuali, tambah gula pasir, garam, daun pandan, air lalu dimasak sambil diaduk terus dengan api sedang. Setelah kental masukkan labu yang telah lumat sambil terus diaduk sampai adonan dodol menyatu, tidak lengket di kuali dan bisa dibentuk. Ambil 1 sendok adonan, dibulatkan dan dibungkus dengan kertas minyak.

62 DADO PUAN Bahan : - ½ kg labu kuning, - 1 kg gula pasir, - 1 kg santan, - 2 lembar daun pandan, - 4 butir telur ayam, sendok makan tepung beras. Cara Membuatnya: Labu dikupas, dipotong potong lalu dikukus sampai masak dan haluskan. Telur dikocok sebentar tambah santan, gula pasir, daun pandan dan sedikit garam, labu yang telah dihaluskan, masak hingga kental dan tidak lengket. Angkat adonan dan dibentuk di dalam piring.

63 MINUMAN DAN MANISAN 1.ALUO BOTIK 2.ALUO BELIMBING TUNJUK / CERMAI 3.ALUO KELULUK (KOLANG KALING) 4.SANTAN KUINI 5.SANTAN DURIAN 6.CELENGKONG 7.BEJANGGO 8.AIR MATO PENGANTIN

64 ALUO BOTIK Bahan: - 1 kg botik mengkal, - ½ kg gula pasir, - 2 gls air, - air kapur sirih. Cara Membuatnya: Botik dikupas, dipotong kecil atau diukir berbagai bentuk lalu direndam dengan air kapur sirih lebih kurang 1 jam. Masak gula dengan 2 gelas air sampai gola larut dan mengental, lalu diangkat. Setelah agak dingin atau suam kuku masukkan botik yang telah ditiriskan dari air kapur, aduk rata, kemudian dibiarkan. Setelah 1 hari, angkat botik, panaskan air gulanya dan masukkan kembali botik, lakukan beberapa kali sampai botik renyah dan air gula mengental atau mengkristal.

65 ALUO BELIMBING TUNJUK / CERMAI Bahan : - 1 kg belimbing tunjuk, - 2 kg gula pasir - 2 gls air, - daun pisang, - ½ kg tawas Cara Membuatnya: Belimbing dibersihkan dan ditoreh ditengahnya dengan pisau lalu cuci. Rendam belimbing dengan air tawas selama 15 menit, kemudian cuci lalu dengan air kelapa 30 menit lalu cuci bersih dan tiriskan. Masak 2 gelas air didalam panci yang terlebih dahulu dialasi daun pisang yang cukup di dasar dan sekeliling pinggir dalam, lalu masukkan belimbing biarkan mendidih serta belimbing layu, angkat dan tiriskan. Masak gula dan 2 gelas air sampai mendidih dan kental lalu angkat, setelah suam kuku masukkan belimbing, biarkan. Setelah sehari angkat belimbing dan panaskan kembali air gula sampai kental lalu angkat. Setelah suam kuku masukkan kembali belimbing, lakukan setiap hari sampai gula meresap dan belimbing menjadi manis.

66 ALUO KELULUK ( KOLANG KALING ) Bahan: - 2 kg keluluk (kolang kaling), - 1 kg gula pasir - Sedikit pewarna makanan, - Sedikit bunga cengkeh dan kulit kayu manis. Cara Membuatnya: Kolang kaling dicuci bersih, buang matanya lalu diberi pewarna biarkan ½ jam lalu direbus dengan bunga cengkeh dan kulit kayu manis selama 1 jam atau sampai mendidih dan air berkurang. Setelah cukup masak kolang kaling diangkat dan ditiriskan lalu masukkan ke dalam mangkuk, disiram gula pasir sampai gula larut. Masukkan gula bertahap supaya larut merata, simpan di lemari es.

67 SANTAN KUINI Bahan: - 4 buah kuini, - ½ buah kelapa parut diperas dengan ¾ gelas air panas, - ½ gelas gula pasir/ gula enau, - Sedikit garam. Cara Membuatnya: Kuini dikupas, dicincang dan diambil dagingnya. Santan tambah garam diaduk lalu campurkan daging kuini cincang, aduk sedikit, masukkan ke dalam gelas, siap dihidangkan atau masukkan ke lemari es 5-10 menit (dingin lebih segar).

68 SANTAN DURIAN Bahan: - 1 buah Durian, - ½ buah kelapa diperas dengan ¾ gelas air panas, - ½ gelas gula pasir, - Sedikit garam. Cara Membuatnya: Santan ditambah garam, diaduk lalu campur dengan daging durian. Santan durian biasa dimakan dengan nasi sebagai pencuci mulut setelah makan.

69 CELENGKONG Bahan: - 1 bgks agar-agar, Bahan: gr gula pasir, - 2 gelas air, - 6 gls air, - 1 ons gula pasir, - 3 btr cengkeh, - Kulit kayu manis, - 2 lmbr daun pandan. Cara Membuatnya: Agar-agar dimasak dengan 2 galas air 1 ons gula pasir sampai mendidih sambil diaduk terus. Setelah mendidih, diangkat lalu di masukkan ke dalam talam dan didiamkan sampai mengeras. Masak 6 gls air, gula pasir, cengkeh, kulit kayu manis dan 1 lembar daun pandan, masak hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan. Agar-agar yang telah mengeras dipotong-potong dadu 1 cm, masukkan kedalam Air gula yang telah dingin, aduk sebentar, isikan ke dalam gelas dan siap dihidangkan (bisa juga ditambah es atau disimpan sebentar di dalam kulkas).

70 BEJANGGO Bahan: - ½ kg ubi jalar Kuah: - ½ kg gula pasir - ¼ kg tepung terigu - 3 gls air - Sedikit garam - Cengkeh & kayu manis - Minyak untuk menggoreng - Garam dan - Daun pandan, Cara Membuatnya: Ubi jalar dikupas, dipotong dan dikukus sampai lunak. Setelah lunak diadon dengan tepung tambah sedikit garam sampai bisa dibentuk dan dibulatkan sebesar kelereng sampai adonan habis lalu goreng dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan minyak. Gula pasir, air, 2 buah cengkeh, sedikit kayu manis, sedikit garam dan 2 lembar daun pandan direbus sampai mendidih dan gula larut. Setelah kuah masak masukkan buah janggo yang telah digoreng kedalam kuah. Setelah dingin siap dihidangkan.

71 AIR MATO PENGANTIN Bahan: - 2 sendok makan biji selasih, - 1 bks agar-agar, - ¼ kg gula pasir, - 1 botol sirup Coco pandan. Cara Membuatnya: Agar-agar dimasak dengan 2 gelas air lalu dinginkan dan diserut memanjang, sisihkan. Biji selasih direndam dengan air panas beberapa menit atau sampai kembang, saring dan sisihkan. Masak gula dengan 2 gelas air sampai gula larut, tambahkan sirup dan air secukupnya, masukkan agar-agar yang telah diserut dan biji selasih, lalu aduk. Hidangkan didalam gelas, boleh ditambah es.

72 PELITO DAUN

73 KUE BADAK

74 BOLU KEMOJO

75 ROTI CANAI

76 KUE TOPUNG GOMAK

77 GULUNG TIKAR (LOPEK INTI)

78 DADAR GULUNG

79 MASAK PUTIH MELAYU (AYAM)

80 SAMBAL TANAK

81 SAMBAL NONEH DAN MACANG

82 ULAM

83 ULAM DAN SAMBAL MACANG

84 ULAM DAN SAMBAL NONEH

85 PENUTUP Demikianlah sekilas informasi tentang Masakan Melayu Riau Khas Pekanbaru, yang sebenarnya sudah banyak diketahui dan dibuat oleh ibu-ibu Ughang Pokan selama ini. Upaya ini terhimpun atas jerih payah beberapa orang pengurus Bidang Pemberdayaan Perempuan LAMR Kota Pekanbaru dan partisipasi ibu-ibu nara sumber. Atas peranan mereka, kami ucapkan terima kasih. Disamping itu kami terbuka untuk menerima kritik yang membangun dan saran- saran dari semua pihak, demi untuk kesempurnaan naskah yang akan kita bakukan.

86 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "MASAKAN MELAYU RIAU KHAS PEKANBARU DISUSUN OLEH: BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN LEMBAGA ADAT MELAYU RIAU KOTA PEKANBARU Disampaikan Oleh: Iwa Sirwani Bibra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google