Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ahmad Fali Oklilas, M.T, Erwin, M.Si, Firdaus, M.Kom, Rossi Passarella, M. Eng, Tasmi, S.Si Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ahmad Fali Oklilas, M.T, Erwin, M.Si, Firdaus, M.Kom, Rossi Passarella, M. Eng, Tasmi, S.Si Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas."— Transcript presentasi:

1 Ahmad Fali Oklilas, M.T, Erwin, M.Si, Firdaus, M.Kom, Rossi Passarella, M. Eng, Tasmi, S.Si Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

2 UJIAN MANUAL UJIAN ONLINE TCEXAM

3 Pengantar Pelatihan pembuatan ujian online sebagai media evaluasi belajar siswa yang diperuntukkan bagi sekolah menengah di kota Indralaya. Dihadiri oleh 12 guru dan teknisi Pelatihan ini ingin memecahkan masalah yang selama ini ujian menggunakan kertas dan koreksi ujian yang manual, dengan sistem ini diharapkan dapat dipermudah dengan online menggunakan komputer dan koreksi bisa langsung pada database sistem.

4 RUMUSAN MASALAH Bagaimana membuat dan menggunakan APLIKASI UJIAN ONLINE yang berbasis teknologi informasi UNTUK MENGUKUR PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK. Bagaimana MENGURANGI KESALAHAN dari sistem ujian PAPER BASE dengan ujian online yang PAPER LESS. Bagaimana MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER DI SEKOLAH dalam proses belajar mengajar.

5 Sasaran Kegiatan (1) Pelatihan ini mengajarkan kepada TEKNISI bagaimana menjadi adminsitrator di LEVEL PERTAMA sistem ujian online.

6 Sasaran Kegiatan (2) Sedangkan GURU yang akan menjadi sebagai LEVEL KEDUA dalam sistem.

7 MENGUKUR HASIL CAPAIAN KEGIATAN PRE TEST DAN POST TEST, dimana hasilnya adalah tercapainya PENINGKATAN PENGETAHUAN yang menunjukkan peserta pelatihan dapat menyerap dan memahami materi pelatihan.

8 METODE KEGIATAN Pembuatan aplikasi ujian online Survey khalayak Pelatihan (Training) Pre testPost test Pemberian aplikasi software ujian online Bimbingan dan konsultasi

9 KESIMPULAN 1. Masih perlunya sosialisasi dan pelatihan secara berjenjang kepada sekolah dari tingkat administrator/teknisi, guru, sampai siswa tentang penggunaan ujian online. 2. Sudah terbangunnya sebuah aplikasi ujian online yang dapat diterapkan kepada sekolah, dan dari pelatihan ini dapat banyak masukkan untuk masa yang akan datang. 3. Aplikasi ujian online memungkinkan dapat diterapkan disekolah-sekolah karena sebagian besar memiliki laboratorium komputer.

10 SARAN Berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari peserta pelatihan, para guru membutuhkan pendampingan untuk menggunakan aplikasi ujian online sebagai media evaluasi ujian siswa sekolah. Dimasa mendatang pelatihan ujian online ini dapat diperbaiki dan dikembangkan dengan perbaikan berupa: Dibuatkan forum atau milis, dan peserta yang diundang 3 orang persekolah: selain guru, juga pegawai administrasi Menjalin kerjasama dengan pihak sekolah, pelatihan periodik minimal 3 bulan sekali, mengevaluasi aplikasi ujian online minimal setahun sekali. Perlu sosialisasi ke guru-guru lain, dan materi dilengkapi lagi dari pengelolaan sampai hasil yang dicapai Perlu pelatihan instalasi server dan pengadministrasian sistem.

11 FOTO KEGIATAN

12 Grafik akses internet di sekolah


Download ppt "Ahmad Fali Oklilas, M.T, Erwin, M.Si, Firdaus, M.Kom, Rossi Passarella, M. Eng, Tasmi, S.Si Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google