Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

P ERSONAL K NOWLEDGE M ANAGEMENT IN E NGINEERING D ESIGN – I SSUES, C ONCEPTS AND A PPLICATIONS Nama: Dini Nurani NPM: 071190.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "P ERSONAL K NOWLEDGE M ANAGEMENT IN E NGINEERING D ESIGN – I SSUES, C ONCEPTS AND A PPLICATIONS Nama: Dini Nurani NPM: 071190."— Transcript presentasi:

1 P ERSONAL K NOWLEDGE M ANAGEMENT IN E NGINEERING D ESIGN – I SSUES, C ONCEPTS AND A PPLICATIONS Nama: Dini Nurani NPM:

2 PENDAHULUAN Insinyur mulai menyadari bahwa sumber daya pengetahuan dan kemampuan mereka sendiri memiliki dampak langsung pada penciptaan produk baru untuk pasar. Ini menjadi jelas bahwa mereka yang memiliki pengetahuan yang lebih luas lebih cepat dengan membawa produk-produk baru. Sebagai konsekuensi pengetahuan teknik profesional menjadi salah satu yang paling penting sumber daya perusahaan. Para peneliti memperhatikan bahwa saat membuat produk baru kekayaan pengetahuan lebih penting daripada metode rekayasa. Karena itu para pembuat keputusan sampai pada kesimpulan bahwa pengetahuan yang diperoleh sekali tidak boleh hilang karena dapat digunakan lagi. Jadi, perusahaan mulai untuk menyimpan pengetahuan untuk penggunaan internal dan penyimpanan dibangun dan manajemen sistem yang terus proses mereka, prosedur, peraturan perusahaan, menyadari proyek, dokumen standar dll

3 PENDAHULUAN ( LANJUTAN..) Informasi dapat berubah menjadi sangat berguna dalam desain proyek masa depan. Tapi banyak dari desainer, kegiatan AOS hanya dilakukan di otaknya dan jarang secara resmi didokumentasikan, yang berarti bahwa bagian dari pengetahuan yang berkembang saat bekerja akan hilang. Seperti disebutkan sebelumnya, latar belakang pengetahuan tentang proyek tertentu sering memiliki relatif rumit struktur [Al06, AK06, Cl06, Mc04, NI04]. Jadi, ketika membangun alat untuk penyimpanan pengetahuan pribadi kita harus bertujuan untuk mewakili struktur dalam cara yang paling dapat diandalkan. Ini juga menyiratkan bahwa kita harus menerima keragaman pengetahuan representasi. Pada kondisi ini perancang akan mampu menyimpan pengetahuannya komputer secara langsung dalam bentuk aslinya. Alat komputer yang diusulkan harus permanen yang digunakan oleh perancang - apakah ia melakukan tugas desain atau mencari untuk proyek-proyek informasi fromearlier cocok.

4 D ESAIN P EMODELAN D AN P ENGETAHUAN Sastra memberikan kita berbagai upaya untuk mengkategorikan pengetahuan teknik. Tujuan utama dariformalizations ini adalah untuk menawarkan kerangka kerja dengan lingkungan yang fleksibel untuk penyimpanan dan pengelolaan pengetahuan dapat diciptakan. Kategorisasi disajikan dalam [Ma01] adalah seharusnya relatif lengkap satu. Mengandung unsur-unsur berikut: terminologi - set terminologi yang digunakan dalam domain tertentu, spesifikasi proyek, batasan umum, desain konseptual - ide, aturan, desain fisik - aspek yang berhubungan dengan bentuk memberi, pemikiran desain, desain proses dalam konteks, yang aturan kegiatan, strategi, asosiasi. elemen Pengetahuan tercantum di atas seringkali terintegrasi dengan komponen yang berbeda menggunakan desain model proses. Sebagian besar model proses desain dibangun sebagai struktur berdasarkan kegiatan atau sub-kegiatan [Po03, Po04] (gbr. 1). Setiap kegiatan memiliki pengetahuan sebagai latar belakang (gbr. 2).

5

6

7 D ESAIN P EMODELAN D AN P ENGETAHUAN ( LANJUTAN..) Banyak implementasi komputer praktis memberikan rencana proses desain. Rencana terdiri dari kegiatan dan sub-kegiatan. Ketika menganalisis menyadari proyek itu menjadi jelas bahwa para desainer seringkali menggambarkan rencana mereka dalam bentuk linear (Gbr.4). Tapi ketika desainer berbicara tentang desain berpotensi realisasi proses maka biasanya satu jenis model labirin yang digunakan yang memungkinkan semua jalur desain mungkin (gbr. 4). Jelas, untuk seorang desainer dan pengetahuannya model labirin - dengan kata lain model yang berpotensi rencana realisasi - adalah tidak statis. Berubah secara bertahap sesuai dengan perancang pengetahuan pembangunan. Begitu berbeda berharga rencana masa lalu - yang terkandung dalam maze Model - juga dapat disimpan di lingkungan pribadi asisten perancang. Setelah memberikan fungsi alat untuk penyimpanan pengetahuan pribadi kita ingin mempertimbangkan tujuan utama dari aplikasi asisten pribadi. Salah satu dasar asumsi adalah bahwa pengetahuan dari desainer individu mengalami semacam evolusi. Berubah dari proyek ke proyek tapi tanpa kehilangan koherensinya

8

9

10 D ESAIN P EMODELAN D AN P ENGETAHUAN ( LANJUTAN..) Pengetahuan disimpan dalam asisten pribadi yang dapat digunakan kembali. Penalaran Berbasis Kasus(CBR) [Po03] adalah salah satu teknik yang paling cocok untuk tujuan itu. Dalam CBR klasikkasus, yaitu solusi terakhir masalah disimpan dalam basis data. Ketika seorang desainerharus memecahkan masalah baru ia dapat mencari basis data untuk kasus yang sama (gbr. 5).Mungkin ia akan memilih kasus yang paling mirip dengan yang ia sebenarnya memiliki untuk memecahkan.Setelah itu desainer biasanya menyesuaikan kasus yang dipilih untuk masalah yang sebenarnya dan membuataplikasi untuk itu. Akhirnya, kasus baru disimpan dalam basis data kasus. Dengandisajikan pendekatan asisten pribadi kita dapat mencari solusi serupa di masa lalupada tingkat aktivitas, sub-kegiatan, komponen mereka serta rencana dan proyek ataubagian dari mereka. Hal ini relatif mudah untuk membangun perangkat lunak atas dasar kesamaan rincitindakan. Ketika tindakan hanya memiliki kesamaan verifikasi, secara keseluruhan dan tuning sulit.Konsep di atas asisten pribadi didasarkan pada penataan tertentu untukpengetahuan teknik dan pendekatan Penalaran Berbasis Kasus. Tapi aplikasilain metode dan teknik seperti arsitektur papan tulis, pertambangan data atau multi-kriteriaoptimasi [Po03, Po04] juga mungkin.

11

12 D ESAIN P EMODELAN D AN P ENGETAHUAN ( LANJUTAN..) Untuk mewakili pengetahuan rekayasa desainer berbagai arketipe yang khas untuk domain tertentu dapat digunakan [Po04]. Penulis telah memenuhi berbagai besar desain nyata proses kehidupan (misalnya dalam pemodelan geometrik atau simulasi) dimana pengetahuan dimodelkan dengan bantuan konsep-konsep yang sangat spesifik dan tidak biasa. Dalam pendapat penulis konsep-konsep ini juga harus tercermin dalam struktur pribadi asisten. Ini mungkin memiliki bentuk tertentu sangat tegas itu.

13 VERIFIKASI DAN IMPLEMENTASI Sejak tahun 2005 penulis telah berkonsentrasi pada masalah bagaimana untuk memperluas kawasan untuk menerapkan konsep asisten pribadi. Satu arah penelitian ditujukan integrasi lebih dalam konsep ini dengan sistem rekayasa yang ada. Mengembangkan konsep dan aplikasi untuk maksud menyangkut masalah berikut: estimasi biaya produksi [Bo05], penjelasan alat untuk Pengetahuan Berbasis Rekayasa (KBE) aplikasi [Po06a], mengotomatisasi generasi informasi dari desain alasan kelas [Po06b], mengintegrasikan multi-kriteria metode optimasi dan alat untuk pengetahuan [PN05, PN06] menyimpan dan kesalahan analisis industri [PC07b]. Mayoritas proyek ini masih di tingkat laboratorium tetapi dibandingkan dengan aplikasi yang dikembangkan di 90-an mereka jauh lebih terintegrasi - hampir sepenuhnya tertanam - dengan konteks model masalah desain tertentu dan mereka melibatkan isu-isu penting dari masing-masing domain. Isu-isu tentang penerapan asisten pribadi dalam terdistribusi lingkungan disajikan di koran [PN06, Po06a].

14 VERIFIKASI DAN IMPLEMENTASI ( LANJUTAN..) Transaksi contoh pertama dengan masalah optimasi multi-disiplin mana yang berbeda sub-masalah yang dimodelkan dan dikendalikan oleh orang yang memiliki spesialisasi dalam domain yang berbeda dan yang tidak di kedekatan fisik. Contoh kedua adalah dimaksudkan untuk menjadiuntuk situasi dimana Pengetahuan Berdasarkan Rekayasa (KBE) aplikasi yang digunakan oleh non- penulis yang tidak bekerja di sama tempat sebagai penciptanya. Peran aplikasi untuk membantu untuk memahami fungsi aplikasi KBE. Akuisisi pengetahuan dilakukan atas dasar dari abstraksi domain dan tidak hanya pada tingkat variabel aplikasi. Domain abstraksi tersebut kemudian disimpan sesuai dengan dinamika perkembangan mereka. [PC07a] menyajikan konsep baru antarmuka grafis asisten pribadi seorang desainer.Hal ini didasarkan pada sebuah "garis waktu" yang disebut dan mirip dengan antarmuka yang digunakan dalam multimediaensiklopedi namun dengan kemungkinan untuk mempersingkat waktu sumbu dinamis. Gambar 6menunjukkan konsep panel asisten pribadi.

15

16 VERIFIKASI DAN IMPLEMENTASI ( LANJUTAN..) Selain antarmuka, penerapan solusi ontologi baru berdasarkan [Da05, GR 94,Gu05, Ha06, Hi07, Ki06, Ki04, Ko06, KV06, Li06, Ya05a, Ya05b], metode dan alat memainkan peran yang sangat penting dalam pelaksanaan asisten pribadi. Dalam kesalahandiagnosis masalah [PC07b] kami mencoba untuk mengembangkan modul berdasarkan ActiveKB sistem [Ac07].

17 KESIMPULAN Konsep yang disajikan dari asisten pribadi seorang insinyur dimaksudkan sebagai alat untuk individu desainer. Hal ini menawarkan kemungkinan mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan dan informasi yang terakumulasi dalam perjalanan karier profesional desainer. Konsep yang dikembangkan mencoba mengintegrasikan dokumentasi proyek, ini berarti hasil dariinsinyur bekerja, bersama dengan alat-alat insinyur yang didasarkan pada kedua - nyapengetahuan dan pengalaman. Tujuan akhir dari konsep ini adalah untuk mengurangi usaha yang diperlukan untuk membuat desain dasar pemikiran catatan. Di masa mendatang aplikasi ini diharapkan untuk menyimpan refleksi yang relatif lengkapinsinyur pengetahuan dan perkembangan evolusi nya. Menurut penulispengalaman konsep yang disajikan dan komponen yang tidak diperlukan dalam semua kasus, tetapi merekadapat berfungsi sebagai semacam toolbox. Implementasi sudah dirilis membuktikan kegunaan praktis dariseluruh pendekatan. Namun, percobaan pada skala industri yang lebih luas masih diperlukan.


Download ppt "P ERSONAL K NOWLEDGE M ANAGEMENT IN E NGINEERING D ESIGN – I SSUES, C ONCEPTS AND A PPLICATIONS Nama: Dini Nurani NPM: 071190."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google