Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metode Desain [I] Materi minggu II. “Design is a process” Designer is a problem solver, bukan tukang setting!

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metode Desain [I] Materi minggu II. “Design is a process” Designer is a problem solver, bukan tukang setting!"— Transcript presentasi:

1 Metode Desain [I] Materi minggu II

2 “Design is a process” Designer is a problem solver, bukan tukang setting!

3 Perlu analisa...nggak asal eksekusi.

4 Masalah “Gap/selisih/penyimpanga n antara apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang terjadi.”

5 Fenomena “Tanda ada atau tidaknya suatu masalah.” Terukur Terdokumen dengan baik Bisa diamati

6 .Masalah yang Baik. 1.Mengandung urgensi 2.Terukur 3.Bukan persepsi/opini peneliti (desainer) 4.Secara umum diakui benar

7 Metode Desain [I] Materi minggu III

8 1.Menyumbang gagasan tentang suatu masalah perancangan untuk menjadi anggota tim brainstorming 2.Menetapkan aturan bahwa tidak diizinkan mengkritik gagazan yang dikemukakan orang lain, yang ekstrim pun diterima. Brain- storming

9 3. Gagasan dibuat sebanyak mungkin dan hasil gagasan seluruh anggota tim digabungkan agar menjadi gagasan yang layak (feasible) 4. Seluruh gagasan yang muncul dirangkum dan diformulasikan menjadi kesimpulan tim.

10 S.W.O.TS.W.O.T Analisis dipergunakan untuk menilai dan menilai ulang (re-evaluasi) yang telah diputuskan sebelumnya dengan tujuan meminimumkan risiko yang mungkin timbul. Caranya adalah dengan menginventarisasi sebanyak mungkin: Strength (kekuatan)Opportunity (peluang) Weakness (kelemahan)Threat (ancaman)

11 Cost-Benefit analysis Cost: beban| Benefit: dampak positif Prinsip analisis hampir sama dengan SWOT, hanya saja memperbandingkan segala konsekuensi yang timbul dari setiap alternatif yang bersifat negatif (cost) maupun positif (benefit).

12 Cost-Benefit analysis “Pembangunan kota satelit untuk pemukiman baru di wilayah pinggir kota” Benefit (dampak positif) Pertambahan jumlah rumah tinggal Mengurangi kemacetan lalu lintas di pusat kota Peningkatan aktivitas perekonomian & lapangan kerja Kualitas lingkungan fisik permukiman yang lebih sehat dan nyaman Harga diri atau gengsi yang ditawarkan bila tinggal di permukiman baru tersebut CONTOH

13 Cost-Benefit analysis “Pembangunan kota satelit untuk pemukiman baru di wilayah pinggir kota” Cost (dampak negatif) Biaya pembebasan lahan/ganti rugi tanah Biaya pematangan lahan & jalan, listrik, air Biaya pembangunan rumah tinggal Kerusakan lingkungan/daerah resapan air hujan, konservasi flora & satwa langka Marginalisasi pemilik lahan/penduduk asli CONTOH

14 Mari Mencari & Mengurai Masalah Topik 1.Menurunnya angka keikutsertaan masyarakat dalam Pemilukada 2.Pembangunan pusat perbelanjaan baru di Surabaya 3.Kekerasan dalam peliputan jurnalis (kasus SMA 6 Jaksel) 4.Kebakaran Balai Pemuda


Download ppt "Metode Desain [I] Materi minggu II. “Design is a process” Designer is a problem solver, bukan tukang setting!"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google