Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

www.nurudin.staff.umm.ac.id Siapakah orang yang dimaksud?  “AYAH ORANG INI ADALAH AYAH ANAK SAYA YANG AYAHNYA SEDANG SAKIT DIOBATI ANAK TETANGGA SAYA”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "www.nurudin.staff.umm.ac.id Siapakah orang yang dimaksud?  “AYAH ORANG INI ADALAH AYAH ANAK SAYA YANG AYAHNYA SEDANG SAKIT DIOBATI ANAK TETANGGA SAYA”"— Transcript presentasi:

1

2

3 Siapakah orang yang dimaksud?  “AYAH ORANG INI ADALAH AYAH ANAK SAYA YANG AYAHNYA SEDANG SAKIT DIOBATI ANAK TETANGGA SAYA”

4 1. Kejelasan (clarity)  Dapat dibaca dan dimengerti pembaca  Tidak menimbulkan salah tafsir  Ide tidak samar-samar/kabur (jelas)  “tiga blok belok kanan, 2 belok kiri, nomor 30”  “AYAH ORANG INI ADALAH AYAH ANAK SAYA YANG AYAHNYA SEDANG SAKIT DIOBATI ANAK TETANGGA SAYA”

5 Asas Kejelasan (HW Fowler)  Pakai kata umum, bukan kata khusus.  Konkrit, bukan abstrak  Tunggal, bukan panjang lebar  Pendek, bukan panjang (lihat contoh)  Bahasa sendiri, bukan bahasa asing (lihat contoh)

6 2. Keringkasan (consiseness) BBukan harus pendek tapi tak ada kata2, kalimat2, ungkapan2 berlebihan. (Tidak menghamburkan kata secara semena-mena, tidak mengulang, tak berputar-putar dalam menyampaikan gagasan)

7 3. Ketepatan (correctness)  Suatu penulisan harus dapat menyampaikan butir gagasan kepada pembaca dengan kecocokan seperti yang dimaksud penulisnya (tak disalahartikan oleh pembaca)

8 4. Kesatupaduan (Unity)  Satu gagasan pokok dalam 1 alenia/paragraf (lihat contoh)

9 5, Pertautan (coherence)  Antar bagian bertautan satu sama lain (antar alenia atau kalimat)-  sering kali terjadi jika tulisan itu kompilasi.

10 6. Penegasan (emphasis)  Adanya penonjoan/punya derajat perbedaan antar bagian


Download ppt "www.nurudin.staff.umm.ac.id Siapakah orang yang dimaksud?  “AYAH ORANG INI ADALAH AYAH ANAK SAYA YANG AYAHNYA SEDANG SAKIT DIOBATI ANAK TETANGGA SAYA”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google