Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 METODOLOGI PENELITIAN. PENDAHULUAN 2 Apakah penelitian itu ? Pada dasarnya, manusia selalu ingin tahu dan ini mendorong manusia untuk bertanya dan mencari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 METODOLOGI PENELITIAN. PENDAHULUAN 2 Apakah penelitian itu ? Pada dasarnya, manusia selalu ingin tahu dan ini mendorong manusia untuk bertanya dan mencari."— Transcript presentasi:

1 1 METODOLOGI PENELITIAN

2 PENDAHULUAN 2 Apakah penelitian itu ? Pada dasarnya, manusia selalu ingin tahu dan ini mendorong manusia untuk bertanya dan mencari jawaban atas pertanyaan. Salah satu cara untuk mencari jawaban adalah dengan mengadakan penelitian. Cara lain yg lebih mudah adalah bertanya pada seseorang atau bertanya pada buku, tapi tidak selalu dapat memberikan jawaban atau kita mungkin dapat jawaban yang tidak memuaskan.

3 Apakah penelitian itu ? 3 Penelitian sering dicampuradukan dengan : pengumpulan data atau informasi, studi pustaka, kajian dokumentasi, penulisan makalah, dsb. Kata penelitian atau riset sering juga dikonotasikan dengan bekerja secara eksklusif menyendiri di laboratorium, di perpustakaan, dan lepas dari kehidupan sehari-hari. Pengertian penelitian tersebut di atas adalah suatu pengertian penelitian yg salah.

4 Apakah penelitian itu ? 4 Secara umum, ada 4 (empat) pengertian penelitian yang salah, yaitu : (1). Penelitian bukan hanya mengumpulkan data/informasi. (2). Penelitian bukan hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke tempat lain. (3). Penelitian bukan hanya membongkar-bongkar mencari informasi. (4). Penelitian bukan suatu kata besar untuk menarik perhatian

5 Apakah penelitian itu ? 5 Contoh : 1. a. Seorang mahasiswa mengajukan usul (proposal) penelitian untuk “meneliti” sudut kemiringan sebuah menara pemancar TV di kotanya. Ia mengusulkan untuk meng- gunakan peralatan canggih dari bidang keteknikan untuk mengukur kemiringan menara tersebut.

6 Apakah penelitian itu ? 6 b. Para siswa suatu SD kelas 4 diajak guru- nya untuk melakukan “penelitian” di per- pustakaan. Salah seorang siswa mempe- lajari tentang Columbus dari beberapa buku. Sewaktu pulang ke rumah, ia me- lapor kepada ibunya bahwa ia baru saja melakukan penelitian tentang Columbus.

7 Apakah penelitian itu ? 7 2. Seorang mahasiswa telah menyelesaikan sebuah makalah tugas “penelitian” tentang teknik-teknik pembangunan tinggi di Plg. Ia telah berhasil pengumpulkan banyak artikel dari suatu majalah konstruksi bangunan dan secara sistematik melaporkannya dalam makalahnya, dengan teknik acuan yg benar. Ia mengira telah melakukan suatu penelitian dan menyusun suatu makalah penelitian.

8 Apakah penelitian itu ? 8 3. Seorang Menteri menyuruh stafnya untuk memilih empat kabupaten/kota di wilayah Indonesia Timur yg memenuhi beberapa kreteria untuk diberi bantuan pembangunan prasarana dasar perkotaan. Stafnya tersebut berfikir bahwa ia harus melakukan “penelitian”. Ia pergi ke kantor BPS, membongkar arsip/ dokumen statistik kabupaten/kota yg ada di IBT tersebut. Dengan membandingkan data statistik yg terkumpul dengan kreteria yg diberi oleh Menteri, ia berhasil memilih empat kabupaten/kota yg memenuhi kreteria tersebut. Staf tersebut melaporkan hasil “penelitiannya” ke Menteri.

9 Apakah penelitian itu ? 9 4.a. Kata “..penelitian” sering dipakai oleh surat kabar, majalah populer, dan iklan untuk menarik perhatian (“mendramatisir). Misal-nya, berita di surat kabar : “Presiden akan melakukan penelitian terhadap PANGDAM yg ingin “mempreteli” kekuasaan Presiden. b. Berita : “semua anggota DPRD tidak perlu lagi menjalani penelitian khusus” c. “Produk ini merupakan hasil penelitian bertahun-tahun (padahal hanya dirubah formulanya dan namanya diganti agar konsumen tdk bosan).

10 Pengertian Penelitian 10 Menurut Leedy (1977), penelitian adalah suatu proses untuk mencapai (secara sistematik dan didukung oleh data) jawaban terhadap suatu pertanyaan, penyelesaian terhadap per- masalahan, atau pemahaman yang dalam terhadap suatu fenomena. Proses tersebut yg sering disebut sebagai metodologi penelitian.

11 Pengertian Penelitian 11 Menurut Rusidi (2002), penelitian adalah upaya menemukan jawaban yang benar terhadap suatu masalah dalam rangka menyusun, menerapkan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menggunakan metode-metode tertentu menurut prosedur yang sistematis yang ber-guna bagi masyarakat ilmiah khususnya dan masyarakat pengguna pada umumnya.

12 Karakteristik Penelitian 12 Menurut Rusidi (2002), karakteristik penelitian ada 8 macam, yaitu : 1. Penelitian dimulai dgn suatu pertanyaan atau permasalahan. 2. Penelitian memerlukan pernyataan yg jelas tentang tujuan. 3. Penelitian mengikuti rancangan prosedur yg spesifik. 4. Penelitian biasanya membagi permasalahan utama menjadi sub-sub masalah yg lebih dapat dikelola.

13 Karakteristik Penelitian 13 5.Penelitian diarahkan oleh permasalahan, pertanyaan, atau hipotesis penelitian yg spesifik. 6. Penelitian menerima asumsi kritis tertentu. 7.Penelitian memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dalam upaya untuk mengatasi permasalahan yg mengawali penelitian. 8. Penelitian adalah alamiah, berputar secara siklus, atau konsisten.

14 Karakteristik Penelitian 14 Cooper (2003) serta Cooper dan Emory (1996) menyatakan karakteristik penelitian bisnis yang baik harus memiliki hal- hal sebagai berikut : 1. Clear and Specific Purposes : masalah dan tujuan penelitian harus dirumuskan dengan betul, jelas, dan spesifik sehingga tidak menimbulkan berbagai penafsiran. 2. Exactitude or Rigor : dilakukan dengan hati-hati, cermat, dan teliti.

15 Karakteristik Penelitian Emperical or testability : hasil penelitian dpt diuji dan dikaji kebenarannya. 4. Replicability : prosedur penelitian perlu dijabarkan secara rinci sehingga orang lain dapat memahami, dapat melaksanakan penelitian tersebut dan dapat mengulanginya tanpa hrs berkonsultasi dengan penelitinya. 5. Precision and confidence : jika dihubungkan dengan populasi dan sampel, maka penelitian itu memiliki ketepatan atau akurasi dan keya-kinan yg tinggi.

16 Karakteristik Penelitian Valid, reliable and objective : prosedur peneli-tian harus dibuat dengan sangat teliti dan hati-hati sehingga dapat menghasilkan data penelitian yang valid, reliable, dan objektif. 7. Complate report : laporan harus ditulis lengkap, sistematis sesuai dengan prosedur rancangan serta mampu memberikan saran-saran untuk memecahkan masalah berdasar-kan temuan yang ada.

17 Karakteristik Penelitian Generalizability : analisis data harus dijelas-kan dengan tepat, mengapa metode analisis tersebut digunakan sehingga mampu mem-buat generalisasi hasil penelitian. 9. Objective : setiap kesimpulan yg diberikan hrs berdasarkan data penelitian, jangan membuat kesimpulan berdasarkan anggapan atau pendapat sendiri. Kesimpulan jangan dibuat seolah-olah jatuh dari langit begitu saja.

18 Karakteristik Penelitian Parsimony : penelitian harus bersifat hemat, baik yg ditulis maupun pelaksanaannya. Untuk dapat berlaku hemat, maka peneliti harus berwawasan luas, memiliki banyak pengetahuan tentang penelitian. 11. Consistency : Baik kata maupun ungkapan istilah penelitian harus selalu sama. Misal-kan peneliti telah memilih untuk mengguna- kan kata “riset”, maka seluruh bagian pene-litian dimulai dari proposal sampai dengan laporan hasil penelitian juga harus diguna-kan istilah “riset” jangan berganti dengan kata “penelitian”.

19 Karakteristik Penelitian Coherency : penelitian harus terdapat hubungan yg jalin menjalin (saling mengisi) antara bagian yg satu dengan bagian lain-nya. 13. Integrity : hasil penelitian akan lebih diperca-ya bila tingkat pengetahuan, reputasi dan integritas peneliti cukup baik.

20 Persyaratan Penelitian 20 Persyaratan Penelitian Ada 3(tiga) persyaratan penting dalam menga-dakan kegiatan penelitian, yaitu : 1. Sistematis : penelitian dilaksanakan menurut pola tertentu, dari yg paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efek- tif dan efisien. 2. Berencana : penelitian dilaksanakan dengan adanya unsur dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.

21 Persyaratan Penelitian Mengikuti konsep ilmiah : mulai dari awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yg sudah ditentukan, yaitu prinsip- prinsip yg digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

22 Penelitian - Kegiatan Ilmiah 22 Syarat-syarat penelitian merupakan kegiatan ilmiah : 1. Sistematis 2. Bersifat universal 3. Objektif 4. Dapat diverifikasi oleh semua pihak 5. Komunikatif 6. Progresif 7. Kritis

23 Tujuan Penelitian 23 Terdapat bermacam tujuan penelitian, dipan-dang dari usaha untuk membatasinya : 1. Eksplorasi (exploration) 2. Deskripsi (description) 3. Prediksi (prediction) 4. Eksplanasi (explanation) 5. Aksi (ection)

24 Etika Penelitian 24 Etika penelitian yg perlu ditaati oleh para peneliti : 1. Bidang yg diteliti sesuai dengan keahlian peneliti. 2. Peneliti harus merahasiakan semua informasi yang diperoleh dari responden. 3. Peneliti tidak menuntut responden utk bertanggung jawab atas informasi yg telah disampaikannya.

25 Etika Penelitian Peneliti tidak memaksakan kehendaknya agar responden memberikan informasi kepadanya. 5. Peneliti tidak merubah-rubah informasi responden dengan pengertian yg berbeda atau bertolak belakang atau mengganti angka-angka di dalam tabulasi data yg berbeda dengan angka-angka yang se- benarnya.

26 HUBUNGAN PENELITIAN DENGAN PERANCANGAN 26 Hasil penelitian, antara lain berupa teori, di-sumbangkan ke khazanah ilmu pengetahuan, sedangkan ilmu yg ada di khazanah tersebut dimanfaatkan oleh para perancang/peren- cana/pengembangan untuk melakukan ke-giatan dalam bidang keahliannya. Menurut Zeisel (1981), perancangan mem-punyai 3 (tiga) langkah utama, yaitu : imaging, presenting, dan testing.

27 Hubungan Penelitian ….. 27 Perancangan/perencanaan/pengembangan selain menggunakan pengetahuan dari khazanah ilmu pengetahuan, juga memper-timbangkan hal-hal lain, seperti estitika, perhitungan ekonomis, dan kadang-kadang pertimbangan politis, dan lain-lain.


Download ppt "1 METODOLOGI PENELITIAN. PENDAHULUAN 2 Apakah penelitian itu ? Pada dasarnya, manusia selalu ingin tahu dan ini mendorong manusia untuk bertanya dan mencari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google