Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ninawati 1 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF kualitatif analisis dan interpretasi ninawati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ninawati 1 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF kualitatif analisis dan interpretasi ninawati."— Transcript presentasi:

1 ninawati 1 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF kualitatif analisis dan interpretasi ninawati

2 2 pengantar  Intinya analisis kualitatif mentransformasi data menjadi/dalam temuan.  Bagaimana cara mentransformasikan tidak ada formulanya.  Guidance ada, tetapi resepnya tidak ada, karena hal itu tergantung dari keunikan masing-masing peneliti. Salah satu yang harus diingat melakukan yang terbaik secara intelektual untuk merepresentasikan data dan mengkomunikasikannya sesuai dengan tujuan penelitian.

3 ninawati 3 pengantar  Masing-masing studi kualitatif itu unik maka analisisnya pun unik pula, tergantung pada skill, training, insight, capability peneliti. Dengan demikian analisisnya tergantung pada intelektual analisis dan gaya peneliti. Factor manusia (human factor) menjadi kekuatan sekaligus kelemahan.  Peneliti berkewajiban memonitor dan melaporkan prosedur analisisnya dan prosesnya sejujur- jujurnya. Dengan demikian analisis kualitatif adalah cara di mana peneliti mengobservasi langkah-langkahnya selama dia melakukan analisis.

4 ninawati 4 When does analysis begin?  Selama ini diketahui ada perbedaan yang tajam antara pengumpulan data dan analisis, tetapi dalam penelitian kualitatif dapat dikatakan tidak ada.  Sejak pengumpulan data, sudah mulai analisis. Ide, pola, tema yang ditemukan pada pengumpulan data harus dicatat (termasuk hipotesis). Ada dua hal yang harus diingat tentang analisis:  pertanyaan yang muncul ketika mengkonsep atau mendesain penelitian (terutama di lapangan)  insight analisis dan interpretasi yang muncul saat pengumpulan data

5 ninawati 5 A. thick description deskripsi yang kaya menjadi dasar analisis kualitatif  Story telling approach: - Chronology and history - Chronology and history - Flashback - Flashback  Cases study approach - People - People - Critical incident - Critical incident - Various settings - Various settings  Analytical frame work approaches - Processes - Processes - Issue - Issue - Question - Question - Sensitizing concept - Sensitizing concept

6 ninawati 6 B. case studies  Bukan pilihan metodologi tetapi pilihan apa yang diteliti  Menunjukkan pada proses juga hasil produknya untuk analisis. Misalnya (exhibit 8.4) From data to case study  Step 1: assemble row data, semua informasi dikumpulkan  Step 2: construct a case record, data diorganisasi, diklasifikasi dan diedit menjadi file yang dapat di- manage (tergantung dari kompleksitasnya, semakin kompleks semakin banyak klasifikasinya)  Step 3: write final case study narrative, dilaporkan dengan bermacam-macam cara (pilih yan tepat)

7 ninawati 7 C. Pattern, theme, content analysis  Induktif dan deduktif  Indigenous concept and practice, mengidentifikasi atau mengkategorisasi tema- tema yang digunakan oleh subyek sendiri. Contoh: ada proyek pemerintah untuk menghentikan perilaku bar-bar pada masyarakat Dhani tentang kebiasaan memotong jari. Padahal menurut masyarakat ini bukan bar-bar, tetapi penghormatan kepada saudara yang sudah meninggal.


Download ppt "Ninawati 1 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF kualitatif analisis dan interpretasi ninawati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google