Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masalah yang sering dihadapi Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masalah yang sering dihadapi Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari."— Transcript presentasi:

1 Masalah yang sering dihadapi Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari manakah dana sumber pembiayaan investasi itu diperoleh ? 3.Berapa besar kas yang harus selalu ada ? 4.Kredit macam apa untuk konsumen? 5.Berapa persediaan harus dipertahankan ?

2 masalah 6. Haruskah laba yang diperoleh dipertahankan diinvestasikan atau dibagikan 7. Bagaimana kebijakan deviden yang optimal 8. Bagaimana keseimbangan antara resiko dan tingkat keuntungan.

3 Tugas Manajer Keuangan Secara garis besar tugas manajer keuangan menyangkut : 1.Keputusan investasi (Use of funds) 2.Keputusan pemenuhan kebutuhan dana (source of funds) 3.Kebijakan deviden (devidend Policy)

4 Definisi Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien. Fungsi utama manajer Keuangan : 1.Pengambilan keputusan investasi 2.Pengambilan keputusan pembelanjaan 3.Kebijakan deviden

5 Fungsi utama Fungsi pertama menyangkut tentang keputusan alokasi dana baik dana yang berasal dari dalam perusahaan maupun dana yang beasal dari luar perusahaan pada berbagi bentuuk investasi. Dengan kata lain investasi macam apa yang paling baik bagi perusahaan.

6 Fungsi kedua, manajer keuangan berfungsi sebagai pengambil keputusan pembelanjaan atau pembiayaan investasi. Keputusan ini menjawab ppertanyaan : - Bagaimana pembiayaan perusahaan yang optimal. - Bagaimana memperoleh kebutuhan dana yang efisien. - Bagaimana komposisi sumber dana optimal yang harus dipertahankan ? - Apakah perusahaan seharusnya menggunakan modal pinjaman atau modal sendiri ? - Adakah pengaruh pembiayaan perushaan terhadap nilai perusahaan ?

7 Fungsi ketiga seorang manjer keuangan adalah kebijakan deviden. Kebijakan deviden pada prinsipnya menyangkut tentang keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan seharusnya dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk deviden kas, pembelian kembali saham atau sebaiknya laba tersebut ditahan (dalam bentuk laba ditahan) untuk pembiayaan investasi di masa yang akan datang.

8 Maksimisasi Profit Tujuan pokok yang ingin dicapai manajer keuangan adalah memaksimumkan profit. Namun perlu disadari bahwa tujuan ini mengandung banyak kelemahan. 1.Standar ekonomi mikro dengan memaksimumkan profit adalah besifat statis karena tidak memperhatikan dimensi waktu. 2.Pengertian profit, apakah perusahaan harus memaksimumkan jumlah profit atau tingkat profit.

9

10

11

12

13

14


Download ppt "Masalah yang sering dihadapi Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google