Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MSDMbudiarsa dharmatanna1 KOMPENSASI MSDMbudiarsa dharmatanna2 Pengertian? “Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang, langsung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MSDMbudiarsa dharmatanna1 KOMPENSASI MSDMbudiarsa dharmatanna2 Pengertian? “Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang, langsung."— Transcript presentasi:

1

2 MSDMbudiarsa dharmatanna1 KOMPENSASI

3 MSDMbudiarsa dharmatanna2 Pengertian? “Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang, langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan”.

4 MSDMbudiarsa dharmatanna3 Pentingnya Kompensasi Dari sudut Karyawan: Besarnya kompensasi mencerminkan status, pengakuan, dan tingkat kebutuhan yang dinikmati oleh karyawan bersama keluarganya. Jika balas jasa yang diterima karyawan semakin besar berarti jabatannya semakin tinggi, statusnya semakin baik, dan pemenuhan kebutuhan yang dinikmatinya semakin banyak pula. Dengan demikian, kepuasan kerjanya juga semakin baik. Di sinilah letak pentingnya kompensasi bagi karyawan sebagai penjual tenaga.

5 MSDMbudiarsa dharmatanna4 Dari Sudut Perusahaan Kompensasi merupakan pengeluaran dan biaya bagi perusahaan. Perusahaan mengharapkan agar kompensasi yang dibayarkan memperoleh imbalan prestasi kerja yang lebih besar dari karyawan. Jadi. Nilai prestasi kerja karyawan harus lebih besar dari kompensasi yang dibayar perusahaan, supaya perusahaan mendapatkan laba dan kontinuitas perusahaan terjamin.

6 MSDMbudiarsa dharmatanna5 Program Konpensasi atau balas jasa umumnya bertujuan untuk kepentingan perusahaan, karyawan dan pemerintah/masyarakat. Agar tujuan tercapai dan memberikan kepuasan bagi semua pihak, hendaknya program kompensasi ditetapkan berdasarkan prinsip adil dan wajar, undang-undang perburuhan, serta memperhatikan internal dan eksternal konsistensi.

7 MSDMbudiarsa dharmatanna6 Beberapa Konsep  Kompensasi Langsung : gaji, upah, dan upah insentif  Kompensasi Tdk Langsung : kesejahteraan karyawan  Gaji : balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap.  Upah : balas jasa yang dibayarkan kepada pekerja harian dengan berpedoman pada perjanjian yg disepakati.  Upah insentif : tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya di atas prestasi standar  Benefit & Service : kompensasi tambahan untuk semua karyawan utk meningkatkan kesejahteraan

8 MSDMbudiarsa dharmatanna7 Tujuan Kompensasi?  Menjalin ikatan kerjasama formal antara perusahaan dan karyawan  Karyawan dapat memenuhi kebutuhan dan memperoleh kepuasaan kerja.  Mendukung efektifitas pengadaan karyawan  Untuk Memotivasi karyawan  Menjamin stabilitas karyawan  Meningkatkan disiplin  Menghindari pengaruh serikat buruh  Menghindari intervensi pemerintah.

9 MSDMbudiarsa dharmatanna8 Asas Kompensasi ? Asas Adil “Besarnya kompensasi yang dibayar kepada setiap karyawan harus sesuai dengan prestasi kerja, jenis pekerjaan, resiko pekerjaan, tanggung jawab, jabatan dan memenuhi internal konsistensi” Asas Layak dan Wajar “Besarnya kompensasi yang diterima karyawan dapat memenuhi kebutuhan pada tingkat normatif yang ideal, berdasarkan batas upah minimal pemerintah dan eksternal konsistensi yang berlaku”

10 MSDMbudiarsa dharmatanna9 Metode Kompensasi  Metode Tunggal “Metode penetapan gaji pokok hanya berdasarkan ijazah terakhir pendidikan formal karyawan ybs” Misal : Ijazah S1 golongan gaji III-A  Metode Jamak “Metode penetapan gaji pokok berdasarkan beberapa pertimbangan seperti ijazah, sifat pekerjaan, pendi- dikan informal, bahkan hubungan keluarga, dll”

11 MSDMbudiarsa dharmatanna10 Sistem Kompensasi  SISTEM WAKTU “kompensasi ditetapkan berdasarkan standar waktu seperti jam, minggu, atau bulan” Kebaikan : mudah & besarnya tetap Kelemahan : pekerja malas juga dibayar sama.  SISTEM HASIL (OUT PUT) “kompensasi ditetapkan berdasarkan unit yg dihasilkan pekerja” Kebaikan : memotivasi karyawan, adil Kelemahan : kualitas barang sering diabaikan  SISTEM BORONGAN “kompensasi berdasarkan volume dan lama pekerjaan” Besar/Kecil kompensasi tergantung pada kecermatan kalkulasi yg dilakukan.

12 MSDMbudiarsa dharmatanna11 Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi Penawaran & Permintaan TK Kemampuan dan Kesediaan Perusahaan Serikat Buruh Produktivitas Kerja Karyawan Pemerintah dg U.U. & Keppresnya Biaya Hidup Posisi Jabatan Karyawan Pendidikan & Pengalaman Karyawan Kondisi Perekonomian Nasional Jenis dan Sifat Pekerjaan.


Download ppt "MSDMbudiarsa dharmatanna1 KOMPENSASI MSDMbudiarsa dharmatanna2 Pengertian? “Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang, langsung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google