Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRIMA AULIA, 1550404038 Studi Deskriptif Tentang Motivasi Konservasi Kebudayaan Pada Masyarakat Salappa Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRIMA AULIA, 1550404038 Studi Deskriptif Tentang Motivasi Konservasi Kebudayaan Pada Masyarakat Salappa Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten."— Transcript presentasi:

1 PRIMA AULIA, Studi Deskriptif Tentang Motivasi Konservasi Kebudayaan Pada Masyarakat Salappa Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Mentawai

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PRIMA AULIA - NIM : PRODI : Psikologi - JURUSAN : Psikologi - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - LaLoK_Scorpio pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sugeng Hariyadi, M.S. - PEMBIMBING 2 : Siti Nuzulia, S.Psi., M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul Studi Deskriptif Tentang Motivasi Konservasi Kebudayaan Pada Masyarakat Salappa Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Mentawai

4 Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya revolusi kebudayaan yang terjadi pada tahun an, dimana pemerintah menyuruh masyarakat Mentawai termasuk dusun Salappa’ untuk meninggalkan kebudayaan arat sabulungan atau mereka ditahan oleh pihak kepolisian. Budaya yang telah berlangsung terun-temurun itu mengalami sebuah pergeseran kebudayaan yang belum siap diterima oleh masyarakat sehingga mereka mengalami keterkejutan budaya (cultural shock) berakibat pada berbagai aspek kehidupan. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mencegah agar kebudayaan tradisional Mentawai ini tidak hilang namun dari kenyataan yang terjadi dilapangan sekarang dapat diakatakan bahwa usaha-usaha itu belum sepenuhnya berhasil. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana motivasi konservasi kebudayaan pada masyarakat dusun Salappa’. Sebuah dusun yang terletak sangat terpencil di kepulauan Siberut Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konservasi kebudayaan pada masyarakat Dusun Salappa’, Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini melibatkan 54 orang masyarakat Dusun Salappa’ yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala motivasi konservasi kebudayaan yang terdiri dari 90 aitem. Uji validitas menggunkan rumus product moment didapatkan 51 aitem yang valid dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha diperoleh tingkat reliabilitas sebesar 0,866. Hasil motivasi konservasi kebudayaan pada masyarakat Dusun Salappa dengan menggunakan mean teoritis dan standar deviasi teoritis didapatkan 51,85% responden berada pada kategori tinggi, dan 37,04% responden berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Dusun Salappa’ memiliki motivasi konservasi kebudayaan yang tinggi cenderung sangat tinggi. Saran yang danjurkan dalam penelitian ini adalah lebih memperkenalkan kebudayaan Mentawai pada ajang-ajang promosi kebudayaan baik itu yang diadakan didalam negeri dan luar negeri, dan lebih banyak melakukan pementasan-pementasan kebudayaan. Selain itu pemerintah melalui dinas pendidikannya seharusnya mengajarkan kebudayaan tradisional disekolah-sekolah melalui program muatan lokal ataupun ekstrakurikuler.

5 Kata Kunci Motivasi konservasi kebudayaan.

6 Referensi Anni, Catharina T Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta : Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. ______________, Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Chaplin, J.P Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Press. Hamalik, Oemar Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo Hernawati, Tarida Mongan Poula (Nuansa Kebudayaan Samar-samar). Padang : Yayasan Citra Mandiri. _______________ Salappa’ (Antara Alam, Kehidupan dan Jiwa). Padang : Yayasan Citra Mandiri. _______________ Saumanganya’ (Hendak ke Mana). Padang : Yayasan Citra Mandiri. _______________ Saureinu’(Sesuatu yang Hilang). Padang : Yayasan Citra Mandiri. Horton, P.B dan C.L, Hunt Sosiologi (jilid 1). Jakarta : Gelora Aksara Pratama. (diunduh pada tanggal 7 juni 2008) (diunduh pada tanggal 7 juni 2008) Appache (diunduh pada tanggal 9 juni 2008) Koentjaraningrat Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : PT Rineka Cipta. Munandar, A.S Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Universitas Indonesia Press. Nazir, Moh Metode Penelitian. Jakarta: Gahlia Indonesia. Nurmatias Pelestarian Dan Pemamfatan Budaya Intangibe. Padang : Departemen dan Pariwisata. Purwanto, M.N Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Rianto, Yatim Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Tinjauan Dasar. Surabaya : SIC. Ruseffendi Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Press. Schefold, Reimar Mainan Bagi Roh (Kebudayaan Mentawai). Jakarta : Balai Pustaka. Siagian, S.P Bunga Rampai Manajemen Modern. Jakarta : PT. Gunung Agung. Sidharta dan Budihardjo, Eko Konservasi Lingkungan dan Bangunan Kuno Bersejarah di Surakarta. Yogyakarta : Gajah Mada University Press. Sihombing, Herman Mentawai. Jakarta : Pradnya Paramita. Sutomo Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES Press. Wiramihardja, Sutardjo Pengantar Psikologi Klinis. Bandung: PT Refika Aditama. Walgito, Bimo Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset. Pengertian Konservasi (http://io.ppijepang.org/article.php?id=86). 1 Desember 2007.

7 Terima Kasih


Download ppt "PRIMA AULIA, 1550404038 Studi Deskriptif Tentang Motivasi Konservasi Kebudayaan Pada Masyarakat Salappa Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google