Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE KOMUNIKASI LAIN SHIRLEY TAYLOR. Walaupun pembicaraan lewat telepon atau secara tatap muka (face-to-face) kerap diperlukan. Di sinilah memorandum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE KOMUNIKASI LAIN SHIRLEY TAYLOR. Walaupun pembicaraan lewat telepon atau secara tatap muka (face-to-face) kerap diperlukan. Di sinilah memorandum."— Transcript presentasi:

1 METODE KOMUNIKASI LAIN SHIRLEY TAYLOR

2 Walaupun pembicaraan lewat telepon atau secara tatap muka (face-to-face) kerap diperlukan. Di sinilah memorandum digunakan. Karena aturan yang sama dapat diterapkan untuk menulis isi memo seperti halnya menulis isi surat. Perkembangan teknologi memungkinkan kita melakukan komunikasi instan di seluruh dunia.

3 MEMO Memo adalah pesan tertulis dari satu orang untuk orang lainnya (atau beberapa orang) di dalam organisasi yang sama. Memo (atau memoranda) mempunyai beberapa fungsi: Memberikan informasi Memberikan informasi Meminta informasi Meminta informasi Menginformasikan tindakan, keputusan Menginformasikan tindakan, keputusan Meminta tindakan, keputusan Meminta tindakan, keputusan

4 FORMATFORMAT

5 PESAN FAKS Pesan faks mungkin dikirim di antara cabang suatu perusahaan atau ke rekan bisnis luar. Dewasa ini banyak komunikasi yang biasanya dilakukan lewat surat kini dikirim lewat faks.

6 FORMULIR ATAU TEMPLATE TERCETAK STANDAR Banyak perusahaan yang mempunyai formulir tercetak standar yang dapat digunakan di komputer dan pengolah kata. Operator selanjutnya hanya memasukkan informasi yang relevan.

7 CONTOH FORMULIR FAKS

8 CONTOH FORMULIR GAYA BLOK PENUH

9 ELECTRONIC MAIL Yang harus diperhatikan dalam penulisan e- mail: 1. Periksa alamat nya. 2. Jangan lupa mengisi kolom subyek.. 3. Cek waktunya (keakuran internal clock). 4. Matikan caps lock. 5. Ekspresikan perasaan anda dengan emoticons. 6. Salam 7. Periksa alamat Anda. 8. Simpan tindasannya 9. Periksa pesan Anda.

10 CONTOH


Download ppt "METODE KOMUNIKASI LAIN SHIRLEY TAYLOR. Walaupun pembicaraan lewat telepon atau secara tatap muka (face-to-face) kerap diperlukan. Di sinilah memorandum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google