Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN AGAMA Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN AGAMA Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN AGAMA Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp

2 1. Pengertian atau defenisi: Secara etimologi : Secara etimologi : H. Zainal Abbas akar kata agama berasal dari “a” berarti tidak dan “gama” berarti kacau. Jadi agama berati tidak kacau, tdk berantakan. H. Zainal Abbas akar kata agama berasal dari “a” berarti tidak dan “gama” berarti kacau. Jadi agama berati tidak kacau, tdk berantakan. Menurut H. B. Rangkuti: “a” berarti cara dan “gama” berarti jalan. Jadi agama berarti cara berjalan atau cara-cara supaya sampai kepada Tuhan. Menurut H. B. Rangkuti: “a” berarti cara dan “gama” berarti jalan. Jadi agama berarti cara berjalan atau cara-cara supaya sampai kepada Tuhan. Kamus bhs. Indonesia: satu kepercayaan (kepada Tuhan, Dewa,dst) serta dengan kebaktian dan kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut dan memiliki kitab suci. Kamus bhs. Indonesia: satu kepercayaan (kepada Tuhan, Dewa,dst) serta dengan kebaktian dan kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut dan memiliki kitab suci.

3 2. Asal mula Agama: a. Monotheisme: “sejak hari ia diciptakan, manusia mengenal “satu” Allah pencipta, dan sejak kejatuhan manusia ke dalam dosa, manusia memuja Allah yang satu itu dengan korban persembahan Kej. 1:1.” (R. Brown, Asal mula agama). b. Kapan dan bagaimanakah manusia memuja ilah atau dewa-dewa lain? “manusia mula-mula mengenal Allah” Rom 1:21 tetapi manusia “menindas kebenaran” (1:18)

4 dan “menggantikan kemuliaanNya” (1:23) dengan memuja benda-benda yang fana berupa manusia, burung atau binatang. dan “menggantikan kemuliaanNya” (1:23) dengan memuja benda-benda yang fana berupa manusia, burung atau binatang. Animatisme (kekuatiran masa gelap yg tidak terselidiki) berkembang menjadi aninisme, Politheisme, kemudian konsep nabi-nabi Ibrani tentang Allah pencipta, filsafat Monotheisme: Animatisme (kekuatiran masa gelap yg tidak terselidiki) berkembang menjadi aninisme, Politheisme, kemudian konsep nabi-nabi Ibrani tentang Allah pencipta, filsafat Monotheisme:

5 3. Ciri-ciri umum & khusus agama: Ada beberapa unsur umum yang terdapat dalam setiap agama all: Kitab/wahyu, doktrin dan upacara keagamaan/ bentuk ibadah. Ada beberapa unsur umum yang terdapat dalam setiap agama all: Kitab/wahyu, doktrin dan upacara keagamaan/ bentuk ibadah. Ciri-ciri khusus sesuai perbedaan: Ciri-ciri khusus sesuai perbedaan: 1. Ada agama yg menekankan akal (dokrin). 2. Menekankan Emosi/perasaan: 3. Menekankan aktivitas/perbutan: 4. Menekankan ciri rasio, emosi dan perbuatan:

6 4. Fungsi-fungsi umum (peranan) agama: 1. Membawa umatnya mengenal penciptanya. 2. Menyadarkan umat agar melaksanakan kehendakNya dalam memelihara dan menyelamatkan karya ciptaan itu. 3. Membimbing umat ke jalan yg benar & dan lurus. 4. Menyadarkan umat agar memperjuangkan persatuan masyarakat dan mengupayakan harmonisasi masyarakat yang beraneka ragam suku, budaya dan agama.


Download ppt "PENGERTIAN AGAMA Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google