Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XII ANALISIS DAN INTREPRETASI DATA Analisis data terdiri dari Analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Dalam menganalisis Data Kuantitatif data yang berbentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XII ANALISIS DAN INTREPRETASI DATA Analisis data terdiri dari Analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Dalam menganalisis Data Kuantitatif data yang berbentuk."— Transcript presentasi:

1 BAB XII ANALISIS DAN INTREPRETASI DATA Analisis data terdiri dari Analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Dalam menganalisis Data Kuantitatif data yang berbentuk angka dihitung untuk mengetahui jawaban masalah yang diteliti. Sebaliknya, Data Kualitatif merupakan data yang tidak berbentuk angka, seperti keamanan, semangat meniliti dosen, dll.

2 Dilihat dari sifat datanya, analisis dibedakan menjadi analisis yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Analisis Kualitatif dilakukan pada data yang tidak dapat dihitung, bersifat monografis atau berwujud kasus- kasus. Suriasumantri menyarakan bahwa penelitian kualitatif mencoba menjelaskan “sepotong episode kehidupan” yang didokumentasikan. Data yang dikumpulkan bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata atau gambar. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara, catatan pengamatan lapangan, potret, tape video, dokumen perorangan, memorandum dan dokumen resmi. Oleh karena itu analisis kualitatif tidak menggunakan alat bantu statistika.

3 Sedangkan Analisis Kuantitatif disebut juga Analisis Statistika. Secara garis besar, analisis statistika dibedakan atas dua macam, yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis statistika induktif.

4 Jika penelitian bertujuan untuk memaparkan data hasil pengamatan / wawancara tanpa diadakan pengujian hipotesis, digunakanlah Analisis Statistika Deskriptif. Dalam Analisis Statistika Deskriptif, data yang diperoleh ditata dalam diagram, ukuran pemusatan datanya (modus, median, mean), ukuran penyebaran data (range, variance, standar deviasi).

5 Tetapi jika tujuan penelitian dituangkan dalam hipotesis yang selanjutnya diuji kebenarannya secara statistika, dan diinginkan kesimpulan yang berlaku bagi keseluruhan populasi, maka penelitian ini sudah menuju ke penggunaan Analisis Statistika Induktif.

6 Contoh-contoh analisa dapat dilihat di modul

7 Sekian dan Terimakasih


Download ppt "BAB XII ANALISIS DAN INTREPRETASI DATA Analisis data terdiri dari Analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Dalam menganalisis Data Kuantitatif data yang berbentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google