Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kondisi Global PERTEMUAN 5. 4/6/20152 Kondisi Ekonomi di Negara Asing Pergerakan Nilai Tukar Permintaan Asing akan Produk Perusahaan Biaya Menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kondisi Global PERTEMUAN 5. 4/6/20152 Kondisi Ekonomi di Negara Asing Pergerakan Nilai Tukar Permintaan Asing akan Produk Perusahaan Biaya Menggunakan."— Transcript presentasi:

1 Kondisi Global PERTEMUAN 5

2 4/6/20152 Kondisi Ekonomi di Negara Asing Pergerakan Nilai Tukar Permintaan Asing akan Produk Perusahaan Biaya Menggunakan Perlengkapan Atau Sumber Daya Pendapatan Perusahaan Beban Perusahaan Laba Perusahaan Nilai Perusahaan

3 4/6/20153 MOTIF MENJALANKAN BISNIS INTERNASIONAL. Menarik permintaan asing. Memanfaatkan teknologi. Menggunakan sumber daya yang murah. Melakukan diversifikasi secara internasional.

4 4/6/20154 Metode Menjalankan Bisnis Internasional Impor (import). Ekspor (eksport). Investasi asing langsung (direct foreign investment-DFI). Outsourcing Aliansi Strategis (strategic alliance).

5 4/6/20155 Mengimpor (Importing) Faktor-faktor yang mempengaruhi Impor: Tarif (tariff). Kuota (quota).

6 Mengekspor (eksporting) 1.Tren ekspor dan impor: Neraca perdagangan (balance of trade), tingkat ekspor dikurag tingkat impor. Defisit perdagangan (trade deficit), impor lebih besar dari ekspor. 2.Ekspor lewat internet.

7 4/6/20157 Investasi Asing Langsung (direct foreign investment-dfi). Perusahaan yang telah berhasil melakukan ekspor di negara asing untuk mengurangi biaya transportasi. Perusahaan yang telah melakukan ekspor, akan dikenakan hambatan perdagangan oleh negara asing. Negara yang sangat membutuhkan teknologi maju. Dapat mengurangi biaya tenaga kerja secara substansial dengan memindahkan fasilitas produksinya ke negara berkembang, biaya tenaga kerja dan tanah lebih murah.

8 4/6/20158 Aliansi Strategis (strategic alliance). Usaha patungan (joint venture). Perjanjian lisensi internasional (international licensing agreement).

9 4/6/20159 Hambatan Perdagangan Internasional Melalui perjanjian perdagangan bebas dan pembentukan zona perdagangan bebas: NAFTA (North American Free Trade Agreement), Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara tahun GATT (General Agreement on Tariffs and Trade), Perjanjian Umum mengenai Tarif dan Perdagangan di 117 negara. Mengarah ke pembentukan WTO (World Trade Organization), Organisasi Perdagangan Dunia yang memiliki 140 anggota. Amerika Latin. Uni Eropa.

10 4/6/ Hambatan yang Tersisa Hambatan yang digunakan untuk melindungi perusahaan lokal, dengan melakukan dumping. Hambatan yang digunakan untuk menghukum negara.

11 4/6/ Ketidaksepahaman mengenai kebijakan perdagangan internasional Perusahaan yang berbasis di suatu negara tidak tunduk pada pembatasan mengenai lingkungan dan dapat memproduksi dengan biaya lebih murah. Perusahaan yang tidak tunduk pada undang- undang tenaga kerja. Perusahaan yang berbasis di suatu negara mendapat izin dari pemerintahnya menawarkan suap kepada pelanggan besar. Perusahaan di suatu negara menerima keringanan pajak jika perusahaan bergerak di industri tertentu.

12 4/6/ Karakteristik Asing Mempengaruhi Bisnis Internasional Budaya Sistem ekonomi. Kondisi Ekonomi. Nilai Tukar. Risiko Politik dan Undang-undang.

13 4/6/ Sistem Ekonomi Kebijakan mengenai kepemilikan bisnis: Kapitalisme (capitalism). sistem ekonomi yang memungkinkan kepemilikan swasta atas bisnis. Komunisme (comunism). sistem ekonomi yang melibatkan kepemilikan publik atas bisnis. Sosialiasme (sosialism). sistem ekonomi yang memiliki sebagian fitur dari kapitalisme dan sebagian fitur dari komunisme.

14 4/6/ Privatisasi (Privatization) Penjualan bisnis yang dimiliki oleh pemerintah kepada investor swasta. Perusahaan fokus di dalam menyediakan produk dan jasa yang diinginkan masyarakat. Memaksa perusahaan lebih efisien. Mempermudah akuisisi.

15 4/6/ Kondisi Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi. Sensitivitas terhadap Kondisi Ekonomi Luar Negeri.

16 4/6/ Risiko politik dan Undang-undang Korupsi. Iklim regulasi.

17 4/6/ Pergerakan Nilai Tukar Mempengaruhi Kinerja Perusahaan AS yang melakukan impor Perusahaan Inggris Yang menjual perlengkapan Bank Komersial Langkah 1 Langkah 2 Dollar As Pound Inggris Pound Inggris Perlengkapan

18 4/6/ Pengaruh nilai tukar terhadap perusahaan yang melakukan perdagangan internasional: Dampak Dolar lemah terhadap Importir AS. Dampak Dolar kuat terhadap Importir AS. Dampak aktual dari pergerakan nilai tukar terhadap imortir AS. Dampak Dolar lemah terhadap eksportir AS Dampak Dolar kuat terhadap eksportir AS

19 4/6/ Dampak Dolar lemah terhadap Importir AS Asumsi nilai dari pound (£) mata uang Inggria pada saat tertentu $2,00. Setiap dolar nilainya setara dengan separuh pound Inggris.Jika satu perusahaan AS membutuhkan £ untuk membeli perlengkapan dari pem,asok Inggris, maka perusahaan akan membutuhkan $ untuk membeli pound tersebut. Jumlah $ yang dibutuhkan = (Jumlah £ yang dibutuhkan x Nilai £) = £ x $2,00 = $ Diasumsikan pound mengalami apresiasi (apreciates) atau mengalami penguatan dalam niali terhadap dolar. Berarti dolar melemah (atau nilainya berkurang) dari pound. Asumsi satu pound setara dengan $2,02. Sekarang perusahaan AS membutuhkan $ lebih banyak untuk memperoleh pound yang dibutuhkan sebelum pound mengalami apresiasi. Biaya perlengkapan naik bagi perusahaan AS sebagai akibat apresiasi dalam pound Inggris (dolar melemah). Dolar yang lemah berdampak buruk bagi AS yang seringkali mengimpor perlengkapan.

20 4/6/ Dampak Dolar kuat terhadap Importir AS. Pound mengalami depresiasi (depreciates), melemah dalam nilai terhadap dolar atau dolar mengalami penguatan terhadap pound. Asumsi satu pound turun menjadi $1.90 dalam bulan terakhir. Jika perusahaan AS membutuhkan £ , maka perusahaan kan membeli pound $ lebih murah dibandingkan sebelum pound mengalami depresiasi. Pembayaran perusahaan akan turun sebesar 5% karena nilai pound menurun sebesar 5%. Depresiasi mata uang asing terhadap dolar (dolar lebih kuat) mengurangi beban bagi perusahaan AS yang membeli perlengkapan dari luar negeri. Dolar yang kuat memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi perusahaan AS yang sering mengimpor perlengkapan.

21 Dampak Aktual dari Pergerakan Nilai Tukar terhadap Importir AS Asumsi celana jins dijual seharga £50. Bulan Januari 2002 harga £ sekitar $1.42. Yang akan dibayar: = £50 x $1.42 = $71.00 Bulan Agustus 2005 nilai £ sekitar $1.76. Yang akan dibayar = £50 x $1.76 = $88.00 Biaya yang harus dikeluarkan meningkat sebesar $17, atau sekitar 24 persen karena £ naik sekitar 24%.

22 4/6/ Dampak Dolar lemah terhadap eksportir AS Perusahaan Inggris yang membeli peralatan Perusahaan AS Yang melakukan Ekspor Bank Komersial Langkah 1 Langkah 2 Dollar As Pound Inggris Peralatan Dollar As

23 Lindung Nilai terhadap Pergerakan Nilai Tukar Lindung Nilai atas Pembayaran Masa Depan dalam Mata Uang Asing –Kontrak berjangka (forward contract). –Nilai tukar berjangka (forward rate). –Nilai tukar sport (sport exchange rate). Lindung Nilai atas Piutang Masa Depan dalam Mata Uang Asing. Keterbatasan Lindung Nilai.

24 Pengaruh Persaingan Asing terhadap Nilai Tukar RCA dan Perusahaan AS lainnya yang memproduksi televisi Perusahaan Jepang Bank Komersial Toko-toko Ritel AS Televisi Televisi Dolar Dolar Yen Jepang Yen Jepang

25 SkenarioHasil 1. Yen Jepang terdepresiasi terhadap dolar 2. Yen Jepang terapresiasi terhadap dolar Toko-toko ritel AS dapat membeli TV Jepang dengan lebih sedikit dolar, sehingga permintaan akan televisi Jepang meningkat. Toko-toko ritel AS harus membayar lebih banyak dolar untuk membeli televisi Jepang, sehingga permintaan akan televisi Jepang turun.

26 Keputusan Bisnis Internasional Menjual Produk Asing Melalui: Ekspor Investasi Aliansi strategi. Mengandalkan produk asing melalui: Impor Investasi asing langsung. Aliansi strategi. Dampak Meningkatkan Pendapatan Menurunkan Biaya Produksi Meningkatkan Kinerja bisnis


Download ppt "Kondisi Global PERTEMUAN 5. 4/6/20152 Kondisi Ekonomi di Negara Asing Pergerakan Nilai Tukar Permintaan Asing akan Produk Perusahaan Biaya Menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google