Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DI SUSUN OLEH: KHOIRUL FATAH ELIZA PUSPITA ZUBAIDAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DI SUSUN OLEH: KHOIRUL FATAH ELIZA PUSPITA ZUBAIDAH."— Transcript presentasi:

1 DI SUSUN OLEH: KHOIRUL FATAH ELIZA PUSPITA ZUBAIDAH

2 Anak Susah Belajar Banyak sekali sekarang orang tua yang mengeluh harus teriak-teriak bahkan memaksa anaknya untuk belajar. Sedangkan anak mereka tetap memilih bermain dan tidak menghiraukan teriakan orang tuanya. Berbagai metode dicoba orang tua untuk membuat anaknya rajin belajar. Mulai dengan memberi reward (hadiah) supaya anaknya mau belajar, memberikan fasilitas belajar yang memadai dan menyenangkan bagi anak, bahkan sampai menggunakan cara kerasak dengan mengikat kaki anak dengan kaki kursi untuk mempertahankan anak duduk dan belajar

3 Namun setelah berbagai cara dipakai orang tua untuk membuat anaknya rajin belajar, tetap saja para orang tua belum menemukan cara yang efektif untuk membuat anaknya rajin belajar.

4 Anak-anak sangat suka apabila apa yang mereka kerjakan mendapat apresiasi atau penghargaan dari orang tuanya. Jangankan anak-anak, bukankah kita orang dewasa juga senang apabila menerima apresiasi atau penghargaan atas apa yang kita raih? Oleh karena itu hargailah prestasi yang dicapai anak-anak Anda. Sekecil apapun prestasi yang dihasilkan anak, beri penghargaan dan pengakuan kepada mereka.

5 Wujud perhatian yang dapat diberikan orang tua contohnya adalah : Memperhatikan perkembangan nilai atau prestasi anak (meningkat atau menurun) Memperhatikan kebutuhan sarana pra sarana belajar anak (baik buku pelajaran, alat belajar maupun les tambahan / kursus bila diperlukan anak) Hadir di sekolah ketika dipanggil pihak sekolah (misal untuk mengambil hasil belajar / raport anak) jangan diwakilkan, hadirnya orang tua adalah wujud perhatian kepada anak. Memperhatikan jadwal anak (misal kapan mereka ada ujian, kegiatan apa yang mereka ikuti, dsb)

6 Apabila mereka anak-anak yang berprestasi, namun Anda membiarkan dan tidak pernah memberi pengakuan atau penghargaan, lama kelamaan prestasi anak Anda akan menurun. Mereka akan menjadi malas belajar karena mereka tidak pernah mendapat pengakuan ataupun penghargaan dari Anda.

7 Membuat Anak Lebih Semangat Belajar a. Sadarkan akan pentingnya belajar, b. Menjadi partner belajar anak- anak. c. Dukung dengan fasilitas-fasilitas belajar yang nyaman. d. Temani e. Beri hadiah untuk prestasinya Apa saja yang harus kita lakukan?????

8 Tanamkan bahwa belajar itu menyenangkan Jangan paksa anak-anak Anda untuk duduk di meja belajarnya dan memaksa mereka untuk belajar. Hal ini tidak akan efektif.

9 Ketika anak-anak dapat menerima penjelasan Anda, anak-anak akan dengan rela hati dan tanpa paksaan untuk belajar. Beberapa contoh penjelasan yang dapat dipakai antara lain : 1. Mengapa mereka harus sekolah? Sekolah adalah salah satu cara kita untuk mendapat ilmu yang akan membuat kita bertambah pintar. 2. Tuntun mereka untuk memiliki cita-cita. Cita - cita itu dapat mereka capai salah satunya dengan sekolah. 3. Berikan pengalaman anda ketika anda sekolah. Bagikan pengalaman anda, tentang gunanya sekola bagi anda. 4. Dan lain sebagainya (berikan penjelasan sesuai usia anak anda) 1. Mengapa mereka harus sekolah? Sekolah adalah salah satu cara kita untuk mendapat ilmu yang akan membuat kita bertambah pintar. 2. Tuntun mereka untuk memiliki cita-cita. Cita - cita itu dapat mereka capai salah satunya dengan sekolah. 3. Berikan pengalaman anda ketika anda sekolah. Bagikan pengalaman anda, tentang gunanya sekola bagi anda. 4. Dan lain sebagainya (berikan penjelasan sesuai usia anak anda)

10 Memilih sekolah yang pas Kurikulum Porsi Pendidikan Agama. Profil Pendidik Sarana dan prasarana yang ada disekolah Lokasi sekolah dan lingkungan. Biaya pendidikan

11 BAAAA AY!!!!!


Download ppt "DI SUSUN OLEH: KHOIRUL FATAH ELIZA PUSPITA ZUBAIDAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google