Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lahan Gambut dan Kebakarannya Pengertian Lahan Gambut Lahan Gambut Indonesia Lahan Gambut Sebagai Tanah Hutan Kebakaran Lahan Gambut Upaya-Upaya Pemeliharaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lahan Gambut dan Kebakarannya Pengertian Lahan Gambut Lahan Gambut Indonesia Lahan Gambut Sebagai Tanah Hutan Kebakaran Lahan Gambut Upaya-Upaya Pemeliharaan."— Transcript presentasi:

1

2 Lahan Gambut dan Kebakarannya

3 Pengertian Lahan Gambut Lahan Gambut Indonesia Lahan Gambut Sebagai Tanah Hutan Kebakaran Lahan Gambut Upaya-Upaya Pemeliharaan & Perbaikan lahan Gambut yang Bisa Dilakukan

4 Pengertian Lahan Gambut Tanah gambut merupakan tanah hidromorfik yang bahan asalnya sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik sisa-sisa tumbuhan, dalam keadaan yang selalu tergenang.dimana proses dekomposisinya berlansung tidak sempurna sehingga terjadi penumpukan dan akumulasi bahan organik membentuk tanah gambut

5 Pengertian Lahan Gambut Suatu tanah baru dapat digolongkan pada tanah gambut bila kedalaman tanah tersebut besar dari 50 cm dan kandungan bahan organiknya besar 65%. Menurut Soil Taxonomi gambut digolongkan kedalam order Histosol yang terbagi dalam empat sub order.

6 Pengertian Lahan Gambut Empat sub Order FFolist, tumpukan dedaunan atau ranting yang tertimbun krikil atau pasir FFibrists, bahan organik yang belum atau baru terdekomposisi HHemists, tingkat dekomposis bahan organik tengah berlangsung SSaprists, gambut yang tingkat dekomposisinya telah lanjut, biasanya berwarna hitam atau coklat kelam.

7 Lahan Gambut Indonesia Penyebaran tanah gambut di Indonesia diperkirakan meliputi areal seluas lebih kurang juta hektar yakni  13,5% dari luas daratan Indoensia, dimana 8,98 juta hektar dijumpai di Pulau Sumatera sedangkan sisanya tersebar di Pulau Kalimantan, Irian Jaya dan beberapa tempat di Pulau Jawa.

8 Gambut Sebagai Tanah Hutan Lahan gambut biasanya terbentuk di daerah-daerah yang memiliki Drainase tanah yang buruk, dimana curah hujan di tempat itu sangat tinggi sehingga terjadi genangan-genangan di lantai hutan. Bahan-bahan organik yang terakumulasi di lantai hutan tidak semuanya terdekomposisi secara sempurna dan akhirnya membentuk serat-serat gambut.

9 Gambut Sebagai Tanah Hutan Tanah gambut di daerah tropika basah seperti Indonesia berkembang dari vegetasi hutan tropis. Dalam kondisi alami, lapisan tanah gambut terdiri atas bahan material berserat dan tanaman yang terdekomposisi belum sempurna, sehingga menghasilkan tanah gambut yang variasi dan sebarannya heterogen. Menurut pengamatan di lapangan, material berserat ini tidak terdistribusi secara merata dalam lapisan tanah.

10 Kebakaran Lahan Gambut Penyebab kebakaran Kebakaran lahan gambut Indonesia Beberapa efek negatif dari kebakaran hutan dan lahan

11 Faktor Penyebab Kebakaran Ada beberapa faktor penyebab kebakaran, diantaranya adalah; Sambaran petir pada hutan yang kering karena musim kemarau yang panjang. Kecerobohan manusia antara lain membuang puntung rokok secara sembarangan dan lupa mematikan api di perkemahan. Aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar atau awan panas dari letusan gunung berapi. Tindakan yang disengaja seperti untuk membersihkan lahan pertanian atau membuka lahan pertanian baru dan tindakan vandalisme. Kebakaran di bawah tanah/ground fire pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran di atas tanah pada saat musim kemarau.

12 Faktor Manusia; Masyarkat Vs Perusahaan Pembukaan lahan pertanian, pemukiman, atau akses ke hutan oleh masyarakat dengan menggunakan api Pembakaran yang dilakukan perusahaan untuk konversi lahan menjadi hutan tanaman atau perkebunan Pembangunan berskala besar membuat lahan basah terbakar dengan cepat Konflik masyarakat dengan perusahaan

13 See…

14 K EBAKARAN LAHAN GAMBUT I NDONESIA Kebakaran hutan dan lahan seakan sudah menjadi "tradisi" tahunan di Indonesia terutama setiap kali musim kemarau datang. Pada kejadian kebakaran berskala besar di tahun , diestimasikan sekitar 10 juta hektar lahan yang rusak atau terbakar, dengan kerugian untuk Indonesia terhitung 3 milyar dollar Amerika. Kejadian ini sekaligus melepaskan emisi gas rumah kaca (GRK) sebanyak 0,81-2,57 Gigaton karbon ke atmosfer (setara dengan 13-40% total emisi karbon dunia yang dihasilkan dari bahan bakar fosil per tahunnya) yang berarti menambah kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global.

15 Apakah kita tidak peduli ?

16 Itu tanggung jawab kita juga

17 Beginilah hutan kita sekarang

18 Efek negatif dari kebakaran hutan dan lahan Menyebarkan emisi gas karbondioksida ke atmosfer. Terbunuhnya satwa liar dan rusaknya tanaman karena kebakaran ato rusaknya habitat. Menyebabkan banjir. Menyebabkan kekeringan Musnahnya bahan baku industri perkayuan. Meningkatnya jumlah penderita penyakit saluran infeksi saluran pernafasan. Gangguan bagi berbagai aktifitas masyarakat, perekonomian, pendidikan, dan lain-lain.

19 Upaya Pemeliharaan & Perbaikan Lahan Gambut yang Bisa Dilakukan Pembukaan lahan gambut harus dihentikan dan semua lahan gambut harus dilindungi dan dikelola secara seksama dengan memperhatikan tata hidrologi secara makro dan potensi lepasnya emisi karbon ke atmosfer. Sektor swasta harus menerapkan praktek pengelolaan lestari dan bertanggung jawab, termasuk meniadakan pembakaran lahan dan melindungi daerah-daerah yang memiliki keanekaragaman hayati di sekitar konsesi mereka.

20 Harus ada mekanisme terpadu untuk mengkoordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, mensinergikan dan menerapkan peraturan terutama terkait perlindungan lingkungan. Masyarakat setempat harus diberdayakan oleh pemerintah dan sektor swasta dalam pengelolaan lahan yang lestari, terutama membantu petani/pekebun skala kecil dalam proses transfer ilmu dan teknologi untuk menerapkan pembukaan lahan tanpa bakar. Upaya Pemeliharaan & Perbaikan Lahan Gambut yang Bisa Dilakukan

21 D AFTAR P ENCARIAN O RANG 2007 KETUA PENJAHAT KELAS HIU ( LEBIH MAHAL DARI KAKAP ) Y ANG KEREN ABIZ … Tersangka pembakaran WAKIL KETUA Para anak buah and the last The cool presentation creative production Thank you ^_^

22 UGD Unit Grafik Desain Head officer : Habibi satrio ( 5889 ) Creative team production : Bryan fahmi ( 5885 )


Download ppt "Lahan Gambut dan Kebakarannya Pengertian Lahan Gambut Lahan Gambut Indonesia Lahan Gambut Sebagai Tanah Hutan Kebakaran Lahan Gambut Upaya-Upaya Pemeliharaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google