Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun Oleh:-Abdullah -Jhonny Ferdinansyah -Muh.Bintang Pratama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun Oleh:-Abdullah -Jhonny Ferdinansyah -Muh.Bintang Pratama."— Transcript presentasi:

1 Disusun Oleh:-Abdullah -Jhonny Ferdinansyah -Muh.Bintang Pratama

2 Salat jum’at adalah salat fardu dua rakaat yang wajib di laksanakan oleh setiap muslim setiap hari jum’at di waktu zuhur yang di awali dengan dua khotbah.kata”jum’at” dalam Al-Qur’an di sebut dengan Al- Jamu’ah dan merupakan salah satu nama surah. Dari segi bahasa,kata jum’at berasal dari kata jama‘ah yang berarti mengumpulkan.Oleh karena itu lah,hari jum’at berarti hari berkumpul bagi umat islam di masjid.

3 Hukum melaksanakan salat jum’at adalah fardu ain bagi setiap muslim.dasar hukum pelaksanaan salat jum’at bukanlah hasil pendapat ulama,melainkan dalil yang berasal dari Al-QUR’AN dan Hadist.

4 Seperti ibadah-ibadah yang lain, dalam salat jum’at pun terdapat beberapa ketentuan yang mengaturnya di antaranya, syarat wajib,syarat sah,rukun,sunnah dan hal-hal yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkannya meski sebenarnya wajib melaksanakannya

5 Melakukan salat jum’at harus memenuhi syarat wajib yang telah di tentukan oleh syariat.syarat wajib tersebut antara lain: -beragama islam -sudah balig -berakal -sehat -bermukim(bukan musafir)

6 -salat jum at di laksanakan pada waktu zuhur -di lakukan dengan berjamaah -di dahului dengan 2 khotbah -di laksanakan di tempat yang tetap

7 Setelah syarat wajib dan syarat sah di penuhi dengan sempurna maka yang perlu di perhatikan sekaran g Adalah rukun salat jum’at rukun salat jum’at menurut para ulama hanya ada 2 macam,yaitu khotbah dan salat

8 Bagi mereka yang memenuhi syarat wajib salat jum’at harus melaksanaknnya apabila memang tidak ada uzur yang menghalanginya.Salat jum’at ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat

9 Khotbah jum’at kedudukan yang sangat penting.ia merupakan satu kesatuan dengan salat jum’at dan sesungguhnya permulaan salat jum’at adalah ketika khatib naik mimbar untuk berkhotbah.karenanya,salah besar kalau kita menganggab rangkaian salat jum’at dimulai setelah iqamah.

10 Hal – hal tersebut berupa sunah salat jum’at yang di ajarkan rasululah saw. Kepada umatnya. Adapun sunah-sunah salat jum’at tersebut sebagai berikut. -mandi dahulu sebelum berangkat -berhias dan memakai pakaian yang sebaik-baiknya, di utamakan yang berwarna. -memakai wangi-wangian -memotong kuku,memotong kumis,dan rambut.

11 -sakit keras sehingga seseorang tidak mampu melaksanakan salat jum’at. -musafir atau dalam perjalanan jauh. -hujan lebat di sertai petir yang tidak memungkinkan salat jum’at di laksanakan.

12 Menjalin Ukhuwah Islamiyah di Kalangan Kaum Muslimin. Terwujudnya solidaritas kepedulisn antarsesama Muslim. Mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sarana menuntut ilmu.

13 APABILA ADA KESALAHAN MOHON DIMAAFKAN KARENA KAMI HANYALAH MANUSIA YG TIDAK LUPUT DARI KESALAHAN


Download ppt "Disusun Oleh:-Abdullah -Jhonny Ferdinansyah -Muh.Bintang Pratama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google