Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Rita Susanti 090805010. Kerusakan vegetasi yang terjadi pada daerah areal rawa gambut di sekitar danau Lebak Jungkal diperkirakan akan mengganggu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Rita Susanti 090805010. Kerusakan vegetasi yang terjadi pada daerah areal rawa gambut di sekitar danau Lebak Jungkal diperkirakan akan mengganggu."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Rita Susanti

2 Kerusakan vegetasi yang terjadi pada daerah areal rawa gambut di sekitar danau Lebak Jungkal diperkirakan akan mengganggu kehidupan berbagai jenis Plankton.

3  Untuk mengetahui spesies plankton yang terdapat di Danau Lebak Jungkal  Untuk mengetahui kondisi danau berdasarkan faktor kimiawi  Untuk mengetahui takson yang paling mendominansi di perairan Danau Lebak Jungkal

4  Contoh pengambilan plankton dilakukan pada blan September 2009  Lokasi atau stasiun pengambilan contoh dilakukan dengan cara purposive yaitu di Lebak Bahanan dan Lebak Betung yang keduanya masih dalam wilayah lebak jungkal  Pengumpulan organisme plankton dengan cara menyaring air sebanyak 3 kali ulangan  Di tampung dalam botol flakon bervolume 25 ml  Diawetkan dengan larutan formalin 4%  Kemudian diidentifikasi di laboratorium dengan menggunakan buku petunjuk APHA, Mizuno, Edmonson dan pennak

5  Kelimpahan plankton diukur secara lintasan berdasarkan metode sedwick Refter counting cell yaitu: dengan C, L,D,W, dan S berturut-turut adalah jumlah organisme yang dihitung, panjang setiap lintasan (50 mm), kedalaman Sedwick-Rafter (1mm), lebar lintasan (1 mm), dan jumlah lintasan yang dihitung (4 lintas).

6  Dapat ditemukan 38 spesies plankton dari 7 kategori takson (Cyanophyceae, Chlorophyceae, Desmidiaceae, Bacillariophyceae, Flagellata, Rhizopoda dan Rotifera).  Berdasarkan kandungan fosfat (PO4) sekitar 0,38 mg/l dan kandungan NH4 sekitar 3,15 mg/l, maka perairan studi Danau Lebak Jungkal adalah tergolong perairan yang kurang sumbur yang didukung dengan kepadatan plankton rendah hingga sedang ( individu/liter air atau individu/m3 air).  Chlorophyceae, Diatomae (Bacillariophyceae) dan Flagellata merupakan takson yang dominan yang dijumpai pada ekosistem perairan Danau Lebak Jungkal. Dengan demikian spesies-spesies yang termasuk ketiga taksa tersebut merupakan yang paling adaptif dan dapat dikembangkan untuk pakan alami dalam budidaya ikan di wilayah Danau Lebak Jungkal.

7


Download ppt "Oleh: Rita Susanti 090805010. Kerusakan vegetasi yang terjadi pada daerah areal rawa gambut di sekitar danau Lebak Jungkal diperkirakan akan mengganggu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google