Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 6 MUTASI MUTASI Perubahan materi genetik (DNA) dari suatu sel yang dapat diwariskan secara genetis kepada keturunannya. Secara umum ada dua kategori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 6 MUTASI MUTASI Perubahan materi genetik (DNA) dari suatu sel yang dapat diwariskan secara genetis kepada keturunannya. Secara umum ada dua kategori."— Transcript presentasi:

1

2 Bab 6 MUTASI

3 MUTASI Perubahan materi genetik (DNA) dari suatu sel yang dapat diwariskan secara genetis kepada keturunannya. Secara umum ada dua kategori mutasi yaitu: Mutasi besar (terjadi pada kromosom) Mutasi titik / point mutation yang terjadi pada satu pasangan basa nitrogen dari gen. MUTAN TEMPAT TERJADINYA MUTASI Mutasi Gametik Mutasi Somatik menghasilkan Pada sel kelamin. (gamet) Pada sel tubuh. ( soma )

4 Mutasi Diam MUTASI GEN — Substitusi

5 KODE GENETIK

6 MUTASI GEN — Substitusi (2) Nonsense / Mutasi Tanpa Arti Missense /Mutasi Salah Arti

7 Delesi menyebabkan mutasi salah arti MUTASI GEN — Insersi dan Delesi Lys SU A

8 MUTASI GEN — Insersi dan Delesi (2) Delesi tiga nukleotida menyebabkan mutasi salah arti Insersi menyebabkan mutasi tanpa arti

9 MUTASI KROMOSOM Perubahan struktur kromosom

10 MUTASI KROMOSOM (2) Perubahan jumlah kromosom Euploid Autopoliploid Alopoliploid Aneuploid Variasi dalam sejumlah set dasar kromosom (genom). Kelipatan jumlah kromosom yang berasal dari genom spesies yang sama. Kelipatan jumlah kromosom yang berasal dari genom spesies yang berbeda. Variasi jumlah kromosom yang diakibatkan adanya pengurangan atau penambahan satu atau sejumlah kecil kromosom akibat gagal berpisah.

11 ALBINO Albino pada kanguruAlbino pada gorila

12 ALBINO PADA MANUSIA

13 Karsinoma (kanker kulit)

14 Skin (kulit)

15 Aneuploid Gagal berpisah saat meiosis I Gagal berpisah saat meiosis II

16 Kelainan-kelainan pada manusia yang disebabkan oleh perubahan kromosom Sindrom Down Sindrom Klinefelter Sindrom Cri du chat Trisomi 21 sehingga memiliki 47 kromosom Tambahan kromosom X pada anak laki-laki menghasilkan XXY sehingga memiliki 47 kromosom. Sindrom Turner Monosomi X pada anak perempuan menghasilkan XO sehingga memiliki kromosom 45 buah. Delesi kromosom nomor 5 mental terbelakang, kepala kecil, tangisan seperti suara kucing, meninggal ketika bayi. Kromosom ekstra Y (XYY) Trisomi X (XXX) Tidak terdifinisi secara jelas meskipun Cenderung memiliki postur yang lebih tinggi

17 Sindrom Down Kariotipe sindrom Down menunjukkan trisomi 21. Anak penderita sindrom Down. Kurva hubungan antara umur ibu sewaktu melahirkan dengan dilahirkannya anak sindrom Down.

18 Sindrom Cri du chat (a) Bayi laki-laki dengan sindrom Cri du chat. (b) Anak laki- laki yang sama setelah berumur 4 tahun.

19 PROGERIA

20 SUMBER MUTASI MUTAGEN Mutagen BuatanMutagen Alami Faktor kimiaFaktor fisika Asam nitrat Kolkisin Sinar UV Sinar gamma

21 PENYEBAB MUTASI Bahan kimia Pestisida Limbah industri Makanan dan minuman Obat-obatan Bahan fisika Radiasi atom yang bersifat radioaktif (sinar α, β,γ dan sinar x) Radiasi berasal dari radioaktif alam maupun radioaktif buatan.

22 PENYEBAB MUTASI Bahan biologi Kurang lebih ada 20 macam virus yang dapat menyebabkan mutasi (hepatitis, campak, demam kuning, dan cacar)

23 Asam nitrat dapat menyebabkan deaminasi sitosin.

24 PENGARUH MUTASI Perubahan produk gen dan perubahan fenotip MUTASI SEBAGAI BAHAN BAKU EVOLUSI MutasiVariasiEvolusi

25 PENGARUH MUTASI MENGUNTUNGKAN Untuk analisa biologi. MERUGIKAN


Download ppt "Bab 6 MUTASI MUTASI Perubahan materi genetik (DNA) dari suatu sel yang dapat diwariskan secara genetis kepada keturunannya. Secara umum ada dua kategori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google