Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA.  1.Proses Pengolah Kata  Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA.  1.Proses Pengolah Kata  Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA

2  1.Proses Pengolah Kata  Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer.  Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan karena sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai yang rumit.

3  2. Peralatan Kerja dengan Words A.Title Bar  B.Menu Bar.  C.Toolbar  D.Ruler E.Scroll Bar  F.Status Bar  G.Kursor 

4  3. Sejarah Desktop Publishing  Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher,pertama WYSIWYG layout program, yang berjalan di atas 128K asli Macintosh komputer.  Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah perkembangan tertentu jenis perangkat lunak. Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi.

5  4. Alat Pengolah Masa Depan  Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

6  5. Spread Sheet  Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.  Beberapa program spreadsheet adalah :  1. Ms. Excel  2. Spreadsheet pada StarOffice  3. Lotus  4. Quatro Pro  5. Lucid 3D  6. Twin  7. Twin Advanced  8. VP Planer  9. Multiplane 

7  6. Software Statistik  Berikut beberapa software statistik yang paling banyak digunakan yaitu :  A. SPSS  B. Minitab  C. LISREL  D. SAS

8  7. Statistik dan Data Analisis  Analisis data dapat diartikan sebagai cara melaksanakan analisis terhadap data, dengan tujuan mengolah data tersebut menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat datanya dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian, baik berkaitan dengan deskripsi data maupun untuk membuat induksi, atau menarik kesimpulan tentang karakteristik populasi (parameter) berdasarkan data yang diperoleh dari sampel (statistik).

9  8. Visualisasi Ilmiah  Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding-dinding gua dari manusia purba, bentuk huruf hiroglip Mesir, sistem geometri Yunani, dan teknik pelukisan dari Leonardo da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah, dll.

10  9. Pengitungan Resiko  Kata risiko banyak dipergunakan dalam berbagai pengertian dan sudah biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari oleh kebanyakan orang. Seseorang menyatakan bahwa ada risiko yang harus ditanggung jika mengerjakan pekerjaan tertentu. Memahami konsep risiko secara luas, akan merupakan dasar yang esensial untuk memahami konsep dan teknik manajemen risiko. Oleh karena itu dengan mempelajari berbagai definisi yang dikemukakan dalam berbagai literatur diharapkan pemahaman tentang konsep risiko semakin jelas.

11  Graphics, Hypermedia dan Multimedia  1. Fokus pada Komputer Grafik Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer.

12  2. Multimedia Interaktif  Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

13  Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan.  b) grafik suatu medium berbasis visual.  c) audio Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  d) interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.

14  3. Media yang Dipadatkan Dalam ilmu komputer, pemampatan data atau kompresi data adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut.

15  Ada terdapat dua jenis pemampatan data, yaitu : 1. pemampatan tanpa kehilangan (lossless data compression) dan 2. pemampatan berkehilangan (lossy data compression).

16


Download ppt "PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA.  1.Proses Pengolah Kata  Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google