Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU YADJNA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU YADJNA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN AGAMA HINDU YADJNA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA

2 PENGERTIAN YADJNA Pengertian Yadnya itu tidak saja terbatas pada upacara persembahan dalam arti secara harpiah namun juga upacara persembahan maupun pemujaan dan pengorbanan suci dalam pengertian secara simbolis filosopis untuk berkorban.

3 Dasar Pelaksanaan Yadjna : Satyam brhad rtam uggram Diksa tapo brahma yajnah prthivim dharyanti Sano bhustaya asya patyanyurumlom (Atharwa Veda. XII. 1.1) Artinya : Kebenaran atau satya hukum yang agung, yang kokoh dan suci (Rtam. tapa Brata, doa dan yadnya, inilah yang menegakkan bumi. Semoga bumi ini, ibu kami sepanjang masa memberikan tempat yang lega bagi kami.

4 Tujuan Pelaksanaan Yadjna : 1. Sebagai Pengejawantahan Weda 2. Sebagai Cetusan Rasa Terima Kasih 3. Untuk Meningkatkan Kualitas Diri 4. Sebagai salah satu Cara Untuk Menghubungkan Diri dengan Tuhan yang Dipuja 5. Untuk Menyucikan

5 Jenis-Jenis Yadjna Panca yadnya menurut kitab Manawa Dharma Sastra III sebagai berikut : Brahma yadnya yaitu belajar dan mengajar Veda Pitra \adnya yaitu upacara menghaturkan tarpana dan air Dewa yadnya yaitu upacara mempersembahkan minyak dan susu. Bhuta yadnya yaitu upacara bali banten Nri yadnya yaitu menerima tamu dengan ramah.

6 Kitab Manawa Dharma Sastra menyebutkan 5 jenis upacara yaitu Kitab Manawa Dharma Sastra menyebutkan 5 jenis upacara yaitu Ahuta-yaitu upacara yang dilakukan tanpa memper-gunakan kesaksian api. Huta -yaitu upacara dengan mempergunakan api sebagai unsur yang penting. Prahuta -yaitu upacara yang dilakukan dengan penyebaran benda-benda upacara ditanah. Brahmahuta -yaitu upacara yang ditujukan sebagai penghormatan pada para Brahmana. Prasita - yaitu upacara yang diselenggarakan dengan cara penyuguhan jenis-jenis, kapur sirih dsb. Terutama ditujukan pada yang meninggal.

7 Kitab Bhagawad Gita IV.28. disebutkan : Kitab Bhagawad Gita IV.28. disebutkan : Drvya yadnya yaitu yadnya dengan sarana benda-benda material, Tapa yadnya yaitu yadnya dengan melakukan tapa Yoga yadnya yaitu yadnya dengan melaksanakan yoga, Swadaya yadnya yaitu yadnya dengan mempelajari ajaran suci secara tekun. Jnana yadnya yaitu yadnya dengan ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

8 Panca yajna menurut pustaka Agastya Parwa : Dewa yadnya Dewa yadnya Rsi yadnya Rsi yadnya Pitra yadnya dan upacara Sraddha Pitra yadnya dan upacara Sraddha Bhuta yadnya Bhuta yadnya Manusia yadnya Manusia yadnya

9 Tingkatan Yadjna Perbedaan rangkaian yadjna ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan umai molaksanakan. Dan segi kwalitas kesembilan tingkatan yadjna tersebut tidak ada perbedaan. sepanjang dalam pelaksanan ya didasari dengan rasa bhakti. ketulusan dan kesucian hati. Dalam kenyataannya kehidupan dimasyarakat tingkat kemampuan materi yang dimilikinya umat tidaklah sama. Oleh karena itu keharmonisan antara besar kecilnya yadjna yang akan dilaksanakan dengan tingkat kemampuan yang bersangkutan sangat diperlukan agar pelaksanaan yadnya bertujuan menuju kesejahtraan dan kebahagiaan. Perbedaan rangkaian yadjna ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan umai molaksanakan. Dan segi kwalitas kesembilan tingkatan yadjna tersebut tidak ada perbedaan. sepanjang dalam pelaksanan ya didasari dengan rasa bhakti. ketulusan dan kesucian hati. Dalam kenyataannya kehidupan dimasyarakat tingkat kemampuan materi yang dimilikinya umat tidaklah sama. Oleh karena itu keharmonisan antara besar kecilnya yadjna yang akan dilaksanakan dengan tingkat kemampuan yang bersangkutan sangat diperlukan agar pelaksanaan yadnya bertujuan menuju kesejahtraan dan kebahagiaan.

10 Kuis : 1.Jelaskan Sloka yang menjadi dasar pelaksanaan yadjna ! 2.Apakah tujuan yadjna itu dilakukan ? 3.Sebut dan Jelaskan jenis-jenis Yadjna ! 4.Jelaskan jenis yadjna menurut menawa dharma sastra ! 5.Coba anda jelaskan tingkatan – tingkatan yadjna dalam agama Hindu !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU YADJNA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google