Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Prakarsa Gerakan Mercusuar diprakarsai oleh Mission America Coalition.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Prakarsa Gerakan Mercusuar diprakarsai oleh Mission America Coalition."— Transcript presentasi:

1

2 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Prakarsa Gerakan Mercusuar diprakarsai oleh Mission America Coalition (MAC). MAC merupakan koalisi para pemimpin Kristiani di Amerika. Sejak berdirinya, MAC telah menjadi koalisi para pemimpin dari 81 denominasi, >350 lembaga pelayanan, dan puluhan jejaring pelayanan. MAC menggerakkan keterlibatan aktif dalam Amanat Agung (Mat 28:18-20) dan Perintah Agung (Mat 22:37-39). Pernyataan misi MAC: “Seluruh Jemaat Membawa Seluruh Injil ke Seluruh Negeri – dan ke Seluruh Dunia!”

3

4 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Misi Gerakan Mercusuar MAC bertujuan memobilisasi gereja untuk mendoakan (pray), memperhatikan (care), dan membagikan (share) Kristus kepada setiap orang dewasa, kaum muda, dan anak-anak di seluruh Amerika.

5 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Visi Di seluruh negeri ada ribuan orang Kristiani yang menjadikan rumah, gereja, bisnis, dan kelompok-kelompok relasional lainnya menjadi Mercusuar. Masing-masing Mercusuar berkomitmen untuk mendoakan (pray), memperhatikan (care), dan membagikan (share) Kristus dengan kasih kepada tetangga, sahabat, dan keluarga yang belum mengenal Kristus.

6 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Unsur Unsur-unsur dari sebuah Mercusuar: Mendoakan (Prayer) dengan menyebutkan nama orang-orang yang belum mengenal Kristus, baik anggota keluarga, tetangga, rekan kerja, dan teman sekolah. Banyak di antaranya melakukan doa keliling atau berdoa kelompok. Memperhatikan (Care) dengan menunjukkan kebaikan hati: berolah raga bersama, memenuhi kebutuhan praktis, membangun jembatan hubungan. Membagikan (Share) membagikan kesaksian Injil, Film Yesus, traktat penginjilan, mengundang orang untuk menghadiri acara penjangkauan di gereja.

7 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Apa yang menggerakkan kita untuk berdoa? Bagaimana terang Tuhan bersinar melalui kita? Care Share Prayer Pernyataan kasih Tuhan yang menghasilkan terang. “Kamu adalah terang dunia” (Mat 5:14) “Bagaimana mereka dapat mendengar?” (Rom 10:14) Unsur

8 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Care Share Prayer Unsur 1+1+1=3 PADUAN dari Prayer, Care, Share Melipatgandakan Impak bagi Kerajaan Allah secara Eksponensial Share CarePrayer = = 9 Peningkatan Eksponensial Melakukan masing- masing secara terpisah: Melakukan dua unsur atau lebih secara bersama:

9 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Konteks Mercusuar dapat dikembangkan di mana saja: Sekolah – siswa mendoakan rekan siswanya yang lain di kelas mereka. Bisnis – karyawan mendoakan rekan kerjanya di kantor/pabrik, juga pelanggan dan pemasok yang berhubungan dengan mereka. Penjara – narapidana yang telah menjadi orang percaya menjadikan kamar tahanannya sebagai Mercusuar, untuk menjangkau sesama narapidana. Panti wredha – orang lanjut usia mendoakan orang-orang yang ada di ranjang atau kamar di dekatnya. Dan lain sebagainya –

10 mendoakan memperhatikan membagikan GARDU Menjadi Gerakan Terang Dunia

11 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Apa itu GARDU? Sebuah GARDU (Gerakan Terang Dunia) adalah seseorang, satu keluarga, atau sebuah kelompok kecil yang memiliki komitmen untuk mendoakan, memperhatikan, dan membagikan Kristus kepada anggota keluarga, teman, rekan kerja, tetangga, dll., khususnya mereka yang belum mengenal Dia. Orang-orang Kristiani yang mendoakan, memperhatikan, dan membagikan Kristus mempengaruhi orang-orang dalam lingkar pengaruh mereka. Doa menggerakkan tangan Tuhan dalam kehidupan orang lain (Yak 5:16). Perhatian menyatakan kasih Tuhan secara praktis (Mat 5:16). Berbagi akan membawa mereka kepada kuasa Injil (Rm 1:16).

12 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Siapa yang dapat menjadi GARDU? Setiap orang percaya dapat menjadi sebuah GARDU. Kristus yang adalah Terang Dunia berdiam di dalam kita masing-masing. Menjadi terang dunia berarti membiarkan Kristus bersinar melalui kita. Sebagaimana sebuah lilin yang menyala akan memancarkan cahaya, demikian juga seorang Kristiani semestinya bersinar menerangi sekitarnya. Setiap orang Kristiani sejati memiliki jalan masuk ke takhta Allah melalui Yesus Kristus, dan karenanya dapat berdoa. Setiap orang percaya yang telah di sentuh dengan perhatian dan kasih Tuhan, dapat memberi perhatian. Setiap anak Tuhan yang telah menerima anugerah Tuhan dapat membagikan kabar baik. Gaya hidup GARDU merupakan kekristenan yang mendasar.

13 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Mengapa saya harus menjadi GARDU? Setiap orang Kristiani diperintahkan untuk mendoakan orang-orang di sekitar mereka. Alkitab mendorong kita untuk “menaikkan permohonan, doa syafaat, dan ucapan syukur untuk semua orang” (1Tim 2:1). Semua orang meliputi keluarga, sahabat, tetangga, rekan kerja, dan teman sekelas, dll. Semua orang percaya wajib memperhatikan dengan penuh kasih orang-orang di lingkungan mereka seperti Yesus memerintahkan agar kita “mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri” (Mat 22:39). Kita semua ditantang Yesus untuk “menjadi saksi- Nya” (Kis 1:8), “pergi dan menjadikan semua bangsa murid-Nya” (Mat 28:19) dan “siap sedia pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang memintanya” (1Pet 3:15). Semua perintah ini menuntut agar kita membagikan iman kita.

14 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Mengapa GARDU efektif? Tuhan telah memilih untuk bekerja di dunia ini melalui doa-doa umat-Nya. GARDU efektif karena ketika kita berdoa Tuhan bekerja. Anugerah-Nya dicurahkan dan kuasa-Nya diarahkan melalui doa. Membangun hubungan dengan orang-orang yang belum mengenal Yesus bukan hal yang sulit. Orang-orang sangat menyambut doa dan terbuka terhadap orang lain yang mendoakan dan memperhatikan mereka. Hubungan akan mengarahkan kepada kesempatan untuk membagikan iman. Kebanyakan orang yang datang kepada Kristus datang melalui pengaruh seseorang yang berhubungan dekat dengan mereka.

15 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Siapa yang harus saya jangkau? Mulailah dengan orang-orang terdekat Anda (closest) — anggota keluarga, teman, atau seseorang yang telah mempercayai Anda. Merekalah yang paling terbuka. Anda memiliki tanggung jawab terbesar atas mereka yang Tuhan tempatkan di dekat Anda. Berikutnya adalah orang-orang yang Anda jumpai sehari-hari (casual) — teman sekelas, rekan kerja, atau tetangga. Mereka adalah orang yang merasa enak dengan Anda dan kemungkinan besar akan menanggapi doa/perhatian Anda dengan baik. Perhatikanlah juga orang-orang yang berhati-hati dengan Anda (cautious) — kenalan, tetangga, rekan kerja, pembantu yang terlihat tidak simpatik bahkan curiga terhadap kekristenan. Mereka juga akan berangsung-angsur responsif terhadap doa dan kasih Anda.

16 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana saya harus mendoakan? Pikirkan kata BERKAT untuk mengingat 5 cara penting dalam mendoakan sesama kita: BBadan (Fisik) – kesehatan, perlindungan, kekuatan EEmosi – sukacita, kedamaian, keteduhan hati, pengharapan RRohani – keselamatan, iman, anugerah KAKerja (Vokasional) – studi, pekerjaan, penghasilan, keuangan TTeman (Sosial) – teman-teman, pasangan, keluarga Secara khusus doakan agar Tuhan membebaskan mereka yang berada dalam perbudakan si jahat dan memberikan terang kepada mereka untuk melihat, telinga untuk mendengar, pikiran yang terbuka dan hati yang mau mendengar.

17 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana memulainya? Mulailah dengan doa pengakuan atas semua kegagalan kita dalam mendoakan, memperhatikan, atau membagikan iman di waktu yang lalu. Lalu buatlah sebuah daftar doa dimulai dari orang-orang yang memiliki hubungan terdekat dan lebih terbuka dengan Anda. Buatlah komitmen untuk berdoa bagi mereka paling tidak 5 kali seminggu. Mintalah Roh Kudus menolong Anda melakukannya. Jika memungkinkan, tentukan waktu dan tempat yang rutin untuk berdoa bagi mereka yang ada dalam daftar doa Anda. Lakukan dalam 24 jam berikutnya.

18 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World.

19 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana saya memperhatikan? Mulailah dengan membangun hubungan dengan setiap orang yang sedang Anda doakan. Kenali mereka dengan baik – nama anggota keluarganya, pekerjaan mereka, hobi, perhatian dan kebutuhan mereka. Berdoa keliling bagi orang-orang yang ada di sekitar Anda. Berusahalah untuk memahami bagaimana teman, kenalan, dan rekan kerja Anda memnadang kehidupan dengan menempatkan diri Anda pada situasi mereka. Berbuatlah kebaikan dan kemurahan. Kasihilah mereka karena benar-benar kita mengasihi! Ingat betapa berharganya mereka bagi Tuhan. Izinkan Tuhan mengasihi mereka melalui Anda.

20 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana saya membagikan Injil? Agar diselamatkan, setiap orang harus “mendengar” Kabar Baik (Rm 10:14). Lakukan apa yang Anda bisa untuk memastikan bahwa hal itu terjadi. Mintalah Tuhan membuka pintu kesempatan bagi Anda untuk secara pribadi membagikan Injil. Berikan mereka buku atau video yang berfokus pada Kristus, libatkan mereka dalam kelompok pemahaman Alkitab, kebaktian gereja, atau acara penginjilan di mana mereka akan mendengar berita Injil. Ingatlah “Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya” (Rm 1:16).

21 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana saya dapat meningkatkan efektivitas saya? Bertekunlah di dalam doa. Mintalah agar Tuhan memperdalam dan memperkuat kehidupan doa Anda. Berdoalah selalu dengan hati yang bersih dan roh yang taat. Milikilah hati yang penuh belas kasihan kepada yang terhilang dan terluka disekitar Anda. Jadilah seperti Yesus yang tergerak oleh belas kasihan ketika melihat orang-orang yang lelah dan terlantar (Mat 9:37). Ambillah waktu bersama mereka. Dengarkanlah mereka dengan penuh perhatian. Ajaklah orang Kristiani lainnya untuk mendoakan, memperhatikan, dan membagikan Injil bersama Anda. Semakin banyak doa dan hubungan yang dibangun akan meningkatkan efektivitas Anda.

22 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Bagaimana jika saya tidak melihat hasilnya? Jangan mengharapkan melihat hasil dengan cepat. Pandanglah secara jangka panjang. Beberapa orang akan memberikan respon dengan cepat, tapi ada juga yang sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Hafalkan dan peganglah kebenaran dalam Yak 5:16: ”Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya”. Yakinlah bahwa doa memiliki kuasa yang besar, apakah kita melihat hasilnya atau tidak. Sesuatu terjadi ketika kita berdoa dan tidak akan terjadi jika kita tidak berdoa (Yak 4:2b).

23 The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Apa yang akan saya alami seiring berjalannya waktu? Seiring berjalannya waktu Anda akan mendapati bahwa Tuhan sedang bekerja di dalam dan melalui Anda. Kuasa-Nya dinyatakan melalui doa Anda, kasih-Nya disalurkan melalui perhatian Anda, dan Injil-Nya disampaikan melalui kesaksian Anda. Anda sedang bekerja bersama Tuhan. Anda akan menemukan bahwa menjadi GARDU merupakan gaya hidup yang menggairahkan dan memenuhkan hati Anda. Anda akan tergetar mengalami kenyataan dari doa-doa yang dijawab. Anda akan diberkati melalui hubungan-hubungan yang baru dan bertumbuh. Dan Anda akan mengalami sukacita besar ketika melihat orang-orang terhilang datang kepada Kristus. Anda akan mendapati bahwa Anda juga berubah, semakin serupa Kristus, Sang Terang Dunia. GARDU akan menjadi gaya hidup, bukan sesuatu yang Anda (you do) lakukan melainkan itulah Anda (you are).

24 mendoakan memperhatikan membagikan GARDU Menjadi Gerakan Terang Dunia


Download ppt "The whole Church taking the whole Gospel to the whole Nation - and to the World. Prakarsa Gerakan Mercusuar diprakarsai oleh Mission America Coalition."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google