Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lingkungan Manajemen : Budaya Perusahaan, Etika Manajerial & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertemuan 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lingkungan Manajemen : Budaya Perusahaan, Etika Manajerial & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertemuan 4."— Transcript presentasi:

1 Lingkungan Manajemen : Budaya Perusahaan, Etika Manajerial & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertemuan 4

2 Macam-Macam Lingkungan Eskternal Perusahaan Lingkungan Umum Teknologi Sosiobudaya Ekonomi Hukum/Politik Internasional Lingkungan Tugas Pelanggan Pesaing Pemasok Pasar Tenaga Kerja Lingkungan Internal Karyawan Budaya Manajemen

3 Hubungan Organisasi dan Lingkungan Ketidakpastian lingkungan Ketidakpastian Tinggi Ketidakpastian Rendah Adaptasi dengan Lingkungan Adaptasi dengan Lingkungan TinggiRendah Tinggi Rendah Laju Perubahan Faktor di Dalam Lingkungan Jumlah Faktor Dalam Lingkungan Organisasi

4 Beradaptasi dengan Lingkungan Peran Lintas Batas (Boundary Spanning). Kemitraan Organisasi. Merger dan Usaha Patungan (Joint venture).

5 Pergeseran Menuju Paradigma Kemitraan Dari Orientasi Berlawanan Kecurigaan, kompetisi, kewajaran. Harga, efisiensi, keuntungan diri sendiri. Tuntutan hukum untuk menyelesaikan konflik. Informasi dan umpan balik terbatas Keterlibatan minimal dan investasi dilakukan ke depan. Kontrak jangka pendek. Kontrak membatasi hubungan. Menuju Orientasi Kemitraan Kpercayaan, nilai tambah bagi kedua belah pihak. Kesetaraan, transaksi wajar, setiap orang memperoleh keuntungan. Sambungan e-business untuk berbagi informasi dan melakukan transaksi digital. Koordinasi yang erat; tim virtual dan orang di lokasi. Keterlibatan dalam desain produk dan produksi oleh mitra. Kontrak jangka panjang. Bantuan usaha melalui kontrak yang ada.

6 Lingkungan Internal: Budaya Perusahaan Budaya (culture) Budaya yang dapat dilihat pada tingkat permukaan Terlihat 1.Artifak, pakaian, tata ruang, kantor, simbol, slogan, upacara resmi Tidak Terlihat 2.Nilai-nilai yang diungkapkan seperti “The Penny Idea”, “The HP Way”. 3.Asumsi dasar dan keyakinan yang dalam, seperti “Orang di sini saling memperhatikan satu sama lain seperti sebuah keluarga” Nilai-nilai yang lebih dalam dari pemahaman bersama yang dipegang oleh anggota organisasi.

7 Simbol (symbol). Cerita (story). Pahlawan (hero). Slogan Upacara resmi (ceremony).

8 Budaya yang Adaptif Budaya Perusahaan yang AdaptifBudaya Perusahaan yang Tidak Adaptif Perilaku yang terlihat Manajer sangat memperhatikan seluruh konstituen mereka, khususnya pelanggan dan mengawali perubahan bila perlu, untuk mendukung kepentingan yang terlegitimasi, meskipun harus menanggung beberapa risiko. Manajer cenderung berprilaku tertutup, politis dan birokratis. Akibatnya meerka tidak mengubah strategi dengan cepat untuk menyesuaikan diri atau mengambil keuntungan dari perubahan dalam lingkungan bisnis. Nilai yang Diungkapkan Manajer sangat memperhatikan pelanggan. Pemegang saham dan karyawan. Mereka juga sangat menghargai orang dan proses yang dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat (inisiatif kepemimpinan ke atas dan ke bawah dalam hierarki manajemen). Manajer lebih memperhatikan diri sendiri, kelompok kerja yang terdekat dengan atau beberapa produk (teknologi) yang berkaitan dengan kelompok kerja. Mereka lebih menghargai proses manajemen yang teratur dan dengan risiko yang berkurang daripada inisiatif kepemimpinan.

9 Jenis-jenis Budaya Budaya Kemampuan Beradaptasi Budaya Kemampuan Beradaptasi Budaya Birokratis Budaya Birokratis Budaya Klan Budaya Klan Budaya Pencapaian Budaya Pencapaian FleksibilitasStabilitas Eksternal Internal F o k u s S t r a t e g i Kebutuhan Lingkungan

10 Pemimpin Budaya (cultural leader) Mengartikulasikan suatu visi tetang budaya organisasi yang diyakini oleh para karyawan dan menghasilkan semangat yang tinggi. Harus menuntut kegiatan harian yang menekankan visi budaya.

11 Etika Manajemen Etika (ethics) Kode yang berisi prinsip-prinsip dan nilai-nilai moral yang mengatur prilaku orang atau kelompok terkait dengan hal benar atau salah. Menentukan standar sejauh mana sesuatu yang berhubungan dengan tingkah laku dan pengambilan keputusan dianggap baik atau buruk. Berhubungan dnegan nilai-niali internal yang merupakan sebagian dari budaya perusahaan dan membentuk keputusan mengenai tanggung jawab sosial yang berkaitan dengan lingkungan eksternal.

12 Kategori Prilaku Manusia Domain Hukum yang dikodifikasi (standar legal) Domain Etika (Standar Sosial) Domain Pilihan Bebas (Standar Pribadi) Besarnya Kontrol Eksplisit Tinggi Rendah

13 Kriteria Pengambilan Keputusan Pendekatan Utilitarian (utilitarian approach). Pendekatan Individualisme (individualism approach). Pendekatan Hak Moral (moral-rights approach). Pendekatan Keadilan (justice approach).

14 Pendekatan Utilitarian (utilitarian approach). Jeremy Bentham dan John Stuart Mill pada abad 19. Prilaku moral menghasilkan kebaikan paling utama dengan jumlah sebesar mungkin. Pengambil keputusan diharapkan mempertimbangkan masing-masing alternatif keputusan terhadap seluruh pihak dan memilih salah satu yang mengoptimalkan kepuasan sebagian besar orang.

15 Pendekatan Individualisme (individualism approach). Tindakan bermoral jika mempromosikan jagka panjang terbaik seseorang. Pengarahan mandiri seseorang merupakan hal mutlak dan kekuatan eksternal yang mengekang pengarahan mandiri. Individu menghitung keuntungan jangka panjang terbaik bagi dirinya sendiri untuk mengukur kebaikan suatu keputusan.

16 Pendekatan Hak Moral (moral-rights approach) Hak memberikan konsensi (the right of free consent). Hak untuk privasi (the right to privacy). Hak kebebasan menganut kepercayaan (the right of fredom of conscience). Hak kebebasan berbicara (the right of free speech). Hak memperoleh keadilan (the right to do process). Hak untuk hidup dan memperoleh keselamatan (the right to life and safety).

17 Pendekatan Keadilan (justice approach) Keadilan distribusi (distributive justice). Keadilan Procedural (procedural justice). Keadilan kompensasi (compensatory justice)

18 Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan- pilihan etis: Manajer Organisasi Mengikuti prinsip keadilan dan kebenaran yang dipilih sendiri. Menyadari bahwa orang memiliki nilai yang berbeda dan mengupayakan solusi kreatif untuk dilema etika. Menyeimbangkan perhatian terhadap individu dengan perhatian terhadap kebaikan bersama. Memenuhi harapan orang lain. Memenuhi tugas dan kewajiba sistem sosial. Menjunjung tinggi hukum. Mengikuti aturan untuk menghindari hukuman. Betindak untuk kepentingan sendiri. Kepatuhan untuk keselamatan sendiri. Gaya KepemimpinanOtoriter/Memaksa Menuntun/Mendorong Berorientasi pada kelompok Kepemimpinan transformatif atau pelayanan. Perilaku KaryawanPencapaian tugas Kolaborasi Kelompok Pemberdayaan, Partisipasi penuh

19 Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility) Kewajiban manajemen membuat pilihan dan mengambil tindakan yang akan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan dan kepentingan masyarakat organisasi itu sendiri.

20 Pihak-pihak yang Berkepentingan dalam Organisasi Lingkungan Masyarakat Asosiasi Profesioanl Pelanggan Domestik Pelanggan Internasional Persaingan Domestik Media Pemegang Saham Pemilik Persaingan Internasional Pemasok Kelompok Dagang Karyawab/Ser ikat Pekerja Pemerintah Negara Bagian/Federal Pemerintah Luar Negeri Investor Pengadilan Kelompok Kepentingan Khusus Mitra Kreditor Perusahaan Internet Perusahaan Peranti Lunak Besar

21 4/7/ Lingkungan Alam Pendekatan Aktivis Pendekatan Pihak yang Berkepentingan Pendekatan Pasar Pendekatan Legal Nuansa Hijau Perusahaan

22 Kriteria Kinerja Sosial Peruahaan Tanggung Jawab Ekonomi Tanggung Jawab Legal Tanggung Jawab Etika Tanggung Jawab Diskresi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Secara Keseluruhan

23 ORGANISASI BERETIKA Struktur dan Sistem Organisasi -Budaya perusahaan. - Kode etik. -Direktur etika (Chief ethics officer) - Pelatihan etika. -Mekanisme -Pembocor - (whistle blowing) Kepemimpinan Beretika -Model Peran. -Mempertahan- kan nilai moral dalam organisasi. -Mengkomunikasi- kan nilai dan etika. -Menghargai prilaku yang beretika. -Mendisiplinkan prilaku yang tidak etis. Individu Beretika -Integritas - Kejujuran - Inspirasi kebenaran. - memperlakukan orang dengan benar. - Berlaku wajar. -Tingkat pekembangan moral yang tinggi.


Download ppt "Lingkungan Manajemen : Budaya Perusahaan, Etika Manajerial & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertemuan 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google