Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AZUBA DAN DINA KELAS ALKITAB MALAM 10 SEPTEMBER 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AZUBA DAN DINA KELAS ALKITAB MALAM 10 SEPTEMBER 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI."— Transcript presentasi:

1 AZUBA DAN DINA KELAS ALKITAB MALAM 10 SEPTEMBER 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

2 Siapakah Azuba ?  AZUBA  Putri Silhi (1 Raj 22:42; 2 Taw 20:31)  Ibunda Yosafat, raja Yehuda (1 Raj 22:42; 2 Taw 20:31)  AZUBA  Isteri Kaleb bin Hezron (1 Taw 2:18-19)  Ibunda Yeriot (1 Taw 2:18)

3  Arti nama : ‘ yang ditinggalkan ‘  Dalam alkitab ada banyak kisah tentang pengaruh ibu dalam diri seorang anak.  Pengaruh Azuba dalam kehidupan Yosafat ialah : 1. Yosafat menetapkan agar rakyat tidak menyembah baal melainkan Tuhan (2 Taw.17:3-4). Di Hakim 2:13, dijelaskan tentang penyembahan kepada Baal dan Asytoret adalah dewi kesuburan, maka penyembahan kepada baal adalah pelaku free seks.

4 2. Pemerintahan raja Yosafat adalah pemerintahan yang membawa pembaruan spiritual bagi bangsa Yehuda. 3. Yosafat yang tidak total menghapus baal akhirnya menyaksikan Yoram,anaknya membunuh semua anak yang lain. Dengan latar belakang yang demikian maka yosafat tetap membangun aliansi dengan Ahab yang sangat dipengaruhi Izebel.

5  Nampak bahwa pengaruh Azuba tidaklah sekuat pengaruh Izebel atau pengaruh Lois dan Eunike.  Bagaimanakah membangun pengaruh yang baik sebagai seorang perempuan Kristen dalam kehidupan sehari-hari ?

6 Siapakah Dina ?  Catatan hidup Dina di Alkitab adalah pengalaman tragisnya ketika Yakub dan keluarganya baru sampai kembali di tanah Kanaan dari Padan-Aram. Dina mengunjungi perempuan- perempuan di negeri itu dan terlihatlah ia oleh Sikhem, anak Hemor, orang Hewi, raja negeri itu, lalu Dina itu dilarikannya dan diperkosanya. Tetapi Sikhem jatuh cinta kepada Dina dan berusaha menenangkan hati gadis itu. Sikhem bahkan berkata kepada Hemor, ayahnya: "Ambillah bagiku gadis ini untuk menjadi isteriku." Lalu Hemor ayah Sikhem, pergi mendapatkan Yakub untuk berbicara dengan dia. Kanaan dari Padan-Aram. Dina mengunjungi perempuan- perempuan di negeri itu dan terlihatlah ia oleh Sikhem, anak Hemor, orang Hewi, raja negeri itu, lalu Dina itu dilarikannya dan diperkosanya. Tetapi Sikhem jatuh cinta kepada Dina dan berusaha menenangkan hati gadis itu. Sikhem bahkan berkata kepada Hemor, ayahnya: "Ambillah bagiku gadis ini untuk menjadi isteriku." Lalu Hemor ayah Sikhem, pergi mendapatkan Yakub untuk berbicara dengan dia.

7  Dina bahasa Ibrani: דִּינָה Dinah, adalah satu-satunya putri Yakub dan Lea yang disebutkan namanya dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Tidak banyak yang diketahui mengenai hidupnya kecuali ketika mengunjungi perempuan-perempuan Kanaan, ia dilarikan dan diperkosa oleh Sikhem, anak Hemor, orang Hewi, raja negeri itu. Dengan tipu muslihat, kakak-kakak Dina, Simeon dan Lewi, membunuh Sikhem, Hemor dan orang-orang sekotanya, untuk membalas dendam, seperti yang dicatat dalam kitab (Kejadian pasal 34.bahasa Ibrani: דִּינָה Dinah, adalah satu-satunya putri Yakub dan Lea yang disebutkan namanya dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Tidak banyak yang diketahui mengenai hidupnya kecuali ketika mengunjungi perempuan-perempuan Kanaan, ia dilarikan dan diperkosa oleh Sikhem, anak Hemor, orang Hewi, raja negeri itu. Dengan tipu muslihat, kakak-kakak Dina, Simeon dan Lewi, membunuh Sikhem, Hemor dan orang-orang sekotanya, untuk membalas dendam, seperti yang dicatat dalam kitab (Kejadian pasal 34.)

8  Dina adalah perempuan yang mengalami ‘kejahatan seksual’.  Persitiwa Dina dan balas dendam saudaranya adalah peristiwa tragis dalam kehidupan keluarga Yakub.  Bagaimana pandangan tentang domestic violence ?


Download ppt "AZUBA DAN DINA KELAS ALKITAB MALAM 10 SEPTEMBER 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google