Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODOLOGI PENELITIAN Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom Program Studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODOLOGI PENELITIAN Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom Program Studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur 2011."— Transcript presentasi:

1 METODOLOGI PENELITIAN Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom Program Studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur 2011

2 Metodologi Penelitian Standar kompetensi: Mahasiswa peserta kuliah ini mampu menyusun proposal, laporan penelitian dan makalahnya dengan baik dan benar.

3 Penugasan 1.Bedah skripsi kakak kelas. Pertemuan 3, 4, 5. 2.Pembuatan proposal penelitian. Pertemuan 6, 7. 3.Presentasi proposal penelitian. Pertemuan 10, 11, 12, 13, Pembuatan makalah. Pertemuan 15.

4 Pokok-pokok Bahasan 1.Dasar-dasar Metodologi Penelitian. 2.Berpikir Ilmiah. 3.Perumusan Masalah. 4.Pendahuluan Penelitian. 5.Tinjauan dan Daftar Pustaka. 6.Rencana Penelitian. 7.Pembahasan Penelitian. 8.UTS. 9.Laporan Penelitian. 10.Presentasi Proposal (5 pertemuan). 15.Makalah Penelitian. 16.UAS.

5 Standar Penilaian [ N.UTS + N.UAS ] / 2 N.UTS = 0.6*UTS + 0.4*Tugas N.UAS = 0.6*UAS + 0.4*Tugas Distribusi nilai = Kurva Normal. Syarat ikut Ujian = 75% Hadir Kuliah.

6 Metodologi Penelitian Metodologi Metode dan logos. Kumpulan pengetahuan terstruktur atau teori tentang metode. Metode dipelajari dan distrukturkan pengetahuannya untuk mempermudah pengerjaan sesuatu. Metodologi perancangan aplikasi mempermudah proses perancangan aplikasi. Metodologi penelitian/ riset mempermudah proses pengerjaan penelitian.

7 Metodologi Penelitian Dalam ilmu komputer/sistem informasi/teknologi informasi merupakan “langkah- langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/ sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT 5 ”.

8 Komponen Metodologi Bagaimana suatu project dipecah kedalam beberapa tahapan ? Apa yang dikerjakan pada setiap tahapan ? Apa keluaran yang dihasilkan ? Kapan setiap tahapan tersebut dikerjakan? Apa batasan yang diterapkan ? Siapa yang terlibat ? Bagaimana project tersebut dikelola dan di kontrol ? Alat pendukung apa yang digunakan ?

9 Metodologi Penelitian Penelitian Rangkaian kegiatan sistematis untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan dan menganalisis data untuk mendapatkan pemahaman (kesimpulan) yang lebih baik. Salah satu cara untuk memecahkan suatu masalah. Cara lain??? dengan studi pustaka.

10 Metodologi Penelitian Penelitian Ilmiah. Kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum yang didukung oleh kaidah-kaidah ilmu pengetahuan. Penelitian Non Ilmiah?

11 Metodologi Penelitian Penelitian dilakukan dengan pendekatan RASIONAL dan EMPIRIS. Rasional : Cara mencari tahu pengetahuan baru dengan anggapan bahwa segalanya itu ada pada pikiran manusia. Kemampuan manusia untuk berpikir dengan akal sehat. Empiris : Pengetahuan yang diperoleh berdasarkan atas data melalui observasi atau dari hasil pengamatan terhadap fenomena yang terjadi.

12 Metodologi Penelitian Yang UTAMA dalam Penelitian adalah Ada yang BARU dalam hal : Metode. Obyek. Tools. Hasil. Butuh studi literatur yang cukup baik di awal.

13 Jenis Penelitian A.BERDASARKAN TIPE: 1. HISTORIS  deskripsi kejadian masa lampau. 2. EKSPLORATORIS  mencari hubungan baru masalah kompleks. 3. DISKRIPTIF  deskripsi tentang yang saat ini berlaku. 4. EKSPERIMEN  menjelaskan efek manipulasi variabel. B. BERDASARKAN TUJUAN: 1. PENELITIAN DASAR  menemukan teori umum. 2. PENELITIAN TERAPAN  memperoleh penemuan aplikatif. C. BERDASARKAN TEMPAT: 1. PENELITIAN PERPUSTAKAAN 2. PENELITIAN LAPANGAN 3. PENELITIAN LABORATORIUM

14 Etika Penelitian Jujur Obyektif Integritas Teliti Terbuka Menghargai HAKI Menghargai kerahasiaan sumber data Publikasi terpercaya Pembinaan konstruktif Menghargai kolega Tanggung jawab sosial Mengutamakan keselamatan manusia

15 See you next week Pekan depan mengumpulkan judul skripsi. Tema IT/ IS. Tidak boleh sama.

16 Berpikir Ilmiah Sally dan Fred sama-sama memiliki mata biru. Semua anak Sally dan Fred mempunyai mata biru. Benar atau salah?

17 Pada tahun Kabisat, bulan February mempunyai 29 hari. Tahun 1997, bulan February mempunyai 28 hari. Tahun 1997 bukan tahun Kabisat. Benar atau salah?

18 All citrus fruit contains vitamin C All oranges are citrus fruit All oranges contain vitamin C Benar atau salah?

19 All puppies are cute All kittens are cute All puppies are kittens Benar atau salah?

20 Perumusan Masalah

21 Bagian Pendahuluan

22 Tinjauan Pustaka

23 Rencana Penelitian

24 Bagian Pembahasan

25 Laporan Penelitian

26 Makalah Penelitian

27 TAMAT…


Download ppt "METODOLOGI PENELITIAN Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom Program Studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google