Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERIAL KOMPOSIT  Material komposit adalah penggabungan atau pencampuran bahan yang sekurang- kurangnya teridiri dari dua bahan material yang berbeda.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERIAL KOMPOSIT  Material komposit adalah penggabungan atau pencampuran bahan yang sekurang- kurangnya teridiri dari dua bahan material yang berbeda."— Transcript presentasi:

1

2 MATERIAL KOMPOSIT  Material komposit adalah penggabungan atau pencampuran bahan yang sekurang- kurangnya teridiri dari dua bahan material yang berbeda phasa dan sifat mikroskopisnya dengan menggunakan aturan tertentu

3 Nilai-nilai propertis dari material (mechanical properties) sangat diperlukan oleh suatu material agar kita dapat mengetahui dan menggunakan material tersebut dengan benar. Nilai-nilai propertis dari material yang dibutuhkan adalah :  1. Modulus elastisitas (modulus of elasticity atau Young’s Modulus)  2. Massa jenis Untuk mendapatkan nilai elastisitas bahan perlu dilakukan pengujian secara langsung dengan cara melakukan uji tarik material. 1. Nilai material propertis

4

5 A. Tegangan Besarnya gaya persatuan luas pada bahan tersebut disebut sebagai tegangan. Dimana A adalah luas penampang yang menahan P. Intensitas gaya yang terbagi pada luasan seluas A disebut tegangan, (sigma). Maka dapat ditentukan persamaan dari P adalah resultante gaya internal di penampang A.  P = satuan gaya (N)  A = satuan luas (m2)  σ=tegangan (N/m2)

6 B. Regangan Regangan normal karena beban aksial material yang menerima pembebanan akan mengalami deformasi. Perbandingan antara deformasi dengan panjang mula- mula disebut sebagai regangan Nilai regangan dapat dicari dengan rumus : dimana :  δ = Nilai selisih antara (L – L0) (mm)  L = Panjang batas uji specimen setelah diuji (mm)  L0 = Panjang batas uji specimen sebelum diuji (mm)

7 2.Modulus Elastisitas (Ε) Modulus elastisitas atau modulus young atau young’s modulus (E) menyatakan kekakuan (stiffness) bahan. Modulus elastisitas ditunjukkan oleh kemiringan garis pada kurva tegangan-regangan pada daerah elastic. Pada daerah elastic berlaku hukum hooke. Untuk mendapatkan nilai modulus elastisitas digunakan rumus: dimana:  σpl = Nilai tegangan yang aman (Pa)  E= Nilai regangan yang aman (mm/mm)

8 3. Massa Jenis Suatu material pastilah mempunyai nilai massa jenis, massa jenis suatu material didapat dengan cara mengukur langsung benda tersebut. Untuk menghitung massa jenis digunakan rumus: dimana:  m = Massa material (gr)  V = Volume material (mm3)


Download ppt "MATERIAL KOMPOSIT  Material komposit adalah penggabungan atau pencampuran bahan yang sekurang- kurangnya teridiri dari dua bahan material yang berbeda."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google