Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Agnes Llewelyn 50406040.  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Agnes Llewelyn 50406040.  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih."— Transcript presentasi:

1 Agnes Llewelyn

2  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih menarik untuk dilihat.  Karakter 3D manusia akan digunakan sebagai objek dalam simulasi penyelamatan gempa bumi, untuk memberi pengarahan bagaimana cara penyelamatan diri dan memberi gambaran keadaan sekiranya jika seseorang berada dalam situasi tersebut.

3  Pembuatan sebuah karakter 3D manusia untuk simulasi penyelamatan gempa bumi yang dapat dianimasikan, serta dapat berekspresi melalui mimik wajahnya.

4  Membuat karakter 3D yang dapat berekspresi melalui animasi dan face morphing, yang nantinya akan digunakan pada simulasi.  Simulasi untuk penyelamatan dasar jika terjadi gempa bumi.

5  Tahap pertama ◦ Membuat sebuah objek 3D manusia (perempuan), meliputi bentuk tubuh keseluruhan, proses morphing (mimik wajah), dan penganimasian.  Tahap kedua : ◦ Membuat environment/lingkungan untuk simulasi ◦ Membuat simulasi.

6

7

8  Teknik yang dilakukan adalah membangun objek 3D dengan line/ garis, kemudian dirangkai sedemikian rupa mengikuti gambar referensi wajah perempuan yang telah disiapkan.

9

10  Teknik yang digunakan berbeda dari pemodelan untuk wajah. Pada pemodelan tubuh, objek 3D dibangun dari cube/ kubus yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk tubuh manusia. Cube ini dibentuk mengikuti gambar referensi tubuh manusia (perempuan) yang telah disiapkan sebelumnya.

11

12  Digunakan sebagai “tulang” dari tubuh karakter 3D yang telah selesai dibuat. Biped berfungsi sebagaimana fungsi tulang yang sebenarnya pada tubuh manusia, untuk bergerak, dalam hal ini untuk dianimasikan.

13

14

15

16

17

18  Perbandingan

19  Proses pembuatan karakter 3D (Modeling) dengan jumlah polygon tinggi/ high detail object memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pemodelannya.  Ekspresi mimik wajah karakter 3D, serta animasi tubuhnya berubah sesuai dengan keadaan dalam simulasi. Dengan begitu, hal- hal tentang proses penyelamatan dapat disampaikan kepada penerima informasi.

20  Spesifikasi VGA card yang tinggi berpengaruh selama proses pemodelan, yaitu dapat mengurangi terjadinya “hang” yang disebabkan oleh beratnya kerja komputer.  Spesifikasi prosesor tidak terlalu berpengaruh terhadap waktu pengerjaan baik dalam pemodelan maupun proses rendering.

21  Simulasi ini dapat dikembangkan lagi dengan penambahan suara dan efek-efek yang berkaitan dengan simulasi, sehingga simulasi dapat menjadi lebih hidup.

22


Download ppt "Agnes Llewelyn 50406040.  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google