Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Piranti Interaksi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Piranti Interaksi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b."— Transcript presentasi:

1 Piranti Interaksi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b

2 IMK Sesi 72/41 Topik Bahasan Keyboard Piranti penunjuk (pointing devices) Pengenalan, digitisasi, dan penghasilan ucapan Tayangan gambar dan video Printer

3 IMK Sesi 73/41 Keyboard Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard: – QWERTY layout – Dvorak layout – ABCDE layout Beberapa pad tombol selain huruf: – Numeric keypad – Function keys – Tombol-tombol pergerakan kursor

4 IMK Sesi 74/41 QWERTY Layout _-_- +=+= QEWRTYIUOP ADSFGHKJL :;:; "'"' ZCXVBN <,<, M >.>. ?/?/

5 IMK Sesi 75/41 QWERTY Layout (Lanj.) Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.

6 IMK Sesi 76/41 Dvorak Layout <><> +=+= "'"'., PYFRGCL ?/?/ AEOUIDTHNS _-_- :;:; JQKXBWMVZ

7 IMK Sesi 77/41 Dvorak Layout (Lanj.) Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.

8 IMK Sesi 78/41 ABCDE Layout Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.

9 IMK Sesi 79/41 Numeric Keypad *0# Telepon Kalkulator

10 IMK Sesi 710/41 Tombol-tombol Keyboard yang Baik Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm. Agak cekung. Dibuat dengan bahan yang bersifat dof. Diaktifkan dengan gaya gf. Jika ditekan masuk 3-5 mm. Tombol-tombol khusus lebih besar. Tanda bagi Caps Lock, Num Lock. Warna yang informatif. Label harus cukup besar untuk dibaca. Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai.

11 IMK Sesi 711/41 Function Keys Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12 atau PF1 … PF24. Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.

12 IMK Sesi 712/41 Tombol-tombol Pergerakan Kursor                   (a)(b) (c)(d) (e)(f) (g) (h)

13 IMK Sesi 713/41 Tombol-tombol Pergerakan Kursor (Lanj.) Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic (auto-repeat). Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb.

14 IMK Sesi 714/41 Piranti Penunjuk Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung. Kelebihan: – Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard. – Dapat memusatkan perhatian pada tampilan. Ada dua kelompok piranti penunjuk: – Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar. – Indirect pointing devices: kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar.

15 IMK Sesi 715/41 Tugas Interaksi Piranti Penunjuk Select: memilih dari seperangkat item. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva. Quantify: menentukan nilai numerik. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.

16 IMK Sesi 716/41 Macam-macam Direct Pointing Devices Light pen Touch screen Stylus

17 IMK Sesi 717/41 Light Pen Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya. Kelemahan: – Tangan menutupi layar; – Tangan jauh dari keyboard; – Light pen harus diangkat.

18 IMK Sesi 718/41 Touch Screen Langsung menyentuh layar dengan jari. Kelemahan: – Melelahkan; – Tangan menutupi layar; – Tangan jauh dari keyboard; – Penunjukan tidak presisi; – Layar bisa kotor.

19 IMK Sesi 719/41 Stylus Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.

20 IMK Sesi 720/41 Macam-macam Indirect Pointing Devices Mouse Trackball Joystick Trackpoint (pointing stick) Graphics tablet Touchpad

21 IMK Sesi 721/41 Mouse Kelebihan: – Posisi tangan nyaman; – Tombolnya mudah ditekan; – Pergerakan panjang cepat; – Penempatan presisi. Kelemahan: – Tangan harus pindah dari keyboard; – Memakan tempat di meja; – Kabelnya mengganggu; – Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang; – Harus berlatih untuk bisa menguasainya.

22 IMK Sesi 722/41 Trackball “Mouse terbalik”. Tidak memakan banyak tempat. Banyak digunakan pada laptop.

23 IMK Sesi 723/41 Joystick Baik untuk tracking. Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah.

24 IMK Sesi 724/41 Trackpoint (Pointing Stick) Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan.

25 IMK Sesi 725/41 Graphics Tablet Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar. Mendeteksi gerakan stylus atau puck. Keuntungan: – Posisi tangan nyaman. – Tidak perlu menunjuk layar. – Permukaan luas.

26 IMK Sesi 726/41 Touchpad Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar.

27 IMK Sesi 727/41 Hukum Fitts untuk Piranti Penunjuk Model pergerakan tangan dalam menggerakkan kursor di tampilan. Ditemukan oleh Paul Fitts (1954). Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.

28 IMK Sesi 728/41 Hukum Fitts (Lanj.) Bila D = jarak dan W = lebar target: – Index of difficulty = 2 log (2D/W) – Time to point = C 1 + C 2 (IOD) detik C 1 dan C 2 : konstanta tergantung piranti. – Untuk presisi tinggi: Time for precision pointing = C 1 + C 2 (IOD) + C 3 2 log (C 4 /W)

29 IMK Sesi 729/41 Hukum Fitts (Lanj.) Contoh: – Target berukuran 1 cm, Jarak 8 cm – IOD = 2 log (2 × 8 / 1) = 4 – Time to point = (4) = 0.6 detik.

30 IMK Sesi 730/41 Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan Pengenalan ucapan masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah: – Lebih menuntut ingatan kerja pemakai. – Derau latar belakang bermasalah. – Variasi kinerja ucapan pemakai mempengaruhi keefektifan.

31 IMK Sesi 731/41 Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan (Lanj.) Macam-macamnya: – Discrete-word recognition – Speech recognition – Speech store and forward – Speech generation – Audio tones, audiolization, music

32 IMK Sesi 732/41 Discrete-Word Recognition Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu. Kehandalan 90-98% untuk kosakata kata. Berguna jika: – Tangan pembicara sibuk. – Mobilitas diperlukan. – Mata pembicara sibuk. – Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard.

33 IMK Sesi 733/41 Speech Recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal. Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara. Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice.

34 IMK Sesi 734/41 Speech Store and Forward Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan. Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.

35 IMK Sesi 735/41 Speech Generation Komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu.

36 IMK Sesi 736/41 Audio Tones, Audiolization, Music Umpan balik berupa suara (bukan ucapan). Audio tone: nada sebagai output komputer. Audiolization: presentasi informasi yang lebih kompleks dengan kombinasi suara.

37 IMK Sesi 737/41 Tayangan Gambar dan Video Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer.

38 IMK Sesi 738/41 Tayangan Gambar dan Video Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer. Bentuknya: – Monitor – Fotografi digital: Download ke komputer mudah. – Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM. – Proyektor – Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat. – Helmet-mounted displays

39 IMK Sesi 739/41 Teknologi Display Raster-scan cathode ray tube (CRT) – Senapan elektron menyapukan pixel. – Refresh rate yang lebih tinggi disukai. Liquid-crystal displays (LCD) – Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair. Plasma panel – Gas neon dipendarkan oleh arus listrik. Light-emitting diodes (LED) – Diode dinyalakan oleh arus listrik.

40 IMK Sesi 740/41 Printer Dot-matrix printer – Menggunakan pita bertinta. Inkjet printer – Tidak berisik, kualitas cetakan baik. Thermal printer – Tidak berisik, murah. – Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa. Laser printer – Hasil berkualitas tinggi.

41 IMK Sesi 741/41 Printer (Lanj.) Plotter – Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas. Photographic printer – Menghasilkan slide dan cetakan foto. Newspaper/magazine-layout systems – Hasil berkualitas produksi.


Download ppt "Piranti Interaksi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google