Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Selanjutnya Mari kita membaca Do’a الهم سبحانك لاعلم لناإلا ماعلمتناإنك أنت العليم الحكيم Ya! Allah, Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Selanjutnya Mari kita membaca Do’a الهم سبحانك لاعلم لناإلا ماعلمتناإنك أنت العليم الحكيم Ya! Allah, Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain."— Transcript presentasi:

1

2

3 Selanjutnya Mari kita membaca Do’a الهم سبحانك لاعلم لناإلا ماعلمتناإنك أنت العليم الحكيم Ya! Allah, Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau beritahukan kepada kami. Sesungguhnya Engkau yang Mahamengetahui lagi Mahabijaksana Dengan nama Allah yang Maha pengasih Maha penyayang Pemantulan Cahaya Pada Cermin Cekung

4 اللهم رب الناس مذهب البأس أشف أنت الثافي اللهم لا شفـي الا انت شفاء لايغادر سقما ALLOHUMMA ROBBANNAASI MUDZHIBAL BA’SI ASYFI ANTA SYAAFI ALLOHUMMA LAASYAFIYA ILLA ANTA SYIFAAN LAA YUGHODIRU SAKOMAN YA, ALLOH, ENGKAU PEMELIHARA MANUSIA PEMUNAH SEGALA KEMALANGAN, SEMBUHKANLAH DIA, KARENA ENGKAULAH YANG DAPAT MENYEMBUHKAN. YA, ALLOH TAK ADA SEORANGPUN YANG MAMPU MENGOBATI KECUALI ENGKAU, DENGAN OBAT YANG TAK MENIMBULKAN EFEK SAMPING. (AL-BUKHORY)

5

6 Tentang tiga sinar istimewa pada cermin cekung PERHATIK AN ANIMASI Hukum pemantulan cahaya yang berlaku pada cermin cekung

7 PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN CEKUNG Hukum pemantulan berlaku juga pada cermin cekung Tiga sinar istimewa pada cermin cekung : 1. Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan m elalui titik focus. 2. Sinar datang melalui titik focus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.

8 3. Sinar datang menuju titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan itu juga

9 f = jarak fokus (m) s = jarak benda (m) s' = jarak bayangan (m) Jarak fokus sama dengan separuh jarak pusat kelengkungan cermin f = ½ R, Perbesaran bayangan didefinisikan sebagai perbandingan ukuran bayangan dengan ukuran bendanya. Dalam bentuk persamaan, dengan M = perbesaran bayangan h = tinggi benda (m) h' = tinggi bayangan (m)

10 1.Sebuah benda terletak 5 cm di depan sebuah cermin cekung yang berjari-jari 20 cm. Tentukan : (a) jarak bayangan (b) Perbesaran bayangan! (c) Sifat bayangan Penyelesaian: Diketahui : s = 5 cm, R = 20 cm, jadi f = 10 cm Ditanya : a. s' b. M c. Sifat bayangan a. Gunakan persamaan: 1/s’ = 1/10 – 1/5 1/s’ = 1/10 – 2/10 1/s’ = - 1/10 S’ = - 10 cm Jadi jarak bayangan = 10 cm. tanda negatif bermakna bahwa benda di belakang cermin dan bersifat maya. b. Perbesaran bayangan jadi ukuran bayangan 2 kali lebih besar dari ukuran bendanya. c. Sifat bayangan - maya, tegak diperbesar.

11 2.2. Sebuah benda yang tingginya 4 cm diletakkan 15 cm di depan cermin cekung dengan jari-jari kelengkungan 20 cm. Tentukan (a) jarak bayangan (b) tinggi bayangan (c) sifat- sifat bayangan yang terbentuk! a.a. Jarak bayangan ditentukan dengan menggunakan persamaan : s' = 30 cm Jadi jarak bayangan 30 cm di depan cermin. b.b. Tinggi bayangan ditentukan dengan menggunakan persamaan: Jadi, tinggi bayangan 8 cm yang berarti lebih besar dari tinggi bendanya. c.c. Sifat bayangan adalah nyata, terbalik diperbesar Sebenarnya Anda dapat menggunakan Dalil Esbach untuk menentukan sifat-sifat bayangan. Dari data soal diketahui bahwa benda diletakkan di antara fokus utama dan pusat kelengkungan cermin. Jadi di ruang 2 sehingga bayangannya ada di ruang 3 dan bayangan akan bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar Penyelesaian: Diketahui: h = 4 cm s = 15 cm R = 20 cm  f = 10 cm Ditanya: a. s' b. h' c. sifat-sifat bayangan Jawab:

12 Untuk mengakhiri Pelajaran ini mari kita tutup dengan Do’a Kifaarat Majlis, mudah-mudahan selama kita berada dalam majlis Ilmu ini mendapat ampunan dari Allah SWT. سبحانك الهم وبحمدك اشهدان لااله الآ انت اسـتغفرك واتوب اليك Mahasuci Engkau ya Allah dan Maha Terpuji, hamba bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, hamba mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu. الحمدلله رب العالمـين Dengan nama Allah yang Maha pengasih Maha penyayang Do’a Kifaroh Majlis

13 Holik Abdul Basyit, SPd. Guru Fisika SMP Negeri 1 Kalipucang Pengajar: Sekian dan Terimakasih والسلام عليكم ورحمةالله وبركة


Download ppt "Selanjutnya Mari kita membaca Do’a الهم سبحانك لاعلم لناإلا ماعلمتناإنك أنت العليم الحكيم Ya! Allah, Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google