Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI PENCARIAN / PENELUSURAN INFORMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI PENCARIAN / PENELUSURAN INFORMASI"— Transcript presentasi:

1 STRATEGI PENCARIAN / PENELUSURAN INFORMASI

2 Mana yang sebaiknya dilakukan / disarankan ?????
Kejadian sehari-hari Penelusuran tidak langsung KEPUASAN ??? KINERJA ??? Pengguna Butuh informasi Lama Cepat Terpenuhi Tidak terpenuhi - sibuk - tidak mengerti - malas Kekurangan Kelebihan Penelusuran Langsung Mana yang sebaiknya dilakukan / disarankan ?????

3 Informasi & Komunikasi
konsep Koleksi Kebutuhan Informasi Pengguna Kepuasan Pengguna PENELUSURAN - Perolehan - Ketepatan Teknologi Informasi & Komunikasi HW,SW

4 Permasalahan Penelusuran
Dampak perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi semakin beragamnya aplikasi penelusuran, berkembangnya penggunaan internet dan teknologi penyimpanan informasi pada perpustakaan atau lembaga informasi, seperti hardisk, disket, flashdisk, CD-ROM, DVD, Optical disc dan sebagainya. Di Indonesia, walaupun baru sekitar 15 % penggunanya, keberadaan media internet sudah diterima oleh masyarakat dan menjadikannya pusat informasi yang dapat diakses dari manapun tanpa mengenal ruang dan waktu.

5 Dampak Perkembangan TI terhadap pemenuhan kebutuhan informasi
Di satu sisi, orang membutuhkan informasi yang sesuai dan berguna baginya di pihak lain teknologi informasi mengemas informasi dengan formatnya masing-masing Seringkali orang ingin mencari informasi, namun tidak mengetahui dimana tempat informasi tersebut tersimpan. Bahkan, ketika seseorang mengetahui tempat penyimpanan informasi kesulitan dalam teknik menemukan atau menelusur informasi tersebut secara efektif dan efisien.

6 Cara manual memerlukan waktu yang lebih lama
Cara elektronik tidak dapat membedakan arti suatu kata secara spesifik Diperlukan pengetahuan terhadap sistem, terutama adaptasi terhadap software yang digunakan, sehingga memerlukan pemahaman secara mendetail tidak saja terhadap subjek, tetapi juga terhadap sistemnya, Tidak semua pemakai atau pencari informasi mengerti pemanfaatan logika boolean. Bagaimana strategi / kiat penelusuran yang harus diterapkan agar informasi yang diperlukan dapat disediakan dalam waktu yang singkat dan informasi yang diperolehnya mempunyai nilai relevansi yang tinggi.

7 Sulistyo-Basuki (1999) kegagalan menemukan informasi dapat disebabkan oleh 1. Unjuk kerja alat telusur (sistem) 2. Keputusan pemakai saat berinteraksi dengan sistem Kegagalan yang diakibatkan oleh keputusan pemakai serta interaksinya lebih besar, lebih serius dan lebih sulit dibenahi.

8 Kiat penelusuran informasi melalui Off-line dan On-Line
Kiat penelusuran informasi melalui Off-line dan On-Line. Offline alat telusur manual atau elektronis Online internet Penelusuran sebaiknya dilakukan oleh pencari informasi sendiri secara langsung, karena sifat subjektifitas dari kebutuhan informasi dan penguasaan terhadap subjek yang dibutuhkan. Hal tersebut didukung pula oleh Sulistyo-Basuki (1999).

9 Penelusuran pada Internet (Online)
Internet adalah network dari network sifat : global, tidak dikendalikan oleh perorangan, organisasi atau negara tertentu dapat digunakan untuk mentransfer semua jenis data yang berbentuk digital, mudah diakses, dan menyediakan berbagai jenis layanan dari yang sifatnya bebas (free) sampai dengan yang harus mengikuti prosedur tertentu. Fasilitas yang dapat digunakan seperti , news, remote login, FTP, usenet atau listserve.

10 URL, Uniform Resources Locator
Search engine Penelusuran dengan internet FTP atau file transfer protocol Browsing URL, Uniform Resources Locator

11 Penelusuran internet 1. Browsing
dilakukan dengan cara mengikuti urutan informasi tertentu (sesuai kategori). dilakukan oleh para pengguna awal yang belum atau jarang memanfaatkan jarang digunakan oleh pengguna lanjutan atau terampil akan memakan waktu dan membutuhkan biaya pulsa cukup besar

12 2. Masuk ke alamat jelasnya (URL)
pengguna harus terlebih dahulu mengetahui dengan jelas URL suatu situs. Terdapat dua jenis penggunaan basisdata dengan cara ini : secara bebas/free memberikan informasinya kepada pengguna mengharuskan penggunanya menjadi anggota (ID dan password) 3. FTP atau file transfer protocol adalah salah satu fasilitas pemindahan file dari satu lokasi oleh pengguna. Pengguna yang akan mengambil file biasanya telah mengetahui terlebih dahulu dengan jelas lokasi keberadaan file tersebut. 4. Search engine atau robot. Terdapat banyak search engine yang dapat digunakan untuk mencari informasi di internet. Perbedaan robot ini terletak pada sistem algoritmanya, oleh karena itu maka hasil penelusuran dengan menggunakan robot yang berbeda akan menghasilkan item yang berbeda pula, contoh robot ini adalah yahoo, google, infoseek, hotbot, altavista, lycos, excite dsb.

13 Bentuk-bentuk Informasi di Internet
Teks Lagu Gambar Software Video Data statistik Formula Katalog Berita dsb

14 Bentuk-bentuk File di Internet
Text: doc, txt, rtf, pdf Images: jpg, gif, bmp, tif Video: avi, mpg, mov, wmv Audio: mp3, mid, wav, snd Web: html, php, jsp Program: exe, com, msi

15 Informasi di Internet Informasi di Internet sangat banyak dan luas
Sulit mencari informasi yang cocok dengan kebutuhan Bagaimana strategi yang tepat dalam mencari informasi? Bagaimana mencari informasi lain yang berhubungan? Apakah sumber informasi dapat dipercaya?

16 TEKNIS PENELUSURAN dgn SEARCH ENGINE
Tentukan search engine Masukkan kata kunci. Semakin banyak kata kuncinya semakin lengkap, namun semakin rendah perolehannya Cek hasil penelusurannya Ambil/download artikel lengkapnya Kumpulkan untuk arsip. Di perpustakaan sebaiknya dibuatkan databasenya

17 Strategi Pencarian Tentukan subjek/topik Buat kalimat pertanyaan
Tentukan kata kunci Tentukan kata alternatif (bahasa, sinonim, variasi kata) Search Engine Directories Subject gateway Online database Invisible web AND, OR, NOT “ … “ + - field Deskripsi Web address

18 Search Engines Google (http://www.google.com)
Yahoo (http://www.yahoo.com) MSN (http://search.msn.com)

19 Web Directory Google (http://directory.google.com)
DMOZ (http://www.dmoz.org) Yahoo (http://dir.yahoo.com)

20 Syntac yg biasa digunakan pada Beberapa Searchengine
Metaword (title, style,site, url) Boolean (AND, OR, NOT) Including/Excluding (+, -) Truncation (*) Proximity (near) Phrase (“ “)

21 Bidang Kesehatan Intute: Health and Life Science (http://www.intute.ac.uk/healthandfilescience) National Library of Medicine Gateway (http://gateway.nlm.nih.gov/gw/Cmd) BioMed central (http://www.biomedcentral.com/)

22 Bidang Teknik dan MIPA Intute: Science, Engineering & Technology (http://www.intute.ac.uk/sciences/)

23 Bidang Humaniora dan Sosial
Intute: Social Science (http://www.intute.ac.uk/socialsciences/) BUBL Information Service (http://www.bubl.ac.uk/)

24 Yang berhub dg Bidang Manajemen
Contoh Beberapa Situs Yang berhub dg Bidang Manajemen 1. BPS (Ekonomi Makro/PDF) 2. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 3. Lembaga Pengkajian Manajemen 4. Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) 5. Pengembangan Kapasitas Daerah (Otonomi) 6. Kamus Keuangan 1, 2, 3 7. Website Ekonomi dan Bisnis

25 Mengapa Sumber Informasi perlu Dievaluasi?
Tidak semua sumber informasi akurat dan sesuai dengan kebutuhan Sumber informasi tidak terorganisir dan tidak dievaluasi seperti di perpustakaan Informasi dapat dibuat oleh setiap orang atau lembaga tanpa ada batasan Sumber informasi memiliki cakupan yang luas dari seluruh dunia

26 Mengevaluasi Tampilan Hasil Pencarian
Perhatikan judul situs web Periksa keterangan singkat tentang situs Periksa URL dan alamat domain

27 Kriteria Evaluasi Sumber Informasi
Otoritas Isi Navigasi Kemutakhiran

28 Otoritas Nama penulis Nama lembaga Alamat, , telpon Hak cipta

29 Isi Tujuan dan sasaran penguna jelas Visi dan misi Cakupan topik jelas
Tatabahasa yang baik Sumber referensi jelas

30 Navigasi Tata letak halaman baik dan mudah dibaca
Tata letak fitur konsisten di tiap halaman Hyperlink relevan dengan topik Tersedia ke hyperlink ke halaman atau topik tertentu

31 Kemutakhiran Keterangan kapan revisi situs terakhir kali
Keterangan kapan revisi secara berkala

32 Teknis Penulisan sitasi
BUKU Pelikan, Jaroslav; Ross, M.G.; Pollard, W.G.; Eisendrath,M.N.; and Wittenberg. Religion and the University. York University Invitation Lecture Series (Toronto: university of Toronto Press, 1964) p.109. Jaroslav Pelikan et al,. Religion and the University. York University Invitation Lecture Series (Toronto: university ofToronto Press, 1964) p.109. Palmer, Pamela. 24 February Academic Writers’ Net Source [Help for writers]. Available [online] : ~prpalmer>[8 October 1998]

33 Majalah / Jurnal B. Swanson, Don. “Dialog with a Catalogue.” Library Quarterly 34 (December 1963): Browning T Embedded visuals: student design in Web spaces. Kairos: A Journal for Teachers of Writing in Webbed Environments 3(1). <http://english.ttu.edu/kairos/2.1/ features/browning/bridge.html>. Accessed 1997 Oct 21.

34 Penutup Informasi dibutuhkan untuk mencari arti sesuatu, mengatasi ketidakpastian, mengetahui cara melakukan atau cara kerja sesuatu, membantu mempermudah membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah. Keberhasilan penelusuran ditentukan oleh karakteristik pengguna dan karakteristik sumber informasi yang akan digunakan, seperti cakupan waktu, wilayah, subjek dan sebagainya.

35 Kegagalan yang menyangkut keputusan pemakai serta interaksinya dengan sistem lebih besar, serius dan lebih sulit dibenahi. Penelusuran yang dilakukan sendiri lebih dianjurkan daripada mendelegasikan kepadfa orang lain.

36 Latihan Lakukan pencarian informasi untuk mengetahui hal-hal berikut:
Negara mana saja yang mengalami gempa bumi paling besar? Apa arti kata ‘zealous’ dan kata-lata lain apa yang memiliki arti yang sama Coba konversi Rp ke mata uang BATH Siapakah ‘Ian Flemming’, dimana dilahirkan dan kapan meninggalnya?


Download ppt "STRATEGI PENCARIAN / PENELUSURAN INFORMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google