Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROCESSOR Processor berfungsi untuk memproses data yang di-“input”. Sering juga digambarkan sebagai “otak” pada komputer dimana setiap data akan melalui.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROCESSOR Processor berfungsi untuk memproses data yang di-“input”. Sering juga digambarkan sebagai “otak” pada komputer dimana setiap data akan melalui."— Transcript presentasi:

1 PROCESSOR Processor berfungsi untuk memproses data yang di-“input”. Sering juga digambarkan sebagai “otak” pada komputer dimana setiap data akan melalui processor untuk mengahasilkan “output”. Tanpa processor, komputer tidak dapat berfungsi, sesuai dengan nama lainnya yaitu Central “Processing” Unit atau CPU. INPUT Process OUTPUT

2 Pertama dibuat pada tahun 1978 Dikembangkan SEKARANG DAN BERLANJUT Kedua merek processor yang sangat mendunia

3 Intel vs AMD 3D effectSuhuAudio Price Kalo mau ganti processor harus ganti motherboard juga Kalo mau ganti processor Tidak perlu mengganti motherboard

4 Processor di bagi 3 bagian Aritcmatics logical unit (alu) Berfungsi untuk menghitung segala operasi matematika (+ - / x) untuk logika AND dan OR Memory unit (mu)Control unit (cu) Tugas dari CU adalah sebagai berikut: Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.Menyimpan hasil proses ke memori utama. Sama seperti namanya MU berfungsi sebagai pengingat data ataupun informasi

5 Fitur Setiap prosesor memiliki clock speed yang diukur dalam gigahertz (GHz). Juga, sebuah prosesor memiliki front side bus yang menghubungkan dengan random access memory sistem (RAM.) CPU juga biasanya memiliki dua atau tiga tingkat cache. Cache adalah jenis memori yang cepat yang berfungsi sebagai penyangga antara RAM dan prosesor. jenis socket ini prosesor menentukan motherboard dapat diinstal pada.

6 Fungsi mikroprosesor adalah sebuah chip silikon yang berisi jutaan transistor mikroskopis. Chip ini berfungsi sebagai otak komputer. Ini proses instruksi atau operasi yang terkandung dalam program komputer yang dapat dieksekusi. Alih-alih mengambil instruksi langsung off dari hard drive, prosesor mengambil instruksi dari memori. Hal ini sangat meningkatkan kecepatan komputer.

7 Pertimbangan Jika Anda berpikir tentang upgrade prosesor Anda sendiri, Anda harus memeriksa spesifikasi motherboard Anda terlebih dahulu. CPU Anda menginstal harus memiliki ukuran soket sama dengan slot pada motherboard. Juga, ketika anda menginstal sebuah prosesor baru, Anda mungkin perlu memasang heat sink dan kipas. Hal ini karena prosesor cepat menghasilkan panas lebih dari yang lambat. Jika Anda gagal untuk melindungi CPU baru Anda dari panas ini, Anda mungkin berakhir mengganti prosesor.

8 Manfaat Mendapatkan prosesor dengan, dual core triple, atau quad dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kekuatan pemrosesan dari komputer Anda. Ini seperti memiliki dua, tiga, atau empat prosesor terpisah yang diinstal pada komputer Anda pada satu waktu. Prosesor ini bekerja sama untuk membuat multitask komputer Anda lebih cepat dan dengan efisiensi yang lebih besar. Mendapatkan CPU dengan bus front side yang lebih besar dapat meningkatkan kemampuan prosesor untuk berkomunikasi dengan RAM, yang akan meningkatkan kecepatan komputer Anda secara keseluruhan.bekerja

9 Instruction Set Sebuah set instruksi adalah jumlah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Sebuah processorâ € ™ s set instruksi adalah faktor yang menentukan dalam arsitektur, bahkan meskipun arsitektur yang sama dapat mengakibatkan implementasi yang berbeda oleh produsen yang berbeda. prosesor bekerja efisien berkat sejumlah instruksi, didesain untuk sirkuit elektronik. Kebanyakan operasi dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi dasar. Beberapa arsitektur, bagaimanapun, termasuk fungsi-fungsi prosesor canggih.

10 Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan processor : * Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih. * Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas. * Rapikan kabel-kabel, terutama kabel tipe ATA yang berukuran lebih besar dan lebar dibandingkan kabel SATA. Kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing. * Untuk komputer pribadi, mungkin Anda adpat membuka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi udara, walaupun mungkin tidak sesuai dengan nilai estetika dan tidak enak dilihat karena hardware di dalamnya tampak dari luar. Berikut tips utama untuk merawat processor : * Putuskan hubungan atau kontak listrik dari komputer Anda. Diamkan beberapa saat agar headsink lebih dingin, kemudian buka headsink dan kipas dari processor. * Pisahkan kipas dan headsink, lalu bersihkan kipas dengan kain basah. Bersihkan celah headsink dari debu, atau cuci dengan menggunakan kuas atau sikat yang lembut. Keringkan headsink dan usahakan tidak ada sisa air di celah headsink agar tidak konslet. * Pasang lagi kipas dengan headsink, lalu pasangkan keduanya ke processor seperti sediakala. * Anda dapat melakukan perawatan 3 bulan sekali, terutama dalam ruangan yang ber-AC. Namun, jika lingkungan banyak debu, perawatan dapat dilakukan setiap sebulan sekali.

11 TIPS JAGA PROCESSOR Olesi bagian atas processor dengan thermal paste. untuk mengangkat panas dari proasesor ke headsink BETTER THIS Than Pemilihan CasingRapikan Kabel dalam CPUMembuka tutup casing

12 TIPS PERAWATAN PROCESSOR Membersihkan kipas dan heatsinknya Pertama : lepas kipas dan heatsink, Kedua : bersihkan heatsink dengan kain basah dan kuas halus, bersihkan kipas dengan kain basah, Ketiga : pastikan tidak ada sisa air pada kipas kipas dan heatsink, lalu pasang kembali kipas dan heat sink seperti semula.


Download ppt "PROCESSOR Processor berfungsi untuk memproses data yang di-“input”. Sering juga digambarkan sebagai “otak” pada komputer dimana setiap data akan melalui."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google