Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

© 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "© 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business."— Transcript presentasi:

1 © 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business Consulting Services

2 © 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha

3 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 3 Kisah Sukses Teh Botol Sosro  Kisah perjalanan Soetjipto Sosrodjojo, yang lebih kita kenal adalah merek teh botol SOSRO: –Pada tahun 1965, teh wangi melati dengan merek “cap botol” yang telah dikenal di daerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta. –Promosi dilakukan langsung oleh Pak Sosro dengan mendatangi tempat-tempat keramaian dan membagi secara cuma-cuma contoh teh wangi merek cap botol tersebut. –Setelah bertahun-tahun melakukan teknik promosi Cicip Rasa, akhirnya pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual air teh siap minum dalam kemasan botol dengan merek Teh Botol Sosro. –Pada tahun 1974, didirikan pabrik PT. Sinar Sosro dan desain botol Teh Botol Sosro berubah dan bertahan sampai sekarang. –Pabrik tersebut, merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan bahkan pertama di dunia.

4 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 4 Kreativitas dan Inovasi  Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara- cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).  Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).  Proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added), dan hal ini merupakan sumber peluang bagi wirausaha.

5 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 5 Tuntutan Kreativitas Dalam Bisnis Masa Kini  Agar memiliki keunggulan dibanding dengan pesaing dan mempertahankan eksistensi usaha, maka harus terus berupaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Oleh karena itu, kreativitas sangat diperlukan oleh setiap wirausaha.  Seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang telah usang, harus ada solusi yang lebih kreatif lagi.  Para peneliti telah mengatakan bahwa kreatifitas menyangkut keputusan- keputusan tentang apa yang anda inginkan, dan bagaimana anda melakukannya dengan lebih baik.  Jadi, urutan tersebut melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan. Sehingga kita tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif.

6 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 6 Tuntutan Kreativitas Dalam Bisnis Masa Kini  Dalam kehidupan sehari-hari, para peneliti telah membedakan tipe kreativitas: –Membuat atau menciptakan, dimana penciptaan merupakan proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada. –Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan, menjadi lebih bermanfaat. –Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada, proses ini berupaya mencari cara- cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru, atau menjadikan sesuatu menjadi lebih banyak kegunaannya bagi orang lain.

7 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 7 Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas  Secara rinci hambatan-hambatan kreativitas dapat dijelaskan sebagai berikut: –Hambatan Psikologis –Hambatan Budaya –Hambatan Lingkungan –Hambatan Bahasa Berpikir –Hambatan Keterpakuan Fungsional –Hambatan Kebiasaan Memandang

8 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 8 Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas  Cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah. –Perumusan masalah secara kreatif –Bartanya dan bertanya –Curah gagasan, untuk dapat melakukan curah gagasan yang efektif, perlu diperhatikan 3 kondisi berikut ini: –Selama proses mencurahkan gagasan jangan melakukan penilaian. –Proses pencurahan gagasan harus benar-benar bebas. –Usahakan sebanyak mungkin gagasan dapat dilontarkan. Hambatan Lingkungan –Orang aneh –Iklim kreatif

9 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 9 Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas  Penggunaan otak kiri yang berlebihan menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berpikir, analitis, dan kurang kreatif, sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor.  Berbeda dengan otak kanan yang berpikir secara loncat-loncat tak beraturan, memungkinkan seseorang berpikir kreatif.  Berikut ini perbedaan antara otak kanan dan otak kiri: OTAK KIRIOTAK KANAN Kata Logika Angka - Urutan Intelektual Deduktif Tetap - Statis Hafalan Fakta Sempit - Dangkal Pasif - Jawaban Ketakutan Jangka pendek Irama/gambar intuitif Dimensi - Imajinasi Emosional Induktif Sementara - Dinamis Pemahaman Gagasan Luas - Dalam Aktif - Pertanyaan Kepercayaan Jangka panjang Data diolah dari berbagai sumber

10 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 10 Arti penting Inovasi dalam Kewirausahaan  Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan wirausaha, yaitu: –Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada. –Pengenalan metode produksi baru. –Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru. –Penciptaan/pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru. –Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

11 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 11 Arti penting Inovasi dalam Kewirausahaan  Untuk membangun perusahaan inovatif, Kotler menekankan pentingnya sejumlah faktor sebagai berikut: –adanya budaya penemuan, setiap organisasi bisnis harus disesaki orang-orang yang punya semangat inovasi. –mengembangkan inovasi sebaiknya berdasarkan riset, sebab, perusahaan dikatakan inovatif kalau secara sengaja membangun dan melakukan proses untuk menghasilkan temuan baru.  Seorang wirausaha harus segera menterjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.  Inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki.

12 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 12 Melindungi Gagasan dari Hasil Kreativitas & Inovasi  Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual.  Lingkup dari HAKI yaitu: –Hak Cipta adalah hak istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan ciptaannya. –Hak Kekayaan Industri, terdiri dari paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, merek dan rahasia dagang.  Terdapat beberapa langkah untuk mendapatkan hak paten, yaitu: –Langkah 1: Tetapkan bahwa yang ditemukan benar-benar baru –Langkah 2: Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut –Langkah 3: Telusuri paten-paten yang telah ada –Langkah 4: Pelajari hasil telusuran

13 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 13 Kajian Kasus: Keberhasilan Inovasi Kacang Garuda  Petunjuk Pelaksaan Kajian Kasus Bab 5 Bagian 1: 1.Terlebih dahulu mahasiswa menulis ringkasan materi yang telah disampaikan pada form No Dosen membentuk kelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa. 3.Setiap kelompok membahas kasus berikut ini: Kasus Keberhasilan Inovasi Kacang Garuda. 4.Dalam membahas gunakan pengertian kreativitas dan inovasi, bagaimana nilai tambah terhadap sikap kita bila menjadi seorang wirausaha. 5.Kemukakan hasil diskusi kelompok dalam form No. 2 yang tersedia. 6.Waktu pembahasan 20 menit. 7.Hasil pembahasan ditandatangani Ketua Kelompok dan Dosen.

14 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 14 Kajian Kasus: Keberhasilan Inovasi Kacang Garuda  Petunjuk Pelaksaan Kajian Kasus Bab 5 Bagian 2: 1.Setelah melakukan dikusi kelompok, maka setiap kelompok melakukan diskusi panel. 2.Dosen memimpin diskusi panel, setiap kelompok menunjuk salah satu anggota untuk presentasi. 3.Waktu panel 20 menit 4.Dosen bertugas mengendalikan pelaksanaan diskusi, membimbing dan memberikan arahan dalam kesimpulan panel. 5.Hasil diskusi panel ditulis dalam form No. 3 yang tersedia dan ditandatangani dosen dan ketua kelompok. Hasil panel disampaikan ke dosen. 6.Ketua kelompok menilai aktivitas diskusi anggota kelompok pada form No. 4 dan menyerahkan ke dosen. 7.Dosen memberikan kesimpulan dan pendapat akhir tentang kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha.

15 Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha © 2007 UMB 15 Sampai jumpa minggu depan


Download ppt "© 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google