Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hubungan antara Biologi dan Lingkungan dan Biodiversity MK. Biologi (Prof. Dr.Ir.Trinil Susilawati,MS)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hubungan antara Biologi dan Lingkungan dan Biodiversity MK. Biologi (Prof. Dr.Ir.Trinil Susilawati,MS)"— Transcript presentasi:

1 Hubungan antara Biologi dan Lingkungan dan Biodiversity MK. Biologi (Prof. Dr.Ir.Trinil Susilawati,MS)

2 Biologi Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios ("hidup") dan λόγος,logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu—sampai tahun 1970-an— digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya "ilmu kehidupan").bahasa Belandabahasa Yunaniilmu hayat bahasa Arab

3 Obyek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup.makhluk hidup Karenanya, dikenal berbagai cabang biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani, zoologi, dan mikrobiologi. Berbagai aspek kehidupan dikaji. Ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi, sedang fungsinya dalam fisiologi; Perilaku dipelajari dalam etologi, baik pada masa sekarang dan masa lalu (dipelajari dalam biologi evolusioner dan paleobiologi); Bagaimana makhluk hidup tercipta dipelajari dalam evolusi; Interaksi antarsesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi; Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam upaya menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.organismebotanizoologimikrobiologianatomifisiologietologibiologi evolusionerpaleobiologi evolusiekologigenetika

4 Perkembangan saat ini Saat ini berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang Kemungkinan adanya makhluk hidup di planet- planet selain bumi, yaitu astrobiologi.planetbumiastrobiologi Perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.biologi molekular biokimia bioinformatika

5 Interaksi antarsesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologiekologi '''Lingkungan''' adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti [[tanah]], [[air]], [[energi surya]], [[mineral]], serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

6 Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan [mikro-organisme] (virus dan bakteri).

7 Ruang lingkup hubungan Hubungan antar unit kehidupan maupun antara unit kehidupan dan lingkungannya terjadi pada semua tingkat organisasi. ( antar sel, antar jaringan maupun organisme)

8 Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) biodiversitas sebagai diversitas kehidupan dalam semua bentuknya, dan pada semua level organisasi. Bentuknya : bahwa biodiversitas mencakup tumbuhan, binatang, jamur, bakteri dam mikroorganisme yang lain. level organisasi :biodiversitas mengacu pada diversitas gen, speses dan ekosistem.

9 Diversitas genetik Diversitas genetik terdapat dalam empat level organisasi: 1. di antara spesies, 2. di antara populasi 3. di dalam populasi 4. di dalam individu.

10 Diversitas spesies (taksonomi) Prokaryot : spesies terdiri dari bakteri Eukaryot : –kerajaan tumbuhan (plantae) : lumut-lumutan ( spesies), pakuan, cycad, konifer (750 spesies), ginko, tumbuhan berbunga ( spesies), – kerajaan hewan : karang (5.000 spesies), coleonterata (9.000 spesies), echinoderm (6.100 spesies), artoprod ( spesies), ikan ( spesies), amfibi (4.000 spesies), reptil (6.300 spesies), burung (9.000 spesies), mamal (4.100 spesies) –Prostista dan jamur: spesies.

11 Diversitas ekosistem (biogeografik) Kelimpahan spesies merupakan jumlah individu per spesies dan kelimpahan relatif mengacu pada kemerataan distribusi individu di antara spesies dalam suatu komunitas. Dua komunitas mungkin sama-sama kaya dalam spesies, tetapi berbeda dalam kelimpahan relatif. Misalnya, dua komunitas mungkin masing-masing mengandung 10 spesies dan 500 individu, tetapi pada komunitas yang pertama semua spesies sama-sama umum (misal, 50 individual untuk setiap spesies), sementara pada komunitas yang kedua satu spesies secara signifikan jumlahnya lebih banyak daripada empat spesies yang lain. Maka komunitas pertama dikatakan memiliki kelimpahan relatif yang lebih tinggi daripada komunitas kedua.

12 Tugas Buat paper tentang biodiversitas yang berhubungan dengan ternak yang didukung oleh 10 pustaka dari browsing internet maupun buku/texbook dikumpulkan minggu depan di sekeretaris jurusan produksi ternak


Download ppt "Hubungan antara Biologi dan Lingkungan dan Biodiversity MK. Biologi (Prof. Dr.Ir.Trinil Susilawati,MS)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google