Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

K OSAKATA BAHASA JEPANG Pengantar Linguistik Jepang 25 April 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "K OSAKATA BAHASA JEPANG Pengantar Linguistik Jepang 25 April 2013."— Transcript presentasi:

1 K OSAKATA BAHASA JEPANG Pengantar Linguistik Jepang 25 April 2013

2 K OSAKATA DALAM BAHASA JEPANG

3 I STILAH KOSAKATA DLM B. JPG 単語 たん ご 語彙 ご い

4 I STILAH KOSAKATA DLM B. JPG Satuan terkecil dari bahasa yang memiliki arti dan fungsi secara gramatikal. Misalnya 花がさく terdiri dari: 花 ‘bunga’ が partikel ‘ga’ さ く ’berkembang/mekar’ Keseluruhan kata berkenaan dengan suatu bahasa atau bidang terentu di dalamnya. Kanji 彙 pada 語彙 memiliki makna 集め ること ’ kumpulan’ atau ‘himpunan’ 単語(たんご)語彙(ごい)

5 D EFINISI KOSAKATA DLM B. JPG KATA...adalah KATA Satuan terkecil yang dapat membentuk sebuah frase dengan sendirinya, atau ditambah frase lain yang dapat membentuk sebuah kalimat. KOSAKATA...a dalah KOSAKATA Kumpulan kata yang berhubungan dengan suatu bahasa atau dengan bidang tertentu dalam bahasa itu. 単語(たんご)語彙(ごい)

6 J ENIS KOSAKATA DALAM BAHASA JEPANG

7 J ENIS KOSAKATA B AHASA J EPANG Berdasarkan asal usulnya, kosakata bahasa Jepang dibagi atas 3 jenis: 1. 和語 2. 漢語 3. 外来語

8 和語(わご)

9 D EFINISI WAGO Kata-kata yang berasal bahasa Jepang asli, yang dilafalkan secara bunyi Jepang atau 訓読み(くんよ み), dan biasanya ditulis dengan gabungan huruf Kanji dan huruf Hiragana.

10 C ONTOH W AGO ことば 言葉 bahasa, kata おと 音 suara はなし 話 pembicaraan くるま 車 mobil くらい 暗い gelap うつくしい 美しい indah うま 馬 kuda

11 K ARAKTERISTIK WAGO Banyak kata yang terdiri dari 1 atau 2 mora. Terlihat adanya perubahan bunyi pada kata yang digabungkan, seperti: 雨(あめ)  雨傘(あまがさ) 酒(さけ)  酒盛り(さかもり) Tidak ada kata yang memiliki silabel dakuon (silabel ber- tenten ) dan ragyou’on (silabel deret ra )

12 K ARAKTERISTIK WAGO Banyak kata yang secara simbolik mengambil tiruan bunyi terutama gitaigo. Tersebar pada semua kelas kata, terutama kelas kata verba sebagian besar adalah w ago. Banyak kata yang mengandung benda konkrit. Banyak kata yang berkenaan dengan alam, seperti hujan, tumbuhan, binatang, dll.

13 K ARAKTERISTIK WAGO Kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang biasa dipakai sehari-hari. Tidak memiliki kekuatan untuk menyatakan sesuatu secara tepat, sehingga ada kata-kata yang memiliki cara baca sama, tetapi memiliki bentuk kanji berbeda, seperti : kata みる bisa ditulis dengan kanji 見る、 診る、観る、看る、視る, dll

14 漢語(かんご)

15 D EFINISI KANGO Kata-kata yang berasal dari bahasa Cina, yang dilafalkan secara bunyi Cina, atau 音読み(おんよ み), dan biasanya ditulis dengan huruf Kanji saja.

16 C ONTOH K ANGO 言語学 げんごがく linguistik 音声学 おんせいがく fonetik 電話 でんわ telepon 自動車 じどうしゃ mobil 学生 がくせい pelajar 飲食 いんしょく makan dan minum 万年筆 まんねんひつ pena

17 KELOMPOK KANGO 1 buah huruf Kanji, misal: 本 2 buah huruf Kanji (二字熟語) misal: 勉強 3 buah huruf Kanji (三字熟語) misal: 日本語 4 buah huruf Kanji (四字熟語) misal: 四字熟語

18 A TURAN DALAM 二字熟語(にじじゅく ご) Perpaduan 2 buah kanji yang memiliki arti yang serupa, misal: 幸(しあわせ)+福(ふく)=幸福 (こうふく) Perpaduan 2 buah kanji yang sama, misal: 日+日=日日  日々(ひび) 次+次=次次  次々(つぎつぎ)

19 A TURAN DALAM 二字熟語(にじじゅく ご) Perpaduan 2 buah kanji yang memiliki arti yang berlawanan, misal: 男(おとこ)+女(おんな)=男女 (だんじょ) Hubungan 2 buah kanji dimana kanji pertama menerangkan kanji berikutnya, misal: 強い(つよい)+風(かぜ)=強風(きょう ふう)

20 A TURAN DALAM 二字熟語(にじじゅく ご) Hubungan 2 buah kanji dimana kanji pertama verba dan kanji berikutnya objek, misal: 消える(きえる)+火(ひ)=消火 (しょうか) Penggunaan 2 buah kanji dimana kanji pertama berupa prefiks yang menyatakan bentuk negatif, misal: 不(ふ)+便(べん)=不便(ふべ ん)

21 A TURAN DALAM 二字熟語(にじじゅく ご) Penggunaan 2 buah kanji dimana kanji pertama berupa prefiks yang menyatakan bentuk pasif, misal: 所(ところ)+得る(える)=所得 (しょとく) Penggunaan 2 buah kanji dimana kanji kedua berupa sufiks, misal: 公(こう)+的(てき)=公的(こ うてき)

22 K ARAKTERISTIK KANGO Kata yang dibaca dengan cara onyomi yang terdiri dari 1 atau gabungan dari 2 atau lebih huruf kanji. Selain onyomi, ada jenis cara baca lain, seperti go’on, kan’on, dan tou’on, … … misalnya kanji 期 selain dibaca 「き」 seperti pada kata 学期(がっき) juga dibaca 「ご」 seperti pada kata 最 期(さいご).

23 K ARAKTERISTIK KANGO Pada awal kata banyak yang memakai silabel dakuon, namun tidak ada yang memakai silabel handakuon (silabel deret pa ). Banyak you’on (silabel yang digabung dengan deret ya ) dan chou’on (bunyi panjang).

24 K ARAKTERISTIK KANGO Dapat membuat kata-kata panjang dengan cara menggabungkan berbagai kango, misalnya... 対共産圏輸出統制委員会規則違反事件 Banyak kelas kata nomina mengandung aktifitas manusia dan nomina abstrak. Bersifat bunshougo ‘bahasa tulisan’.

25 K ARAKTERISTIK KANGO Dipakai secara rinci/detail berdasarkan objek, misalnya 入学、 入国、入室. Banyak dou’on-go (kata berbunyi sama) dan ruigigo (kata bersinonim). Bertambah secara drastis setelah zaman Meiji.

26 外来語(がいらいご)

27 D EFINISI GAIRAGO Kata-kata yang berasal dari bahasa asing, lalu dijepangkan yang dilafalkan sesuai dengan lidah orang Jepang, dan biasanya ditulis dengan huruf Katakana.

28 C ONTOH G AIRAIGO パン roti タバコ rokok テレビ televisi ラジオ radio パトカー mobil patroli コンピューター komputer テレホンカード kartu telepon

29 C IRI KHUSUS GAIRAIGO Ditulis dengan katakana. Frekuensi penggunaannya sangat rendah, dimana hanya digunakan pada bidang dan lapisan masyarakat tertentu. Nomina konkrit relatif banyak. Terdapat gairaigo buatan Jepang. Banyak kata yang diawali dengan dakuon.

30 K ARAKTERISTIK GAIRAIGO Pemendekan gairaigo, misal: テレビション  テレビ コネックション  コネ マスコミュニケション  マス コミ Perubahan kelas kata pada gairaigo. デモ + る = デモる サボ + る = サボる

31 K ARAKTERISTIK GAIRAIGO Penambahan sufiks na pada garaigo kelas kata ajektiva. ユーニク  ユーニクな ハンサム  ハンサムな Pergeseran makna pada garaigo, misalnya pada kata ‘ machine ’. ミシン  sewing machine マシン  machine  機械(きか い)

32 K AIDAH PENULISAN GAIRAGO Konsonan t dan d ditambah vokal o, misal: ‘hint’  ヒント ‘bed’  ベッド Konsonan c, b, f, g, k, l, m, p, dan s ditambah vokal u, misal: ‘mask’  マスク ‘milk’  ミルク

33 K AIDAH PENULISAN GAIRAGO Bunyi panjang ditulis dengan tanda ー, misal: ‘car’  カー ‘sweater’  セーター Bunyi konsonan rangkap ditulis dengan huruf ッ, misal: ‘bed’  ベッド ‘dock’  ドック

34 K RITERIA GAIRAIGO Ketiadaan kata untu mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Jepang. Ketiadaan padanan kata bahasa Jepang terhadap nuansa makna pada kata bahasa asing. Kata asing yang menjadi gairaigo dianggap efektif dan efisien. Kata asing menurut rasa bahasa dipandang memiliki nilai rasa agung, baik, dan harmonis.

35 J ENIS KOSAKATA LAIN

36 どうおんいぎご・るいぎご 同音異義語・類義語 ぎおんご・ぎたいご 擬音語・擬態語 じょすうし 助数詞

37 同音異義語・類義語

38 どうおんいぎご Homonim 同音異義 語 るいぎご Sinonim 類義語

39 同音異義語・類義語 Kata yang memiliki bunyi ucapan (cara baca) yang sama, namun memiliki arti yang berbeda, misalnya … … pada kata 「はし」 bisa ditulis dengan 橋、 箸、端. … pada kata 「はかる」 bisa ditulis dengan 計る、 測る、図る、量る. Kata yang memiliki bunyi ucapan (cara baca) yang berbeda, namun memiliki makna yang mirip, misalnya..... kata yang berarti ‘siswa’ bisa ditulis dengan 「生徒」 atau 「学生」... kata yang berarti ‘belajar’ bisa ditulis dengan 「学ぶ」 atau 「習う」 HomonimSinonim

40 擬音語・擬態語

41 ぎおんご onomatopeatic word 擬音語 ぎたいご mimetic word 擬態語

42 K ANJI G IONGO /G ITAIGO 真似る ’meniru’ 似せる ’meniru/mencontoh’ 擬 音・声 ’bunyi’ atau ‘suara’ 態  状態 ’keadaan 音・態 ‘kata’ 語

43 D EFINISI GIONGO / GITAIGO Kata-kata yang berasal dengan meniru dari bunyi atau suara yang berasal dari lingkungan sekitar, yang dilafalkan sesuai dengan bunyi atau suara yang keluar tersebut, dan biasanya ditulis dengan huruf Hiragana atau Katakana.

44 C ONTOH G IONGO /G ITAIGO ぺらぺら lancar ぺこぺこ lapar; keroncongan くるくる berguling (kecil) ぐるぐる berguling (besar) ぴょんぴょん melompat-lompat ざあざあ suara hujan deras わんわん suara anjing

45 擬音語 suarabunyi Kata-kata yang dinyatakan dengan suara makhluk hidup dan bunyi yang keluar dari benda mati. Suara Suara makhluk hidup seperti suara anjing yang bersuara わんわん Bunyi Bunyi yang keluar dari benda mati seperti bunyi lonceng kuil Budha yang berbunyi ごーん

46 擬音語 擬声語

47 擬音語・擬態語 雨がざーざー 降っている。 どんどんたたく。 Biasanya ditulis dengan katakana. 雨がしとしと 降っている。 どんどん進む。 Biasanya ditulis dengan hiragana. 擬音語・擬声語擬態語

48 擬音語・擬態語 擬音語擬態語 Onoma- topeatic

49 助数詞(じょすうし)

50 D EFINISI JOSHUUSHI Kata bantu bilangan yang menyatakan satuan, jumlah, frekuensi, ukuran, urutan, kelipatan, dsb bagi kelompok obyek (makhluk hidup dan benda mati) tertentu.

51 C ONTOH JOSHUUSHI ~にん~ふん~じ~にち~がつ~ねん~さい~だい~まい

52 A DA PERTANYAAN ? おわり


Download ppt "K OSAKATA BAHASA JEPANG Pengantar Linguistik Jepang 25 April 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google