Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masalaah Sosial Budaya Di Indonesia 1. Pendahuluan : (baca Loekman soetrisno, 176-184) - Pembangunan adalah salah satu topik yang sering dibahas dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masalaah Sosial Budaya Di Indonesia 1. Pendahuluan : (baca Loekman soetrisno, 176-184) - Pembangunan adalah salah satu topik yang sering dibahas dalam."— Transcript presentasi:

1 Masalaah Sosial Budaya Di Indonesia 1. Pendahuluan : (baca Loekman soetrisno, ) - Pembangunan adalah salah satu topik yang sering dibahas dalam masalah sosial dan budaya. masalah sosial dan budaya. - Selama ini pembangunan diartikan sebagai industrialisasi. - Dalam konteks ini ada dua hal yang perlu diperhatikan : Industrialisasi jangan hanya diartikan sebagai perubahan dari Industrialisasi jangan hanya diartikan sebagai perubahan dari masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri (teknologi masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri (teknologi maju), atau less technology oriented ke technology oriented. maju), atau less technology oriented ke technology oriented. - Tetapi harus dipahami sebagai : perbaikan mutu kehidupan sosial, budaya, politik dan ekonomi bangsa. budaya, politik dan ekonomi bangsa.

2 Contoh : Masyarakat Industri (Amerika) yang selama ini dianggap sebagai negara industri (maju), secara ekonomi, pendapatan masyarakatnya memang tinggi. Tetapi dari sisi sosial dan budayanya (diskusikan) : - Bagaimana dengan tingkat (kualitas) kejahatannya ? - Bagaimana dengan penggunaan narkobanya ? - Bagaimana dengan kehidupan yang lain ? Apapun model industrialisasi yang mau diterapkan, diperlukan transformasi sosial budaya seluruh masyarakat. Diskusikan : Apa saja masalah sosial budaya di Indonesia ?

3 Ada fenomena yang menaraik di Indonesia (diskusikan) yaitu : - Perubahan budaya itu artinya rakyat yang harus berubah, seharusnya semua rakyat dan pemerintah. - Jika tidak maka akan menimbulkan ketegangan (sosial, ekonomi, budaya dan politik)

4 2. Masalah Sosial Budaya dalam Masyarakat - Rendahnya mutu sumber daya manusia Contoh : * Rata-rata rendahnya tingkat dan mutu pendidikan buruh * Produktivitas yang rendah * Etos kerja rendah Coba ingat : Konfusianisme, yang mengajarkan : hidup sederhana bekerja kerasMendorong pemupukan modal Pengembangan Perekonomian

5 Bagaimana dengan masyarakat kita ? - Bagaimana dengan etos kerja elit ekonomi ? Pemupukan modal diperoleh karena kerja sama dengan penguasa (pengambil keputusan) - Selama ini kurangnya penguasaan IPTEK dianggap sebagai penghambat industrialisasi. - Masyarakat Indonesia dianggap tidak menguasai (ini under-estimate). Coba ingat kembali : Pada jaman dulu sriwijaya, Majapahit sudah mampu menguasai wilayah Indonesia bahkan sampai sebagian Asia (kapal dan senjata). Ini artinya : # Sudah ada teknologi (kayu – kapal) # Sudah ada industri logam (senjata dan peralatan kapal).

6 Mengapa tidak berkembang ? - Kebijakan yang menekan atau salah (oleh penjajah) : Pelarangan penebangan kayu, pembatasan fungsi ekonomi. - “Budaya Banci” Maju tidak, tradisional juga tidak. Coba lihat : orang Indonesia sudah mampu membangun gedung tingi dengan berbagai fasilitas modernya. Bagaimana perilakunya ? Pernah anda melihat WC duduk gambarnya “sepatu” ? - Disiplin yang rendah - “inovasi” untuk menipu yang tinggi Contoh : Berbagai berita penipuan di surat kabar Buah yang dikarbit (bagus kan ….) Pemalsuan berbagai aturan Katanya demokrasi ? : tetapi tidak mau mengakui yang menang; dan yang menang “sombong”. - Coba kembangkan, apa lagi ?

7 3. Masalah Sosial Budaya dalam tubuh Pemerintah - Etos kerja aparat pemerintah yang dikenal dengan Batalion 702” yaitu : Jam 7 masuk kerja (katanya …) Nol (0) hasil kerjanya dan Jam 2 (14.00) pulang Bagaimana Pandangan Anda ? - Aparat merupakan agen vital pendorong industrialisasi masyarakat atau budaya industri ? Bagaimana realitanya ? - Ada 3 hal (nilai) sebagai pendorong industrialisasi : * Kejujuran (tidak korupsi) : “kleptocracy” * Demokratis : Menghilangkan ketergantungan rakyat dengan pemerintah, profesional. * Devision of Labor : Pembagian fungsi yang tidak tumpang- tindih. Dengan demikian tanggungjawab dan kontrolnya jelas.

8 Bahan diskusi : 1.Coba identifikasikan berbagai masalah sosial budaya di sekitar Anda ? 2.Menurut Anda, bagaimana upaya terbaik untuk mengatasi masalah tersebut ?


Download ppt "Masalaah Sosial Budaya Di Indonesia 1. Pendahuluan : (baca Loekman soetrisno, 176-184) - Pembangunan adalah salah satu topik yang sering dibahas dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google