Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mesin Pemanen Kacang Tanah Oleh : Annisa Rastika Indra Kesuma 105100200111052.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mesin Pemanen Kacang Tanah Oleh : Annisa Rastika Indra Kesuma 105100200111052."— Transcript presentasi:

1 Mesin Pemanen Kacang Tanah Oleh : Annisa Rastika Indra Kesuma

2 Pendahuluan  Kacang tanah merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia.  Kacang tanah tersebar di seluruh Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.  Kacang tanah merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah dataran rendah dengan curah hujan yang minim.  Harga jual kacang tanah yang tinggi di pasar.

3 Sekilas Tentang Kacang Tanah  Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9. Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.lemak tak jenuhOmega 3Omega 9fitosteroltrigliseridakolesterolhati

4 Faktor Penanaman Kacang Tanah  Pengelolaan tanah dan tanam yang baik.  Pemilihan bibit unggul dan komposisi yang bermutu.  Pemberian pupuk yang baik.  Pemberantasan hama disekitar tanaman.  Irigasi lahan yang mencukupi.  Tebang, Angkut, Muat (Panen).

5 Alat Panen Kacang Tanah Alat panen kacang tanah (Sugarcane Harvester) yang ada di Indonesia meliputi :  Alat Mesin Perontok Polong  Alat Mesin Pemecah Kulit Kacang Tanah  Alat Mesin Sortasi Biji Kacang Tanah  dll

6 Gambar Alat Panen Kacang Tanah

7 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Alat atau Mesin Untuk menilai unjuk kerja suatu alat-mesin ditentukan beberapa faktor antara lain :  Kapasitas Alat  Efisiensi Perontokan  Tingkat Kehilangan Hasil  Mutu Hasil  Keselamatan/ Kenyamanan kerja.

8 Penutup  Kesimpulan Kacang tanah merupakan komoditas yang sangat penting di Indonesia. Namun, persebaran dan usaha pasca panen di Indonesia serta peralatan kita masih menggunakan sistem tradisional. Sehingga perlu peningkatan alat-alat pertanian di Indonesia guna mendukung kinerja para petani Indonesia.


Download ppt "Mesin Pemanen Kacang Tanah Oleh : Annisa Rastika Indra Kesuma 105100200111052."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google