Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan (Exphanded Data Processing Cycle ) Terdiri dari enam tahapan, yaitu ORIGINATION, INPUT, PROCESSING, OUTPUT, DISTRIBUTION,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan (Exphanded Data Processing Cycle ) Terdiri dari enam tahapan, yaitu ORIGINATION, INPUT, PROCESSING, OUTPUT, DISTRIBUTION,"— Transcript presentasi:

1 Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan (Exphanded Data Processing Cycle ) Terdiri dari enam tahapan, yaitu ORIGINATION, INPUT, PROCESSING, OUTPUT, DISTRIBUTION, dan STORAGE. Tahapan ORIGINATION : merupakan tahapan yang berisi kegiatan mengumpulkan, mencari dan mencatat data- data yang diperlukan/ diolah oleh proses pada dokumen dasar. Pada tahapan ini dijelaskan semua kegiatan atau proses yang dilakukan secara manual atau fisik dan belum menggunakan sistem komputer.

2 Tahapan INPUT : merupakan tahapan yang berisi kegiatan atau proses memasukkan data-data yang sudah dikumpulkan dan dicatat lewat alat input yang akan diproses oleh komputer. Penjelasan pada tahapan ini adalah mengenai data-data yang telah dikumpulkan pada tahapan origination. Tahapan PROCESSING : merupakan tahapan yang berisi kegiatan pengolahan/manipulasi terhadap data-data yang telah diinputkan/dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses di sistem komputer. Pengolahan atau manipulasi terhadap data-data dapat berupa perhitungan, pengurutan, pengelompokan, perbandingan dll.Seperti sudah diketahui bahwa sistem komputer dalam mengolah/memanipulasi data-data berdasarkan instruksi/perintah/program.

3 Jadi pada tahapan ini berisi penjelasan mengenai logika proses yang digunakan untuk mengolah data-data yang sudah dimasukkan, bukan menjelaskan proses manual atau fisik. Tahapan OUTPUT : merupakan tahapan menampilkan, menyajikan, mencetak hasil pengolahan data/informasi/laporan-laporan melalui alat output. Jadi pada tahapan ini disebutkan atau dijelaskan informasi/laporan-laporan apa saja yang menjadi hasil dari pengolahan data tersebut.

4 Tahapan DISTRIBUTION : merupakan tahap memberikan/ menyalurkan dan membagikan informasi/laporan-laporan yang dihasilkan kepada pihak-pihak atau orang-orang yang memerlukan atau berkepentingan atas informasi/laporan tersebut. Jadi pada tahapan ini selain menyebutkan informasi/laporan yang dihasilkan dituliskan juga siapa yang membutuhkan informasi/laporan tersebut.

5 Tahapan STORAGE : merupakan tahapan yang berisi proses penyimpanan data, program dan hasil pengolahan pada media penyimpanan external. Jadi pada tahapan ini dijelaskan mengenai data- data atau yang secara pemrogramannya disebut FILE-FILE yang disimpan pada media penyimpanan.

6 Penyelesaian Kasus Recrutment PT.ABC Tahapan proses yang ada : 1.Menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan 2.Seleksi Administrasi 3.Testing ( Tertulis, Wawancara dan Kesehatan ) 4.Kondisi Lulus Nilai hasil test >= 60 5.Akumulasi dengan persentase : Tertulis 50%, Wawancara 30%, dan Kesehatan 20%.

7 Konsep I : Seleksi Adm, Testing secara Manual, Satu Siklus Penjelasan masing-masing tahapan : 1.Tahapan Origination Memasang iklan dibeberapa surat kabar mengenai lowongan pekerjaan tersebut dengan menetapkan sejumlah kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon Menerima berkas Melakukan seleksi terhadap berkas lamaran yang masuk (memeriksa dan mencocokan dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan).

8 @. Dari proses seleksi adm didapat data-data pelamar yang telah lulus seleksi adm dan dicatat, yang selanjutnya bagi para pelamar yang telah lulus seleksi adm akan dipanggil untuk mengikuti serangkaian test pada tanggal yang telah ditentukan (Penentuan Nomor Test secara Para pelamar yang telah lulus seleksi adm mengikuti serangkaian test mulai dari tertulis, wawancara dan kesehatan pada waktu yang telah Mengoreksi, mengumpulkan dan mencatat NILAI HASIL TEST (Tertulis, wawancara dan kesehatan) masing-masing peserta yang mengikuti test. Dokumen Test tertulis : Lembar jawaban Dokumen Test Wawancara : Form wawancara atau catatan hasi test wawancara Dokumen Test Kesehatan : Surat Keterangan Dr/Form hasil test kesehatan

9 2. Tahapan Input : Data-data yang telah dikumpulkan dan dicatat adalah : #. Data pelamar yang mengikuti test yang terdiri dari : No. Test, Nama, TTL, JK, Alamat, Pendidikan Akhir, Konsentrasi Pendidikan, Umur, Agama, Ipk dll. (didapat dari berkas lamaran) #. Data nilai hasil test yang meliputi nilai hasil ketiga test yang diadakan dari masing-masing peserta. Misalkan : Test tertulis terdiri dari Test Pengetahuan Umum dan Psikotest. Test Kesehatan terdiri dari Test Jasmani dan rohani dan Test Wawancara

10 3. Tahapan Processing : penjelasan mengenai logika proses/manipulasi/pengolahann terhadap data-data yang sudah Logika proses terhadap data pelamar yang mengikuti test antara lain : *. Mengurutkan dan menghitung data pelamar berdasarkan Nama secara keseluruhan. *. Mengurutkan, menghitung dan mengelompokkan data pelamar berdasarkan Pendidikan akhir, Konsentrasi Pendidikan dan Jenis Kelamin.

11 @. Logika proses terhadap data hasil test antara lain *. Nilai akumulasi hasil test masing-masing peserta dihitung berdasarkan ketentuan. Misalkan data nilai peserta test dengan No. Test MA5575 Test testulis = 80,test kesehatan = 70 dan wawancara = 90 Maka Nilai Hasil TEST peserta tersebut adalah : (80*50%)+(70*20%)+(90*30%) = = 81 Ketentuan Lulus atau diterima sebagai pegawai PT. ABC adalah Nilai Hasil Test Minimal 60, maka peserta dengan No. Test MA5576 Lulus atau diterima. *. Nilai Hasil Test diurutkan (besar ke kecil) *. Nilai Hasil Test diurutkan (besar ke kecil) dan dikelompokkan berdasarkan konsentrasi pendidikan.

12 4. Tahapan Output : menjelaskan mengenai informasi/laporan-laporan yang dihasilkan. Misalkan : a.Laporan Peserta yang mengikuti Test Seleksi Penerimaan Pegawai PT. ABC keseluruhan. b.Laporan Peserta Test berdasarkan Pendidikan Akhir dan Konsentrasi Pendidikan. c.Laporan Peserta Test berdasarkan Jenis Kelamin d.Laporan Hasil Test Setiap Peserta Test e.Laporan Hasil Test Seluruh Peserta f.Laporan Hasil Test Seluruh Peserta berdasarkan Pendidikan Akhir dan Konsentrasi Pendidikan. g.Dll

13 5. Tahapan Distribution : merupakan tahap menyebarkan atau memberikan Laporan-laporan yang dihasilkan kepada orang/pihak yang membutuhkan. Misalkan : a.Semua Laporan yang dihasilkan diberikan kepada Bagian Personalia. b.Laporan Peserta Test Keseluruhan di Tempel di papan Pengumuman/ disebarkan kepada peserta test melalui koran atau Website PT. ABC. c.Laporan Hasil Test setiap peserta dikirim ke alamat peserta masing-masing

14 6. Tahapan Storage : menjelaskan mengenai data, program dan hasil proses pada ekternal storage. Misalkan dari proses pengolahan data penerimaan pegawai pada PT. ABC file-file yang ada adalah File pelamar/peserta test ( data pribadi File Pendidikan pelamar ( data pendidikan File Hasil Test Pelamar


Download ppt "Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan (Exphanded Data Processing Cycle ) Terdiri dari enam tahapan, yaitu ORIGINATION, INPUT, PROCESSING, OUTPUT, DISTRIBUTION,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google