Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 1 MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: –Informasi matakuliah Tujuan Instruksional Khusus: –Agar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 1 MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: –Informasi matakuliah Tujuan Instruksional Khusus: –Agar."— Transcript presentasi:

1

2 Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 1 MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: –Informasi matakuliah Tujuan Instruksional Khusus: –Agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum mengenai materi-materi akan ddiperoleh dari mata kuliah ini.

3 Java Programming Deskripsi & Tujuan Buku Pegangan Bobot Penilaian Waktu Kuliah & Konsultansi Rencana Perkuliahan Minggu 1 Page 2 Java Programming (MKB614C)

4 Deskripsi dan Tujuan Deskripsi – Tujuan – Minggu 1 Page 3 Java Programming (MKB614C)

5 Buku Pegangan Y. Daniel Liang (2015), JAVA PROGRAMMING COMPREHENSIVE VERSION, Tenth Edition, Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall. Minggu 1 Page 4 Java Programming (MKB614C)

6 Penilaian Bobot penilaian (Kelas dan Lab) –Nilai Harian 40% Quiz /Tutorial / Homework –UTS 30% –UAS 30% Total 100% Minggu 1 Page 5 Java Programming (MKB614C)

7 Waktu Kuliah & Konsultansi Jadwal –Kuliah: Kamis: 10:00-13:00; (LK.B) –Konsultasi Minggu 1 Page 6 Java Programming (MKB614C)

8 Rencana Perkuliahan (1) W01 – Dasar pemrograman Java W02 – Selections & Loops di Java W03 – Fungsi matematika, character, string W04 – Methods, fungsi & array W05 – OOP: Objects & Classes W06 – Inheritance & Polymorphism W07 – Abstract Classes and Interfaces Minggu 1 Page 7 Java Programming (MKB614C)

9 Rencana Perkuliahan (2) W08 – Exception Handling & Binary I/O, Eclipse W09 – Collection Iterators, List W10 – Multithreading & Parallel Programming W11 – JDBC W12 – GUI Basics W13 – Applets and Multimedia W14 – JSP & Servlet Minggu 1 Page 8 Java Programming (MKB614C)

10 Minggu 1 Page 9 MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: –Dasar pemrograman Java Tujuan Instruksional Khusus: –Agar siswa memahami dasar-dasar pemgrograman di Java Java Programming (MKB614C)

11 Agenda Java Spesifikasi, JDK & IDE Style pemrograman dan dokumentasi Membuat, mengkompile & menjalankan java Menerima input dari console Indentifier & variabel Assignment statement Nilai konstan Tipe data numerik Operator aritmatika Minggu 1 Page 10

12 Java spesifikasi, API & JDK Java syntax adalah syntax penulisan bahasa java yang didefinisikan dalam Java language specification (bahasa java) Java library didefinisikan dalam java API JDK (Java Development Kit) adalah software untuk membuat dan menjalan program Java JRE (Java Runtime Environtment adalah software untuk menjalan program Java IDE adalah aplikasi yang menyediakan lingkungan khusus untuk pengembangan aplikasi (Netbeans & Eclipse).

13 Platform Java

14 Aplikasi Java

15 Sekilas Java SE

16 Java Virtual Machine (JVM) JVM adalah landasan dari platform Java. Komponen Teknologi JVM: 1.Memberikan lingkungan agar program/aplikasi Java dapat berjalan tanpa bergantung hardware & sistim operasi. 2.Menjaga binary program/aplikasi Java (Java bytecode) tetap kecil. 3.Melindungi pengguna dari malicious program.

17 Arsitektur JVM pada Spesifikasi Java SE 7 Edition

18 JCP & JSR Java Community process: mekanisme untuk pengembangan spesifikasi teknis standar Java (Java Spesification Request). JSR untuk Java di kelompokan berdasarkan platform 1.Java Micro Edition JSR 85 2.Java Standar Edition JSR 62 3.Java Enterprise Edition JSR 57 https://www.jcp.org/en/home/index

19 Style pemrograman & dokumentasi Style pemrograman berhubungan dengan gaya penulisan source code Style pemrograman yang baik, akan memperkecil error dan memudahkan source code di baca. Dokumentasi berhubungan dengan penjelasan dari program/source code. Umumnya dalam source code, dokumentasi di letekan dalam tag comment. Yang perlu diperhatikan dalam style pemrograman: 1.Comment pada program 2.Proper indent & spasi 3.Block style

20 Comment pada program 1.Inline: koment inline dimulai dengan // 2.Multiline: koment multiline (block) dimulai dengan /* diakhiri dengan */ Multi line koment yang dimulai dengan /** akan di extract menjadi dokumentasi proram dengan tools javadoc.exe

21 Proper indent & spasi Konsistensi dalam gaya penulisan source code dengan memanfaatkan indent dan spasi akan membuat: 1.Source code jelas & mudah dibaca. 2.Mudeh didebug. 3.Mudah dimaintenance –Contoh: –System.out.println(3+4*4); Bad style –System.out.println(3 + 4 * 4); Good style

22 Block style Block adalah source code yang di group, umumnya untuk menyelesaikan suatu proses/perhitungan. Block dalam java di awal { diakhiri dengan } Contoh: public class ShowSyntaxErrors { public static main(String[] args) { System.out.println("Welcome to Java); }

23 Tools untuk membuat program/aplikasi Java Program/aplikasi java dapat ditulis tanpa menggunakan tools/IDE khusus atau dengan menggunakan tools/IDE. 1.Tanpa tools/IDE 1.Notepad 2.Notepad++ 2.Dengan tools/IDE 1.Eclipse 2.Netbeans –NOTE: File yang berisi source code, harus berupa text (latin) dan dismpan dalam file berekstensi.java

24 Mengkompile & menjalankan program Java Untuk dapat mengkompile program/aplikasi java, dibutuhkan JDK (Java Development Kit) > javac helloworld.java Untuk dapat menjalan program/aplikasi java (Java bytecode), dibutuhkan JRE (Java Runtime Eniveronment). Note: JRE sudah disertakan dalam software JDK. >java helloworld Note: tools/IDE membutuhkan JDK agar dapat berjalan.

25 Bagaimana program Java berjalan

26 Menulis program Java 1.Setiap program Java dikenal sebagai class. Nama file harus sesuai dengan nama class. 2.Java program harus memiliki 1 method main public & static Contoh HelloWorld.java public class HelloWorld { public static void main(String[] args ) { System.out.println("I Love Java"); }

27 Kelas System Kelas System adalah kelas yang tersedia di Java, yang menyediakan 1.Fasilitas untuk mengakses input, output dan error. 2.Fasilitas untuk mengakses eksternal property dan variabel lingkungan (system). 3.Fasilitas untuk me-Loading file & library. 4.Fasilitas untuk mengcopy suatu bagian dari array.

28 Menerima input dari console Salah satu cara untuk menerima/mengambil input dari user adalah menggunakan class Scanner dari library java.util. Untuk membuat object Scanner digunakan syntax: Scanner input = new Scanner(System.in);

29 Method Scanner untuk membaca input dari console String –Membaca per token string: next() –Membaca per line string: nextLine() Number –Membaca integer: nextInt() –Membaca float: nextFloat() –Membaca double: nextDouble()

30 Identifier di Java Identifier adalah nama/identitas dari class, method dan variabel. Aturan indentifier dalam Java: –Identifier terdiri dari huruf, angka, underscore (_) dan dollar ($) –Identifier harus dimulai dari huruf, underscore atau dollar ($). –Identifier tidak boleh berupa reserved word. –Identifier tidak boleh berupa true, false atau null. –Ukuran identifier bebas. Contoh identifier yang benar: –Name –_id –$name

31 Reserved word di Java abstract assert boolean break byte case catch char class const continue default do double else enum extends final finally float for goto if implements import instanceof int interface long native new package private protected public return short static strictfp* super switch synchroniz ed this throw throws transient try void volatile while

32 Variable di Java Variable adalah tempat menyimpan suatu nilai yang dapat diproses. Contoh variable untuk mengihutng luas suatu persegi empat: double panjang = 4; double lebar = 2; double luas = panjang * lebar; Variable constant: adalah variable dengan nilai tetap (tidak dapat dirubah), yang ditandai dengan final

33 Convensi penamaan di Java Tujuan convensi penamaan di Java adalah untuk memudahkan dalam membaca program dan penanganan kesalahan. Convesi penamaan di Java: 1.Gunakan huruf kecil untuk penamaan variabel dan method. Bila merupakan gabungan 2 kata atau lebih, huruf awal pada kata ke-2 dst dimulai dengan huruf besar. Contoh: nilaiUjian, luasKotak, dll. 2.Penamaan class dimulai dengan huruf besar. Contoh class HelloWorld. 3.Penamaan variabel konstan, menggunakan huruf besar semua. Contoh: PI, MAX_VALUE, dll.

34 Tipe data numeric IEEE 754

35 Numeric Literal Numeric literal adalah nilai konstan di Java Integer literal –Untuk menunjukan variabel integer bertipe long digunakan huruf L atau l. –Contoh: long l = 83648L; Floating point literal –Untuk menunjukan variabel float atau dobule digunakan huruf f/F dan d/D –Contoh: float f = 100.2f Scientific Notation –Untuk menunjukan variabel scientific digunakan huruf e/E –Contoh: * ditulis double d = E-2;

36 Java melakukan perhitungan dengan urutan sbb: 1.Perkalian, pembagian & modulo dilakukan diawal dari kiri ke kanan. 2.Penambahann & pengurangan dilakukan terakhir dari kiri ke kanan. (3 + 4 * x) / 5 – 10 * (y - 5) * (a + b + c) / x + 9 * (4 / x + (9 + x) / y) Urutan dalam perhitungan aritmatik

37 Ilustrasi perhitungan aritmatik

38 Waktu system Untuk mendapatkan waktu system digunakan method currentTimeMillis dari kelas System. Contoh: long totalMilliseconds = System.currentTimeMillis(); long totalSeconds = totalMilliseconds / 1000; long currentSecond = totalSeconds % 60; long totalMinutes = totalSeconds / 60; long currentMinute = totalMinutes % 60; long totalHours = totalMinutes / 60; long currentHour = totalHours % 24; System.out.println("Current time is " + currentHour + ":" + currentMinute + ":" + currentSecond + " GMT");

39 Operator Assignment

40 Operator penambahan & pengurangan

41 Conversi numeric Floating-point numbers dapat diconversi menjadi integers dengan eksplisit casting. Contoh: (int)1.7 -> 1 (double)1 / 2 -> / 2 -> 0

42 Latihan & Review W01 1.Buatlah program untuk menghitung 1.Diameter lingkaran 2.Keliling lingkaran 3.Luas lingkaran Input dari console “Masukan nilai jari-jari lingkaran: ” Output dari console bila jari-jari 10: Diameter lingkaran = 20.0 Keliling lingkaran = 62.8 Luas lingkaran = 314 PI adalah variable constan final

43 2.Buatlah program untuk mengkonversi suhu dari celcius (°C) ke : 1.Kelvin -> K = °C + 273,15 2.Fahrenheit -> °F = °C × 1, Rankine -> °Ra = 1,8 × (°C + 491,67) 4.Delisle -> °De = (100 − °C) × 1,5 5.Newton -> °N = °C × 33/100 6.Réaumur -> °Ré = °C × 0,8 7.Rømer -> °Rø = °C × 21/40 + 7,5 Input dari console “Masukan suhu dalam celcius: ” Kirim jawaban ke Subject: W01 [no mahasiswa], Contoh Subject: W


Download ppt "Java Programming (MKB614C) Minggu 1 Page 1 MINGGU 1 Java Programming (MKB614C) Pokok Bahasan: –Informasi matakuliah Tujuan Instruksional Khusus: –Agar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google