Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Etika umum: membahas kondisi dasar bagaimana manusia bertindak etis dalam mengambil keputusan. Mengacu pada prinsip moral dasar sebagai panduan bertindak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Etika umum: membahas kondisi dasar bagaimana manusia bertindak etis dalam mengambil keputusan. Mengacu pada prinsip moral dasar sebagai panduan bertindak."— Transcript presentasi:

1

2 1. Etika umum: membahas kondisi dasar bagaimana manusia bertindak etis dalam mengambil keputusan. Mengacu pada prinsip moral dasar sebagai panduan bertindak dan menilai “baik atau buruk” tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.  Etika umum dianalogikan dengan ilmu pengetahuan, doktrin, dan ajaran yang membahas pengertian umum dan teori etika.

3 2. Etika khusus: Penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang khusus, yaitu bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari suatu organisasi.  Etika khusus tidak terlepas dari sistem nilai yang dianut dalam kehidupan publik dan masyarakat adat. Seperti pedoman pada nilai budaya, moral dasar, kesusilaan, pandangan hidup, pendidikan, kepercayaan, dll.

4 1. Etika individu menyangkut kewajiban dan perilaku manusia terhadap dirinya sendiri. 2. Etika sosial berbicara mengenai kewajiban, sikap, dan perilaku sebagai anggota masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai sopan santun, tata krama dan saling menghormati, yaitu: bagaimana saling berinteraksi menyangkut hubungan manusia dengan manusia baik secara individu maupun kelompok.

5  Sikap terhadap sesama  Etika keluarga  Etika politik  Etika bisnis  Etika kehumasan  Etika profesi

6  Good communicator for internal and external public  Have a good integrity  Motivate sense of belonging and sense of wanted to the employee  Respect value of humanity  Tell the right information to the right stakeholders

7  Obey PR ethic code  High dedication to PR profesion  Understand the boundaries based on morality in PR  Know how to deal the unwanted condition  Communicate and interact with general ethics

8  Etika berarti moral ; sedangkan etiket berarti sopan santun.(disamping terdapat arti lain,yakni secarik kertas yang ditempel pada kemasan botol / barang).

9 Etika berasal dari bahasa Inggris ETHICS sedang - kan etiket dari kata ETIQUETTE. Menurut artinya, dua istilah ini memang dekat satu sama lain.Terdapat Persamaan dan perbedaan diantara keduanya.

10 1. Keduanya menyangkut perilaku manusia 2. Baik etika maupun etiket mengatur perilaku manusia secara normatif,artinya memberikan norma bagi perilaku manusia;dengan demikian menyatakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh manusia.

11 1.Etiket,menyangkut cara suatu perbuatan hrs dilakukan manusia;menunjuk kan cara yang tepat diantara beberapa cara yg ada. 1. Etika tidak terbatas pada cara dilakukannya suatu perbuatan,tetapi memberi norma tentang perbuatan itu sendiri.Etika menyangkut apakah suatu perbuatan boleh/tidak dilakukan

12  2.Etiket hanya berlaku dalam pergaulan.Selama ada saksi mata,etiket akan berlaku,demikian sebaliknya  3. Etiket bersifat relatif,hal yang dianggap tidaksopan dlm kebudayaan tertentu tdk berlaku pd budaya lain  2.Etika adalah nurani(suasana bathin)tentang bgm hrs bersikap etis yg timbul dari kesadaran diri manusia  3. 3.etika bersifat absolut,tdk bisa ditawar,jika suatu perbuatan benar bisa diterima.

13  Guest Relation Officer (salah satu bagian PR yang berhubungan dengan tamu) sebuah hotel di semarang diharuskan memakai seragam berupa: baju yang ketat dan rok mini, memakai stoking hitam, serta sepatu hitam bertumit tinggi. Rambut selalu disisir rapi dan diikat, wajah bermake up.

14  Seorang PRO menjadi konsultan provider seluler merk X. Sebelum kontrak selesai, seketika dia mendapat tawaran untuk menjadi konsultan kompetitor merk x, yaitu Y.  Is it ok?

15  Indoclubbers Community selaku outsourcing (brand & events) Palladium Club, Hotel Kaisar membutuhkan beberapa Public Relations yang akan dikontrak langsung oleh pihak management Palladium Club: 1. Perempuan thn 2. Pengalaman min. 1 thn sebagai PR/GRO club 3. Doyan minum (yg ini wajib hehehe) 4. Target minimal 15 botol whiskey per-bulan 5. Jam kerja setiap Rabu, Jumat & Sabtu Benefits: Rp. 150rb/visit (setiap rabu, Jumat & Sabtu) Fee 10% dari setiap penjualan botol whiskey


Download ppt "1. Etika umum: membahas kondisi dasar bagaimana manusia bertindak etis dalam mengambil keputusan. Mengacu pada prinsip moral dasar sebagai panduan bertindak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google