Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kemiskinan dan Pemberdayaan di Indonesia. 1.Kemiskinan (Coba ingat materi di Pengantar Sosiologi) a. Dasar Pemahaman - Pada dasarnya sulit untuk memberikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kemiskinan dan Pemberdayaan di Indonesia. 1.Kemiskinan (Coba ingat materi di Pengantar Sosiologi) a. Dasar Pemahaman - Pada dasarnya sulit untuk memberikan."— Transcript presentasi:

1 Kemiskinan dan Pemberdayaan di Indonesia

2 1.Kemiskinan (Coba ingat materi di Pengantar Sosiologi) a. Dasar Pemahaman - Pada dasarnya sulit untuk memberikan pengertian tentang kemiskinan. b. Kemiskinan dibedakan menjadi : * Kemiskinan absolut (Absolute Poverty) Kajian kemiskinan yang didasarkan pada kepemilikan kebutuhan dasar (rumah, pangan, sandang dan kesehatan). * Kemiskinan Relatif (Relative Poverty) Kajian kemiskinan yang didasarkan pada standard hidup atau budaya.

3 * Budaya Miskin (A Culture of Poverty) Kemiskinan yang diakibatkan oleh ketidakmampuan secara individual (individuals inadequate) Contoh : - Keahlian - Kelemahan fisik - Rendahnya motivasi Menurut Oscar Lewis budaya miskin itu diakibatkan oleh proses regenerasi (sosioalisasi). Contoh : Anak-anak kecil yang selalu melihat dan ikut orang tuanya “mengemis” di jalan. Coba diskusikan Fenomena seperti apa yang terjadi di Indonesia (sekitar Saudara) ?

4 Kemiskinan Struktural (Structural Poverty) Kemiskinan yang diakibatkan oleh kekuatan struktural di dalam masyarakat. Contoh : - Kelas, gender, etnik, posisi pekerjaan, pendidikan. - Kebijakan pemerintah yang tidak adil Bagaimana solusinya ? - Bukan dengan memberikan harapan, tetapi Dengan membuat policy yang adil (distribusi pendapatan dan sumber-sumber lain). Contoh : - Subsidi kesejahteraan anak - Batas upah minimum - Subsidi-subsidi lainnya. Diskusikan : Kebijakan pemerintah seperti apa yang pada akhirnya akan menyebabkan masyarakat menjadi miskin ? berikan contoh konkrit dan prosesnya (penjelasannya).

5 Apa yang menyebabkan kemiskinan ? Ketidakberuntungan : Kemiskinan itu sendiri Kelemahan fisik Keterasingan Kerentanan dan Ketidakberdayaan

6 Negara-negara berkembang dalam mengatasi kemiskinan biasanya : Meniru apa yang dilakukan oleh negara-negara maju (demontration effect). Mengambil yang baik (fussion effect) Kurang memperhatikan waktu, “ingin cepat selesai” (compression effect). “Tricle down effect” (model ekonomi pertumbuhan – industrialisasi).

7 2. Pemberdayaan - Pemberdayaan merupakan kemampuan individu yang bersenyawa dalam masyarakat dan membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan. (interpretasi : membuat masyarakat mempunyai kekuatan) - Pada dasarnya pemberdayaan merupakan upaya yang dilakukan langsung pada akar persoalan, sehingga masyarakat menjadi mampu dan mandiri. - Upaya ini harus memperkuat potensi yang dimiliki masyarakat. (pemahaman dan contoh didiskusikan di kelas)

8 - Perlu langkah-langkah nyata : Penyediaan berbagai masukan Membuka akses berbagai peluang Menyiapkan pranata-pranata Menanamkan budaya : kerja keras, hemat, keterbukaan, bertanggungjawab. Meningkatkan partisipasi rakyat

9 3. Mengapa Pemberdayaan ? - Krisis hutang negara-negara berkembang menyebabkan kesenjangan dan kemiskinan. - Pembangunan industri makin dikedepankan, sehingga memicu tumbuhnya urbanisasi. - Sektor pertanian makin tertinggal - Nilai tukar hasil pertanian juga semakin menurun. - Marjinalisasi wilayah pedesaan - Tumbuhnya kekuatan ekonomi swasta (industrialisasi). - Krisis ekonomi (dan politik) yang berkepanjangan.

10

11

12 8.

13

14

15


Download ppt "Kemiskinan dan Pemberdayaan di Indonesia. 1.Kemiskinan (Coba ingat materi di Pengantar Sosiologi) a. Dasar Pemahaman - Pada dasarnya sulit untuk memberikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google