Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL.  Memahami bagaimana perusahaan multinasional menggunakan teknologi informasi sebagaicara untuk mengatasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL.  Memahami bagaimana perusahaan multinasional menggunakan teknologi informasi sebagaicara untuk mengatasi."— Transcript presentasi:

1 PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

2  Memahami bagaimana perusahaan multinasional menggunakan teknologi informasi sebagaicara untuk mengatasi ketidakpastian lingkungan global  Mengenal berbagai jenis struktur organisasi yang telah terbukti efektif bagi perusahaan multinasional  Mengerti dengan baik bagaimana strategi global berkembang dan peran sistem informasi global dalam tiap strategi.

3  Perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar bangsa, dan budaya.  Terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan yang tersebar secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri.

4  Divisi fungsional sedunia (wordwide functional divisions) : semua perencanaan strategis harus dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk karena data yang terintegrasi seluruh operasi tidak terdapat pada tingkat yang lebih rendah.  Divisi internasional : untuk semua keperluan praktis MNC ini sebenarnya dua organisasi terpisah satu yang mendukung operasi domestik dan satu yang mendukung anak-anak perusahaan.  Wilayah Geografis : MNC membagi operasinya menjadi wilayah- wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan.  Divisi produk sedunia : perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk, dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri diseluruh dunia.

5  Keuntungan Koordinasi 1. Fleksibelitas dalam memberi respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar. 2. Kemampuan memberikan respon di suatu negara atau wilayah dari suatu negara atau wilayah dari suatu negara 3. Kemampuan mengikuti pasar di seluruh dunia 4. Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit diberbagai negara 5. Pengurangan keseluruhan biaya operasi 6. Peningkatan efisiensi dan efektifitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan 7. Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan secara produksi dan distribusinya.

6  Strategi Multinasional : perusahaan induk membiarkan para anak perusahaan mengembangkan produk praktek meraka sendiri.  Strategi global : perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk-produk standar, produk untuk seluruhpasar diproduksi secara sentral dan dikirimkan pada anak perusahaan  Strategi internasional : memerlukan tim manajemen di perusahaan induk yang memilki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global.  Strategitransnasional : perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi serta mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat.

7  Saat perusahaan mulai menerapkan komputer secara global mulai menyadari luasnya keuntungan-keuntungan yang tersedia dikenal sebagai penggerak bisnis global /GBD  Tujuh penggerak bisnis global : 1. Sumber daya bersama 2. Operasi yang fleksibel 3. Rasionalisasi operasi 4. Pengurangan resiko 5. Produk global 6. Pasokan yang langka 7. Pelanggan tingkat perusahaan

8  Kendala politis - Pembatasan pembelian dan import perangkat keras - Pembatasan pemrosesan data - Pembatasan komunikasi data : 1. Data operasional : data transaksi dalam sistem informasi akuntansi 2. Data pribadi : mengenai data individu 3. Transfer dana elektronik suatu negarakenegara lain 4. Data teknik dan ilmiah

9  Permasalahan teknologi Karena banyak negara yang tidak menghormati hak cipta perangkat lunak dan membiarkan pasar gelap perangkat lunak, sejumlah penjual perangkat lunak menolak berbisnis di negara-negara tersebut.  Kurangnya dukungan dari manajer dan anak perusahaan Beberapa manajer anak perusahaan dibayarkan berdasarkan profitabilitas dan mereka enggan mengikuti solusi perusahaan yang dianggap akan menurunkan pendapatan mereka.

10  Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis 1. Bekerjasama secara erat dengan eksekutifperusahaan untuk memahami dampak potensial GIS 2. Mengerti strategi bisnis global dari tiap unit bisnis 3. Menentukan strategi GIS global yang sesuaiuntuk strategi bisnis global tiap unit bisnis 4. Menentukan tujuan dar tiap strategi GIS 5. Mengidentifikasi aplikasi yang diperlukan untuk mencapai strategi GIS, dan menentukan prioritasnya 6. Menugaskan orang-orang yang bertanggung jawab atas penerapan aplikasi tersebut.

11  Menentukan sumber daya informasi GIS akan menggunakan semua jenissumber daya informasi : perangkat lunak, perangkat keras, personil, data dan informasi 1. Menentukan jumlahdan lokasi pusat dataregional 2. Mengidentifikasi penjual yang dapatmenyediakan produk dan jasa bagi tiapanakperusahaan 3. Membuat sfesifikasi standar perangkatkeras dan perangkat lunakyang dapat digunakan semua anakperusahaan 4. Membuatrencana bagi satu atau beberapaunit oenolong yang membantu anak perusahaan 24 jamsehar, tujuh hari seminggu. 5. Siap menghadapi keterlambatan penerapan yang tidak dialami di negaraperusahaan induk.

12  Menyediakan pembagian data Pembuatan sistem pemakaian bersama(data sharing) : 1. Mengembangkan suatu model data global yang mendukung tujuan bisnis global 2. Membentuk satu kelompok yang terdiri dari parawakil perusahaan induk dan anak perusahaan untuk menerapkan standar data yang akan diterapkan diseluruh MNC 3. Meneliti peraturan berbagai negara untuk mengetahui berbagai pembatasan atas pengolahan data dan telekomunikasi 4. Berdasarkan penelitian tersebut, menentukan apakah data akan dikirimkanmelintasi batas negara atau memprosesnya di negara tempat anakperushaaan 5. Menerapkan database

13  Memperhatikan Lingkungan Budaya 1. Menyadari perbedaan budaya yangada di antara negara- negara tempat anak perusahaan dan merumuskan pemecahan yang dapat diterima oleh semua pihak 2. Membuat survei ataskeahlian spesialis informasi yangadadi anak perushaan 3. Menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi anak perushaan sehingga personil mendapatkan keahlian di area yang kurang mereka kuasasai dan meningkat keahlian di area yang meraka kuasai 4. Membuat program=program formal yang mempersiapkan para manajer perusahaan induk untuk bekerjasama dengan para manajeranakperushaan.

14 Faktor-faktor :  Dukungan manajemen puncak : berpengaruh besar pada penggunaan komputer.  Pengenalan komputer  Kekuatan referensi : menyadari pengaruh seseorang untuk membuat suatu hal dilakukan di dalam organisasi lebih didasarkan pada kontak pribadidaripada keahlian  Preferensi komunikasi lisan : orang-orang yang menyukai komunikasi tertulis bersikap positif terhadap GSS, sementara mereka yang menyukai komunikasi lisan mengalami kesulitan menghadapai lingkungan berbasis komputer.  Kepuasan menggunakan : Resiko yang dihadapi spesialis informasi saat menggunakan suatu teknologi GSS adalah bila meraka memperoleh pengalaman pahit, hal ini dapat berdampak merusak pada penggunaan teknologi tersebut di masa depan.


Download ppt "PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL.  Memahami bagaimana perusahaan multinasional menggunakan teknologi informasi sebagaicara untuk mengatasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google