Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS TEORI ORGANISASI DAN ADMINISTRASI PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS TEORI ORGANISASI DAN ADMINISTRASI PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI."— Transcript presentasi:

1 TUGAS TEORI ORGANISASI DAN ADMINISTRASI PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI

2 ANGGOTA KELOMPOK 1.Azzadina Raiza Moh. Ariful Hakim Firman Kurniawan Luki Arinta Putri

3 PENGERTIAN PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI Organisasi merupakan sekumpulan orang yang membentuk sebuah sistem terpadu mengenai bagaimana orang-orang dalam organisasi mencapai tujuan yang sama. Tujuan tersebut sering dituangkan dalam sebuah wadah yakni Visi, sehingga terbentuklah organisasi. Organisasi berasal dari kata dasar organ, arti harfiahnya dalam istilah biologi kurang lebih berarti sekumpulan jaringan yang membentuk satu kesatuan dimana dapat melakukan fungsi tertentu secara independen. Kata organ mendapat imbuhan ’isasi’, sehingga bisa diartikan sebagai proses dan sekumpulan aktivitas. Secara spesifik perancangan organisasi adalah sebuah usaha formal, atau proses yang terarah untuk mengintegrasikan manusia, informasi dan teknologi dalam sebuah organisasi.

4 IDENTIFIKASI PERBEDAAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Struktur organisasi meliputi : a. Struktur FungsionalStruktur Fungsional b. Struktur ProdukStruktur Produk c. Struktur MatriksStruktur Matriks

5 STRUKTUR FUNGSIONAL KelebihanKekurangan 1. Paling sesuai untuk lingkungan yang stabil 1. Pengambilan keputusan menumpuk pada puncak organisasi. 2. Dapat mencapai skala ekonomis pada masing-masing bagian. 2. Koordinasi antar bagian / fungsi tidak terlalu baik. 3. Merangsang berkembangnya keterampilan yang bersifat fungsional. 3. Inovasi terbatas. 4. Sesuai untuk organisasi berukuran kecil sampai sedang. 5. Baik bagi organisasi yang menghasilkan satu atau sejumlah kecil jenis produk.

6 STRUKTUR PRODUK KelebihanKekurangan 1. Paling sesuai untuk lingkungan yang tidak stabil dengan perubahan cepat. 1. Tidak mampu mencapai efisiensi ekonomis. 2. Penanggung jawab produk jelas.2. Koordinasi antar produk sulit. 3. Koordinasi antar fungsi baik.3. Keahlian teknis hilang karena tidak ada spesialisasi fungsional. 4. Mudah beradaptasi dengan tuntutan luar. 4. Integrasi ataupun standardisasi antar produk sulit tercapai. 5. Sesuai untuk organisasi berukuran besar. 6. Baik bagi organisasi yang menghasilkan banyak jenis produk.

7 STRUKTUR MATRIKS KelebihanKekurangan 1. Mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan. 1. Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan. 2. Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel. 2. Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi. 3. Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil. 3. Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal. 4. Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.

8 ORGANISASI CAMPURAN (HYBRID DESIGN) Jenis organisasi ini merupakan gabungan dari struktur organisasi dan fungsional. Masing-masing produk yang diproduksi memiliki fungsi- fungsi yang dibutuhkan oleh produk tersebut. Selain itu, organisasi juga memiliki struktur fungsional yang tetap mengontrol secara terpusat jalannya organisasi. Terdapat dua contoh struktur campuran yaitu perusahaan multinasional (MNC) dan organisasi jaringan (network).

9 Dalam bentuk yang sangat ekstrem, struktur jaringan menghasilkan apa yang disebut dengan organisasi virtual. Di sini semua aktivitas organisasi telah habis di- outsourcing. Satu-satunya yang tersisa dalam organisasi adalah sekelompok kecil eksekutif dan sebuah kantor dengan beberapa ratus pegawai. Ukuran perusahaan multinasional adalah rata-rata di atas 10 ribu orang. Pada tahap perkembangannya yang sangat lanjut dapat menjadi sebuah organisasi yang sangat kompleks. Tahap tersebut mengambil desain struktur yang di sebut matriks global (global matrix). Proses ini biasanya terjadi manakala MNC meluaskan aktivitasnya ke berbagai negara dalam skala yang tidak dapat ditangani oleh struktur-struktur biasa. Struktur ini disebut campuran karena perusahaan-perusahaan lokal yang tersebar di berbagai benua biasanya tidak persis sama dalam hal desain strukturnya. Kita barangkali akan menemukan semua ragam desain struktur di sini, mulai dari struktur sederhana, divisonal, matriks, hingga struktur hibird. DUA CONTOH STRUKTUR CAMPURAN Perusahaan Multinasional(MNC) Struktur Jaringan

10 Peran Administrasi dalam Perancangan Struktur Organisasi Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Dan Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi : catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan ketik-mengetikm agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Jadi didalam organisasi, administrasi sangat berguna untuk merancang struktur organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi dengan adanya administrasi, jadi nantinya dalam struktur organisasi kita akan tahu bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.

11 THANK YOU


Download ppt "TUGAS TEORI ORGANISASI DAN ADMINISTRASI PERANCANGAN STRUKTUR ORGANISASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google