Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAUFIK SEPTIARDI, 3352403565 ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI RETAILING MIX DI CHAINSTORE GENERIK SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAUFIK SEPTIARDI, 3352403565 ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI RETAILING MIX DI CHAINSTORE GENERIK SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 TAUFIK SEPTIARDI, ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI RETAILING MIX DI CHAINSTORE GENERIK SEMARANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : TAUFIK SEPTIARDI - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Pemasaran) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - topx24 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Achmad Slamet, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Widiyanto, MBA, MM - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI RETAILING MIX DI CHAINSTORE GENERIK SEMARANG.

4 Abstrak Suatu perusahaan ritel jika ingin tetap bertahan dan bersaing serta mampu mengembangkan bisnisnya harus mampu membuat strategi retailing mix yang dapat mempengaruhi sikap konsumen. Chainstore Generik Semarang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ritel menawarkan produknya yang berupa bahan bakar kendaraan, pelumas Pertamina, dan jasa cuci kendaraan bagi masyarakat mulai berbenah diri dengan menerapkan strategi retailing mix kepada konsumen, hal itu dilakukan dengan harapan bahwa strategi tersebut dapat membentuk sikap konsumen, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan sikap konsumen di Chainstore Generik Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan sikap konsumen di chainstore Generik Semarang. Populasi yang diambil adalah konsumen Chainstore Generik Semarang, dimana setiap orang yang melakukan aktivitas berbelanja pada Chainstore Generik Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 98 konsumen yang dibagi secara representatif pada tiga gerai di Chainstore Generik Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap konsumen di Chainstore Generik Semarang, yang terdiri dari variabel Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis distribusi frekuensi data kualitatif. Hasil analisis dengan menggunakan perhitungan distribusi frekuensi menunjukkan bahwa pada keenam faktor yang diukur untuk mengetahui sikap konsumen, diketahui bahwa pelanggan memiliki sikap suka (afeksi), berkeyakinan (kognisi), dan tertarik (konatif) di gerai bahan bakar, cuci kendaraan pada faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer, Promosi, dan Lokasi, dan Promosi sedangkan pelanggan bersikap kurang suka (afeksi), kurang berkeyakinan, (kognisi), kurang tertarik (konatif) di gerai pelumas Pertamina Generik Semarang pada faktor harga. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen Chainstore Generik Semarang bersikap suka (afeksi), berkeyakinan (kognisi), tertarik (konatif). Namun demikian ada faktor dimana konsumen merasa kurang suka (afeksi), kurang berkeyakinan (kognisi), kurang tertarik (konatif). Oleh karena itu disarankan kepada pihak Chainstore Generik Semarang untuk memperbaiki strateginya. Sedangkan pada faktor dimana konsumen bersikap suka (afeksi), berkeyakinan (kognisi), tertarik (konatif) hendaknya dapat mempertahankan prestasinya dan lebih ditingkatkan lagi.

5 Kata Kunci Sikap Konsumen, Strategi Retailing Mix

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Cristiantoko. et al. Monggo Sir Jualan Bensin. [yang diakses 24/05/08] Engel, James. et al Consumer Behavior: The Dydren Press Hasan, Iqbal Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara Hadi, Sutrisno Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi. Jilid IV Kotler, Phillip Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. Jilid I Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. Jilid II , Susanto. A.B Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat. Ma’ruf, Hendri Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Mayer, Waren Retail Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Simamora, Bilson Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Slamet, Achmad Dampak Retailingmix Terhadap Pembentukan Pola Perilaku Konsumen. Semarang. Jurnal Ekonomi UNNES. TIM PPKI Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES Press. Widya utami, Cristina Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Erlangga Yusnaning Puri, Yusninda Analisis Strategi Bauran Pemasaran Eceran Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Super Swalayan Semarang. Semarang: Skripsi Ekonomi UNNES.

7 Terima Kasih


Download ppt "TAUFIK SEPTIARDI, 3352403565 ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI RETAILING MIX DI CHAINSTORE GENERIK SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google