Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) Ahmad Farisi, S. Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) Ahmad Farisi, S. Kom."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) Ahmad Farisi, S. Kom

2 SILABUS PertemuanMateri 1Pengertian Dasar Komputer 2Perkembangan dan Klasifikasi Komputer 3 & 4Hardware Komputer 5Software Komputer 6 & 7Sistem Pengolahan Data Komputer UTS

3 GBPP / SAP PertemuanMateri 8Sistem Basis Data 9&10Sistem Informasi Berbasis Komputer 11Jaringan Komputer 12Internet 13Keamanan Komputer 14Etika dan Kerangka Hukum Bidang Teknologi Informasi UAS

4 TODAY ??? Konsep Komputer Struktur Komputer Manfaat Komputer Kemampuan Komputer Karakteristik Komputer

5 LET’S BEGIN

6 KONSEP KOMPUTER Computare

7 Bahasa Inggris 1646  Computer (orang yang menghitung) Bahasa Italia  Calculatore (Kalkulator) Bahasa Swedia  dator (data)  1950 matematicmaskin

8 DEFINISI KOMPUTER V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

9 DEFINISI KOMPUTER Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: -menerima input -memproses input tadi sesuai dengan programnya -menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan -menyediakan output dalam bentuk informasi.

10 DEFINISI KOMPUTER Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.

11 DEFINISI KOMPUTER Komputer adalah Seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan ( input ), dan selanjutnya melakukan pengolahan ( process ) sesuai dengan prosedur yang ditetapkan untuk menghasilkan keluaran ( output ) berupa informasi.

12 ILUSTRASI

13

14 STRUKTUR PENGOLAHAN DATA KOMPUTER

15 ELEMEN SISTEM KOMPUTER SOFTWARE HARDWARE BRAINWARE

16 SISTEM KOMPUTER adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

17 MANFAAT KOMPUTER Bidang Pendidikan Bidang Manufaktur Bidang Bisnis dan Perbankan Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan Bidang Entertainment dan Games Bidang Komunikasi Jaringan Global

18 KEMAMPUAN KOMPUTER 1.Kemampuan utama yang dimiliki komputer adalah kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi. 2.Kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk 3.Kecepatan mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global.

19 KECEPATAN

20 KAPASITAS

21 KARAKTERISTIK KOMPUTER Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga aktifitasnya akan bersifat statis. Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.

22 KARAKTERISTIK KOMPUTER Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat, secara menaik (ascending) atau menurun (descending) dalam waktu sekejap. Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer juga. mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.

23 KETERBATASAN KOMPUTER Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja. Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran. Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password.

24 CPU

25

26 SEKIAN


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) Ahmad Farisi, S. Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google