Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama : Dadan Syachrulramdhani NIM : G652080135. Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang kian berkembang. Perubahan paradigma perpustakaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama : Dadan Syachrulramdhani NIM : G652080135. Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang kian berkembang. Perubahan paradigma perpustakaan."— Transcript presentasi:

1 Nama : Dadan Syachrulramdhani NIM : G

2 Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang kian berkembang. Perubahan paradigma perpustakaan terjadi mengikuti perkembangan system penciptaan, perolehan, pengolahan, dan penyebaran pengetahuan yang dikelola perpustakaan itu sendiri dari koleksi tercetak ke koleksi berbasis web yang dimungkinkan oleh teknologi digital. Era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat memunculkan adanya pasar yang efisien dan layanan informasinya yang tidak terbatas pada lokal saja tetapi global.

3 Tujuan Sebagai pedoman untuk mengembangkan perpustakaan menjadi salah satu sumber daya yang dapat dijadikan bisnis yang menguntungkan. Sebagai pedoman untuk mengembangkan system jasa layanan perpustakaan perikanan online dengan menggunakan media komunikasi berbasis web.

4 Manfaat Memahami perubahan paradigma perpustakaan dari perpustkaan konvensional menjadi perpustakaan digital. Memahami salah satu peluang bisnis perpustakaan yang sangat potensial untuk dikembangkan.

5 Peluang Implementasi Komersialisasi Pengetahuan  Perpustakaan STP Jurluhkan Bogor merupakan salah satu sub unit penunjang STP Jurluhkan.  Perpustakaan mempunyai mandat menghimpun, mengolah, mendayagunakan, menyimpan serta menyebarkan pengetahuan yang terdapat di instansi induknya.  Memiliki kekayaan pengetahuan yang dimiliki antara lain Karya Ilmiah Praktek Akhir (KIPA) dan jurnal-jurnal perikanan  Memiliki target pembeli yang dibidik : Peneliti di dalam dan di luar negeri Para dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi Masarakat umum yang tertarik dengan hasil-hasil penelitian perikanan

6 Identifikasi Produk Komersialisasi Pengetahuan  Produk yang ditawarkan : Karya Ilmiah Praktek Akhir dan Jurnal Perikanan Kumpulan artikel hasil penelitian, data informasi bibliografi, data informasi bibliografi yang dilengkapai dengan abstrak, dan full text produk multimedia seperti VCD dan CD interaktif mengenai teknologi perikanan

7 Proses Bisnis Komersialisasi Pengetahuan Input Materi yang dikumpulkan dapat berupa jurnal penelitian atau pengkajian dalam bentuk tercetak maupun elektronis dan telah di upload dalam internet UK/UPT yang bersangkutan Pengolahan dan output proses digitalisasi, pembuatan metadata, dan uploading hasil pengolahan kedalam web

8 Internetworking Pada Komersialisasi Pengetahuan Internetworking adalah salah satu bentuk hubungan kerja sama atau kemitraan untuk mendayagunakan teknologi informasi berbasis jaringan, baik internet, eksternet, maupun internet. Pengetahuan (informasi) yang dapat dijual (ditawarkan) oleh Perpustakaan STP Jurluhkan merupakan produk internal organisasi, contohnya artikel hasil penelitian.

9 Transaksi Elektronis Komersialisasi Pengetahuan Transaksi dilakukan dengan 2 system : System berbasis download per artikel pembeli membayar sesuai dengan artikel yang didownload. System coverage dengan berlangganan atau membayar tunai.

10 Pembiayaan Mengajukan target rencana penerimaan dan pengeluaran anggaran pengembangan fasilitas pendukung komersialisasi pengetahuan sbb : Perkiraan Investasi : Hardware Software Netware Brainware Maintanance Promosi

11 Pembiayaan lanjutan… Perkiraan Penerimaan : Transaksi system hit (system download per artikel) Transaksi system coverage (system berlangganan atau bayar tunai)

12 No.Jenis fasilitasVolumeJumlah hargaKeterangan 1. Hardware 1 paket ,-Per lima tahun 2. Software 1 paket ,- Per lima tahun 3. Netware1 paket ,-Per lima tahun 4. Brainware 1 paket ,- Per lima tahun 5. Maintanance 1 paket ,- Per lima tahun 6. Promosi 1 paket ,- Per lima tahun Jumlah ,- 1) Perkiraan Investasi

13 No.Jenis PenerimaanVolume Perkiraan harga satuan rata-rata Jumlah hargaKeterangan 1. System hit (pembayaran per artikel dalam bentuk bibliografi yang di- download) , ,- Per tahun x 5 2. Download artikel lengkap, pembayaran dengan system covarage , ,- Per tahun x 5 Jumlah ,-Per tahun x 5 2) Perkiraan Penerimaan

14 Kesimpulan Perpustakaan dapat memanfaatkan e-commerce dalam transaksi bisnis untuk mengomersilkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemampuan dan kondisi.

15 TERIMAKASIH


Download ppt "Nama : Dadan Syachrulramdhani NIM : G652080135. Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang kian berkembang. Perubahan paradigma perpustakaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google