Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PEMIMPIN (Dr. Jen Z.A.Hans)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PEMIMPIN (Dr. Jen Z.A.Hans)"— Transcript presentasi:

1 STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PEMIMPIN (Dr. Jen Z.A.Hans)

2 “Salah satu strategi terpenting untuk sukses adalah bertindak seolah-olah, anda sudah berada di tempat yang anda inginkan. Hal ini berarti anda berpikir seperti, berbicara seperti, berpakaian seperti, bertindak seperti dan merasa seperti orang yang sudah mencapai tujuan anda. Bertindak seolah-olah mengirimkan pesan yang kuat pada pikiran bawah sadar anda agar menemukan cara-cara kreatif untuk mencapai tujuan anda” (Jack Canfield)

3 STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PEMIMPIN 1. Hukum Sebab Akibat 2. Sukses; Definisi, Kebiasaan dan Strategi 3. Menentukan Tujuan Hidup 4. Rahasia Fokus 5. Manajemen Waktu 6. Belajar Seumur Hidup 7. Disiplin Prasyarat Sukses 8. Penyebab Kegagalan 9. People Skill 10. Pergaulan yang positif 11. Memimpin Diri Sendiri

4 HUKUM SEBAB AKIBAT  Hukum sebab akibat dan keempat hukum turunannya ( hukum keyakinan, hukum harapan, hukum ketertarikan dan hukum kesesuaian) mengajarkan bahwa kebahagiaan, kesejahteraan dan kesuksesan merupakan akibat langsung atau tidak langsung dari sebab/tindakan tertentu.(Hukum ini berlaku bagi siapa saja, kapan dan dimana saja).  Hukum sebab akibat adalah hukum tuai dimana siapa yg menanam dia akan menuai hasilnya termaktub dalam QS Al Zalzalah 99:7-8, barang siapa mengerjakan kebaikan niscaya akan melihat balasannya dan sebaliknya.  Ekspresi terpenting dari hukum sebab akibat adalah pikiran adalah sebab sedangkan kondisi adalah akibat (QS Ar Ra’du 13:11), Allah tdk akan mengubah suatu kaum sehingga mereka mengubah keadannya sendiri. Apapun yang dilihat dan dialami (kondisi) adalah perwujudan dari pemikiran orang2 dibelakang fenomena tersebut.  Cara memaknai segala sesuatu sepenuhnya ada pada kendali kita, memaknai pengalaman sehingga merasa lebih bahagia dan optimis dari pada marah dan prustasi. Untuk dapat memaknai tersebut pilihlah untuk berfikir positif, bertindak positif dan mentaati hukum.

5 SUKSES SUKSES  Sukses berarti proses terus menerus menjadi lebih baik secara fisik, intelektual,emosional,sosial,finansial maupun spiritual sambil berkontribusi secara positif bagi orang lain.Sukses merupakan perwujudan progresif tujuan yg berharga, dan perjalanan progresif bukan tujuan akhir yg mau dicapai.  Stephen R.Covey : terdapat 8 kebiasaan orang sukses yaitu 1)bertang gungjawab :apapun yg dialami akibat pilihan sendiri,2) berorientasi pada tujuan :pengembangan diri,kepemilikan,keuangan dan tujuan konstribusi. 3)Mendahulukan yg utama dg memilih melakukan hal yg terpenting. 4)berfikir menang-menang (win-win) dlm hal ini dibutuhkan kejujuran, integritas, kedewasaan dan sikap mental berkelimpahan.5)memahami terlebih dahulu kemudian dipahami.6)kebiasaan bersinergi, bekerjasama akan menghasilkan jauh lebih dari karya sendiri.7) melakukan perbaikan diri secara terus menerus, hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan 8)menemukan panggilan jiwa dan mengilhami orang lain menemukan panggilan jiwanya.  Strategi Sukses : 1)bereksperimen dengan filosofi:kalau gagal yg pertama cobadan coba lagi, ada 4 langkah ekperimen; tahu secara spesifik tujuan yg diinginkan, bertindak sungguh2,mengamati pakah hasil sesuai tujuan, kalaui belum berhasil bersedia mengubah tindakan. 2)memodel orang sukses dg tahu secara spesifik tujuan yg dinginkan,mencari orang yang berhasil mendapatkan hal yg diinginkan, mengamati yg dilakukan orang lain dan melakukan tindakan yg sama dan 3) menggunakan sumberdaya pihak lain, modal,keterampilan,gagasan dan waktu orang lain.

6 MENENTUKAN TUJUAN HIDUP  QS Al Hasyr 59:18 menekankan agar kita memperhatikan apa yg harus dipersiapkan untuk hari esok. Seberapa pentingkah menentukan tujuan hidup tersebut ? Jawabannya adalah untuk mencapai lebih banyak dalam semua aspek kehidupan dengan perkataan lain untuk mencapai sukses dalam hidup.  Dalam menentukan tujuan hidup sangatlah penting dibuat secara tertulis, sebab hasil penelitian oleh trace study menunjukkan mereka yang menulis tujuan hidupnya lebih sukses dibanding dg mereka yg tidak mempunyai tujuan hidup atau bahkan mereka yang mempunyai tujuan tapi tidak menulisnya.  Ada tiga alasan mengapa perlu menulis banyak tujuan hidup yaitu 1) setiap tujuan memerlukan waktu berbeda sebelum terwujud menjadi kenyataan, 2)segera setelah mencapai tujuan maka kekuatan dan kepentingan tujuan tidak ada lagi dan 3)kelimpah ruahan merupakan hukum alam bagi siapa yg ingin meraihnya (sunnatullah)  Tujuan tertulis harus divisualisasikan dalam buku impian yg berfungsi sebagai wiper atau pemberish kaca depan dan belakang, juga berfungsi sebagai obat bius sebelum tindakan operasi yg meredam sakit dalam ketika harus berhadapan dg kendala dalam mencapai cita-cita. Visualisasi harus diyakini oleh pikiran agar dapat terwujud.

7 RAHASIA FOKUS  Untuk dapat berhasil menggapai tujuan, kita harus fokus pada hal yang diinginkan yang menjadi prioritas utama, kita tidak mungkin dapat mencapai banyak tujuan yang diinginkan secara sekaligus. Dengan fokus dapat seluruh daya atau kekuatan akan terkonsentrasi sehingga lebih mudah menghadapi tantangan.  Untuk fokus terhadap satu keiinginan jangan bertindak membanding bandingkan diri kita dengan orang lain, kesuksesan orang lain belum tentu akan keseuksesan kita atau sebaliknya.  Untuk dapat fokus harus mengetahui kelemahan dan kekuatan kita, berfokus kepada kelemahan diri sendiri niscaya tidak akan mencapai hasil yang maksimal sehingga menjadi tidak puas stres dan prustasi. Oleh karena itu ketahuilah kekuatan kita dan manfaatkan kekuatan tersebut. Ada tiga cara untuk mengetahui kekuatan kita :1) melihat bidang yang amat sangat diminati 2) tanyakan kekuatan kita pada orang lain karena secara tidak sadar kita tidak mengetahui kelebihan kita dan 3) Jika tidak juga mengetahui kekuatan kita komunikasikanlah dengan Allah SWT.  Wujudkan impian,keinginan dan tujuan dengan kekuatan kita secara terfokus.

8 MANAJEMEN WAKTU  Waktu harus dikendalikan dan dikelola secara efisien,efektif dan produktif sehingga setiap detik waktu bermanfaat, karena mengelola waktu adalah kunci memperoleh rasa bahagia,percaya diri, kesehatan dan kesejahteraan sebagai mana QS Al-Assr 103:1-3, demi waktu sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, saling menasihatisupaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.  Kiat-Kiat mengelola waktu lebih baik : 1.tentukan tujuan berdasarkan prioritas dan nilainya bagi kita, 2.Lakukan akti vitas yang membawa kita kearah tujuan yg ingin dicapai, 3.peran kecerdasan sebagai salah satu penentu kesuksesan. Kecerdasan didefinisikan sebagai cara bertindak yg tidak terpengaruh dari nilai IQ, 4.tentukan tujuan jangka panjang dalam bidang pengembangan diri,kepemilikan,keuangan dan kontribusi, 5.mulai dengan daftar kegiatan jk panjang,menengah dan pendek (bln,tahun), 6.gunakan rencana sebelumnya, 7.bedakan hal yg urgen dari hal yang penting (penting- urgen,penting-tdk urgen,tdk penting-urgen,tdk penting-tdk urgen) 8.terapkan hukum pareto 80/20, 20%aktivitas berkontribusi 80%, 9.prektekan penundaan kreatif indentifikasi 20% aktivitas prioritas tunda yg 80%nya dan 10.terapkan metode ABCDE yaitu cara lain menentukan prioritas dengan mengelompokan pada 5 kelompok ABCDE 1.tentukan tujuan berdasarkan prioritas dan nilainya bagi kita, 2.Lakukan akti vitas yang membawa kita kearah tujuan yg ingin dicapai, 3.peran kecerdasan sebagai salah satu penentu kesuksesan. Kecerdasan didefinisikan sebagai cara bertindak yg tidak terpengaruh dari nilai IQ, 4.tentukan tujuan jangka panjang dalam bidang pengembangan diri,kepemilikan,keuangan dan kontribusi, 5.mulai dengan daftar kegiatan jk panjang,menengah dan pendek (bln,tahun), 6.gunakan rencana sebelumnya, 7.bedakan hal yg urgen dari hal yang penting (penting- urgen,penting-tdk urgen,tdk penting-urgen,tdk penting-tdk urgen) 8.terapkan hukum pareto 80/20, 20%aktivitas berkontribusi 80%, 9.prektekan penundaan kreatif indentifikasi 20% aktivitas prioritas tunda yg 80%nya dan 10.terapkan metode ABCDE yaitu cara lain menentukan prioritas dengan mengelompokan pada 5 kelompok ABCDE A-aktivitas sangat penting dan konsekwensi besar,B-harus dilakukan dan berkonsekwensi sedang,C-aktivitas yg baik jika dilakukan,D-aktivitas yang dapat didelegasikan pada orang lain, dan E-kelompok yang dapat dihilangkan tanpa konsekwensi. A-aktivitas sangat penting dan konsekwensi besar,B-harus dilakukan dan berkonsekwensi sedang,C-aktivitas yg baik jika dilakukan,D-aktivitas yang dapat didelegasikan pada orang lain, dan E-kelompok yang dapat dihilangkan tanpa konsekwensi.

9 BELAJAR SEUMUR HIDUP  Begitu pentingnya ilmu, Allah SWT berfirman dalam QS AL- Mujaadilah 58:11 Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.  Dengan menerapkan pikiran tidak ada tujuan yang tidak dapat dicapai,tak ada rintangan yang tidak dapat di atasi dan tak ada masalah yang tak bisa dipecahkan.  Dalam keketerbatasan daya ingat dan semakin menurun ada tiga kiat sukses mengatasinya yaitu 1)belajar dengan niat untuk menerapkan apa yang dipelajari, 2)belajar dengan niat untuk menyampaikan apa yang dipelajari kepada orang lain dan 3)belajar dengan mengulang-ulang adalah ibu kemahiran.  Ada 8 cara pembelajaran seumur hidup :1)belajar dari buku 2)belajar dengan audiovisual 3)belajar dari internet 4)belajar dari kursus atau seminar 5)belajar dari pengalaman sendiri 6)belajar dari pengalaman orang lain 7)belajar dari klub orang sukses dengan masuk ke klub tersebut 8) belajar sesuai dengan petunjuk Allah.

10 DISIPLIN PRASYARAT SUKSES  Disiplin adalah kemampuan untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan ketika kita harus melalukannya entah suka atau tidak. Disiplin adalah kualitas terpenting untuk sukses.  Disiplin membutuhkan pengendalian, tanggung jawab dan pengarahan diri.Perbedaan orang sukses dengan orang gagal adalah orang sukses mempunyai kebiasaan melakukan hal-hal yang tidak disukai orang gagal karena menganggap sebagai harga yang harus dibayar untuk meraih kesuksesan yang diinginkan.  Orang sukses pertama lebih memfokuskan perhatian pada hasil yang menyenangkan bukan pada metode yang menyenangkan, kedua bertindak untuk mencapai tujuan bukan untuk melepaskan ketegangan dan ketiga melakukan hal-hal yang sulit perlu dan penting bukan kepada hal yang mudah, menyenangkan dan memberikan kenikmatan segera.  Setiap disiplin akan menguatkan disiplin yang lain, memulai disiplin pada hal terkecil akan mampu disiplin pada hal besar dan disiplin dapat meningkatkan harga diri.  Kesuksesan memerlukan disiplin pada hal-hal yang terpenting dan bermanfaat untuk kehidupan didunia dan akhirat.

11 PENYEBAB KEGAGALAN  Orang sukses didunia hanya 20% berarti mayoritas tidak sukses  Menurut Andrie Ho dalam buku highway to Success sekurangnya ada 14 penyebab kegagalan yaitu : 1)tidak memiliki tujuan yang tepat, 2)tidak menulis tujuan, 3)tidak bertanggungjawab atas pilihannya dan selalu mencari alasan pembenaran atas kegagalan, 4)tidak bertindak efektif, 5)mengganggap diri tidak berhak sukses, 6) malas dan instan, 7)berteman dengan yang salah dan negatif thinking, 8)tidak mampu mengelola waktu,9) salah menerapkan strategi terbaik, 10)tidak mengembangkan diri, 11)tidak ada komitmen untuk sukses/mudah putus asa /mudah menyerah, 12)kurang memanfaatkan pikiran bawah sadar, 13)kurang kemampuan berhubungan dengan orang lain secara saling menguntungkan, 14) bodoh/sombong dan menganggap diri paling hebat.

12 PEOPLE SKILL  People Skill adalah keterampilan menjalin hubungan saling menguntungkan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dengan kita. Semakin tinggi people skill semakin tinggi peluang untuk sukses.  3 prinsip meningkatkan people skill : Pertama perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan, Pertama perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan, Kedua orang terutama lebih tertarik kepada dirinya dari pada kepada orang lain artinya tunda dahulu kenikmatan berikan dahulu perhatian kita kepada orang lain dan Kedua orang terutama lebih tertarik kepada dirinya dari pada kepada orang lain artinya tunda dahulu kenikmatan berikan dahulu perhatian kita kepada orang lain dan Ketiga orang tak peduli seberapa banyak kita tahu sampai mereka tahu seberapa peduli kita terhadap mereka, artinya penuhi dulu keinginan dan harapan mereka. Ketiga orang tak peduli seberapa banyak kita tahu sampai mereka tahu seberapa peduli kita terhadap mereka, artinya penuhi dulu keinginan dan harapan mereka.

13 PERGAULAN YANG POSITIF  Pergaulan sehari-hari memiliki peran sangat besar dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan kita, bergaul dengan orang pesimis akan pesimis dan sebaliknya bergaul dengan orang optimis akan terbawa optimis.  Yang jadi persoalan bagaimana agar kita dapat bergaul dengan orang-orang yang positif dan optimis dan meraka tertarik kepada kita serta dapat mengikuti jalan pikiran kita? Menurut Dale Carnigie ada enam cara membuat orang menyukai kita yaitu tunjukkan minat terhadap orang lain, tersenyumlah, berbicara termanis dan terpenting dalam bahasa apapun, jadilah pendengar yang baik, bercakaplah hal- hal yang menarik orang lain dan buat orang merasa dirinya penting dan lakukan dengan tulus. Ada dua belas prinsip agar orang mengikuti jalan pikiran kita yaitu : memenang kan perdebatan dengan menghindarinya, hargai pandangan orang lain, akui kesalahan sepenuh hati, mulai dengan cara bersahabat, buat orang lain segera mengatakan ya,ya…, biarkan orang lain berbicara lebih banyak, biarkan orang lain mengatakan bahwa itu gagasannya, cobalah melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain, bersimpatilah dengan gagasan dan kehendak orang lain, ajak orang memikirkan motif yang lebih tinggi, dramatisir gagasan anda dan sampaikan suatu tantangan. Ada dua belas prinsip agar orang mengikuti jalan pikiran kita yaitu : memenang kan perdebatan dengan menghindarinya, hargai pandangan orang lain, akui kesalahan sepenuh hati, mulai dengan cara bersahabat, buat orang lain segera mengatakan ya,ya…, biarkan orang lain berbicara lebih banyak, biarkan orang lain mengatakan bahwa itu gagasannya, cobalah melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain, bersimpatilah dengan gagasan dan kehendak orang lain, ajak orang memikirkan motif yang lebih tinggi, dramatisir gagasan anda dan sampaikan suatu tantangan. Tugas pemimpin mencakup mengubah sikap dan perilaku orang lain. Ada sembilan prinsip membantu melaksanakan tugas pemimpin al:mulailah dengan pujian dan penghargaan yang tulus,tunjukkan kesalahan orang lain secara tidak langsung, berbicaralah kesalahan sendiri sebelum mengkritik orang lain, ajukan pertanyaan dari pada langsung memberi perintah, biarkan orang menyelamatkan muka, gunakan dorongan, pujilah setiap perbaikan sekecil apapun, buat orang lain merasa bahagia melakukan yang disarankan dan berikan reputasi tinggi untuk dijalani Tugas pemimpin mencakup mengubah sikap dan perilaku orang lain. Ada sembilan prinsip membantu melaksanakan tugas pemimpin al:mulailah dengan pujian dan penghargaan yang tulus,tunjukkan kesalahan orang lain secara tidak langsung, berbicaralah kesalahan sendiri sebelum mengkritik orang lain, ajukan pertanyaan dari pada langsung memberi perintah, biarkan orang menyelamatkan muka, gunakan dorongan, pujilah setiap perbaikan sekecil apapun, buat orang lain merasa bahagia melakukan yang disarankan dan berikan reputasi tinggi untuk dijalani “Perbedaan yang tulus dengan tidak tulus dalam bentuk keuntungan yang diinginkan” “Perbedaan yang tulus dengan tidak tulus dalam bentuk keuntungan yang diinginkan”

14 MEMIMPIN DIRI SENDIRI  Kata kunci 3 M yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini juga (KH.Abdullah Gymnastiar).  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memimpin diri sendiri : Pertama hati-hati dalam berbicara, bahasa yang digunakan merupakan indikator atas tanggapan kita terhadap suatu kejadian apakah kita hanya bereaksi atau secara proaktif mempengaruhinya. Kedua mengambil inisiatif untuk mengembangkan prilaku proaktif,menggunakan imajinasi dan memperluas lingkaran pengaruh. Ketiga menetapkan tujuan dengan menentukan kemana kita akan menuju dan bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut dan Keempat mengoptimalkan kemampuan untuk memperluas kendali atas nasib, menentukan tujuan yang bernilai memprioritaskan penggunaan waktu, bekerjasama dengan orang lain, mendengarkan, mengkoordinasikan pekerjaan dan meningkatkan sumberdaya fisik, manusia dan keuangan. Kedua mengambil inisiatif untuk mengembangkan prilaku proaktif,menggunakan imajinasi dan memperluas lingkaran pengaruh. Ketiga menetapkan tujuan dengan menentukan kemana kita akan menuju dan bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut dan Keempat mengoptimalkan kemampuan untuk memperluas kendali atas nasib, menentukan tujuan yang bernilai memprioritaskan penggunaan waktu, bekerjasama dengan orang lain, mendengarkan, mengkoordinasikan pekerjaan dan meningkatkan sumberdaya fisik, manusia dan keuangan.


Download ppt "STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PEMIMPIN (Dr. Jen Z.A.Hans)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google